7 Cara Mengatasi Kembung Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

"Hindari makanan dan minuman bersoda"

Life | 07 March 2022, 16:04
7 Cara Mengatasi Kembung Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Perut kembung yang timbul dapat disebabkan oleh banyak hal dan faktor. Salah satu penyebab perut kembung ialah, kebanyakan makan, asam lambung, sembelit. Perut kembung merupakan suatu kondisi perut yang terasa sesak akibat penuh dengan gas yang mengalami kesulitan untuk keluar. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa kurang nyaman, bahkan dapat membuat aktivitas menjadi berantakan dan terganggu.

Terjadinya perut kembung memang sekilas tidak nampak berbahaya, namun jika kondisi ini berlangsung dengan waktu yang lama. Sebaiknya jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat. Hal ini dikhawatirkan menjadi suatu gejala medis yang parah jika dibiarkan. Meski tidak berbahaya, perut kembung harus segera mendapat penanganaan.

Pasalnya, jika tidak segera ditangani dapat mengganggu aktivitas akibat nyeri dan rasa sakit yang ditimbulkan oleh perut kembung. Perut menjadi kembung apabila ada sejumlah gas yang menumpuk di dalam sistem pencernaan seperti usus dan lambung. Kondisi ini dapat disebabkan oleh masuknya udara dari luar atau meningkatnya produksi gas di dalam usus.

Perut kembung bisa menjadi suatu pertanda adanya penyakit tertentu, misalnya konstipasi, gastroparesis, dan sebagainya. Jika gejala masih ringan, biasanya dapat melakukan berbagai cara untuk atasi perut kembung, seperti minyak pepermint, konsumsi probiotik, minum air jahe, kunyit, dan melakukan kardio selama 5 menit.

Mengenal penyebab perut kembung

Perut kembung dapat terjadi, sering kali dialami tanpa diketahui penyebabnya. Bahkan bisa saja terjadi karena tidak kesengajaan yang dilakukan oleh seseorang. Penting bagi setiap orang untuk mengenal beberapa penyebab yang memicu perut kembung, sehingga dapat untuk memudahkan cara mengatasinya.

Daun.id

sumber; pixabay

Berikut ini penyebab perut kembung yang dapat diketahui :

- Kurangnya enzim, saluran pencernaan memiliki enzim pencernaan yang berfungsi untuk membantu proses pengolahan makanan untuk menjadi partikel yang lebih kecil sehingga nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh. Enzim pencernaan dapat bekerja kurang optimal ketika tubuh mengalami demam atau suhu tubuh meningkat.

- Terjadi konstipasi, suatu kondisi yang ditandai dengan sulit buang air besar (BAB) atau frekuensi BAB yang lebih sedikit daripada biasanya. Kondisi ini sering kali dipicu oleh pola makan yang tidak mengonsumsi cukup serat. Seseorang mengalami buang air besar hanya 3 kali dalam seminggu. Kondisi ini biasanya disebut dengan susah buang air besar sehingga menjadi penumpukaan kotoran di dalam tubuh.

- Penyakit autoimun, merupakan penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun menyerang sel-sel sehat dalam tubuh Anda sendiri. Kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang usus kecil. Penyakit ini dapat dipicu oleh protein. Biasanya disebut gluten yang terdapat dalam gandum.

- radang usus, suatu peradangan yang terjadi pada lapisan saluran pencernaan, termasuk beberapa lainnya. Seperti kolitis ulserativa dan penyakit crohn. Kondisi ini dapat memicu terjadinya perut kembung jika tidak segera mendapat penanganan.

- Terjadi masuk angin, sebagian besar orang percaya bahwa masuk angin bisa terjadi akibat seseorang terlalu banyak menelan gas yang masuk ke tubuh. Angin dapat masuk ke dalam perut pada saat orang berbicara, tertawa makan dan lain sebagainya, namun sulit keluar. Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya perut kembung.

- Penyakit maag, dapat menimbulkan rasa yang kurang nyaman atau nyeri, hal ini terjadi secara berulang-ulang di bagian area perut bagian atas. Gejala maag dapat membuat seseorang terasa lebih mudah kenyang padahal baru mengonsumsi sedikit makanan. Selain itu juga bisa menyebabkan perut terasa dipenuhi gas, maag dapat menyebabkan kembung

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perut kembung. Ketahuilah beberapa penyebab di atas guna mempermudah dalam mengatasinya, jika mengalami kesulitan sebaiknya meminta bantuan dokter.

Cara mengatasi kembung secara alami

Perut bisa mengalami kembung akibat dipenuhi oleh gas yang mengalami kesulitan untuk keluar. Kondisi inilah yang dapat memicu terjadinya perut kembung. Ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah perut kembung, sehingga dapat mengusir rasa nyeri dan aktivitas kembali nyaman.

Berikut ini cara mengatasi kembung secara alami :

1. Pijat perut secara perlahan

Daun.id

sumber; pexels

Ketika perut kembung terjadi memberikan pijatan pada perut termasuk salah satu cara mengatasinya. Pijatan dapat membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan. Selain itu juga membantu untuk mengendurkan otot-otot perut yang mengencang. Berikan pijatan pada perut dapat mengatasi perut kembung yang mengiringinya.

2. Mengurangi porsi makan

Perut kembung bisa saja terjadi setelah seseorang selesai makan dengan porsi yang besar. Besarnya porsi makan dapat membuat seseorang terlalu kenyang dan kondisi perut akan terasa penuh. Kondisi ini dapat memicu timbulnya perut kembung. Maka untuk mengatasi perut kembung pada kondisi ini, kurangilah porsi makan menjadi lebih kecil.

3. Hindari makanan dan minuman bersoda
 

Daun.id

sumber; pixabay

Menghindari minuman Soda termasuk jenis minuman yang berkarbonasi yang dapat memperparah terjadinya penumpukan gas di dalam perut. Terlebih jenis minuman tersebut mengandung beberapa gas dan karbondioksida. Karbondioksida inilah yang menjadi pemicu perut kembung, maka hindari makanan dan minuman dapat mengatasi perut kembung.

4. Istirahat dengan waktu yang cukup

Pada saat perut sedang mengalami kembung aktivitas pun terasa sangat terganggu. Karena perut kembung dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut. Sebaiknya lakukanlah istirahat dengan waktu yang cukup dan cobalah untuk merilekskan tubuh hingga tenang. Saat berbaring usahakan kepala lebih tinggi daripada bagian tubuh yang lain, cara ini dapat mengatasi perut kembung.

5. Meningkatkan minum air putih

Daun.id

sumber; pixabay

Memenuhi kebutuhan air putih dengan cukup dapat mencegah dehidrasi atau mencukupi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebab kondisi dehidrasi dapat memicu terjadinya perut kembung, minumlah air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Sehingga minum air putih dapat membuat terasa nyaman kembali dan mengatasi perut kembung.

6. Berhenti merokok

Ketika seseorang yang sedang merokok secara tidak langsung menyebabkan udara dapat masuk ke dalam perut mengikuti asap masuk. Jika udara yang masuk semakin banyak maka akan terjadi penumpukan gas dalam perut. Hal ini dapat menyebabkan perut kembung dan mual mengiringinya, hentikanlah kebiasaan merokok agar dapat mengatasi perut kembung.

7. Kompres air hangat

Daun.id

sumber; pixabay

Suhu hangat dapat membantu mendorong pelebaran pembuluh darah yang membawa oksigen dan dapat mengalir dengan lancar. Sehingga otot perut akan menjadi kendur dan terasa lebih rileks, serta mengurangi sakit perut akibat kembung. Berikan kompres hangat pada bagian perut kembung dapat mengatasi perut kembung.

Demikianlah beberapa tips atau cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya perut kembung. Jika beberapa cara telah dicoba, namun perut kembung masih membandel, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang kurang diinginkan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya