13 Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami dan Permanen, Kenali Penyebabnya

"Rambut rontok akan membuat kamu kehilangan percaya diri depan orang banyak, berikut ini adalah cara mengatasinya."

Life | 05 March 2022, 16:42
13 Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami dan Permanen, Kenali Penyebabnya

Rambut sehat dan kuat adalah keinginan kebanyakan orang, khususnya untuk perempuan. Rambut yang tidak sehat biasanya akan membuat rambut rontok parah, selain itu ini dapat menandakan bahwa tubuh sedang dalam kondisi yang kurang sehat.

Rambut rontok sebenarnya adalah hal yang umum terjadi. Rambut terbuat dari keratin, yakni protein khusus yang diproduksi dalam akar rambut. Saat folikel memproduksi rambut baru, rambut lama akan secara alami terdorong keluar dari kulit kepala. Ada juga faktor luar yang mempengaruhinya, seperti rontok kerena sisir.

Namun pada beberapa kondisi, rambut rontok ini terjadi secara tidak normal. Kondisi ini akan menyebabkan kebotakan pada kulit kepala jika tidak segera diatasi dengan cepat.

Kamu perlu berhati-hati dengan kondisi ini. Jika rambut rontok parah ini terjadi Anda, Anda harus segera melakukan perawatan kepada rambut Anda.

Penyebab Rambut Rontok Parah
Sebelum kamu mengatasi rambut rontoh, rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang beragam, mulai dari faktor alami hingga faktor luar.

Berikut sebab-sebab rambut rontok parah, antara lain:

- Perubahan hormonal
Seperti yang terjadi pada wanita hamil atau setelah melahirkan dan saat menyusui.

- Stres emosional dan fisik tinggi
Stres emosial misalnya kehilangan pekerjaan, sedang menjalani proses perceraian, keluarga sakit parah, dan sebagainya. Sementara stres parah seperti melahirkan atau beban pekerjaan yang tinggi.

- Kekurangan gizi
Seperti protein dan zat besi, misalnya pada penderita gangguan makan.

- Menderita penyakit tertentu
Seperti infeksi berat, alopecia areata, penyakit kelenjar tiroid, infeksi jamur di kepala, penyakit autoimun, dan sifilis

- Efek samping obat
Seperti pemakaian pil KB, vitamin A dosis tinggi, obat antidepresan, dan obat hormonal

- Gangguan Kesehatan Lain
Mengalami demam tinggi, anemia parah, atau baru sembuh dari sakit, mengalami penurunan berat badan turun 9 kg atau lebih, menjalani pengobatan tertentu seperti kemoterapi atau terapi radiasi.

- Penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras
Seperti cat rambut, bleaching rambut, atau kebiasaan menggunakan pemanas rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok
Rambut rontok parah yang terjadi dapat diatasi dengan beberapa cara, mulai dari cara yang alami hingga cara medis.

Berikut cara mengatasi rambut rontok secara berlebihan:

1. Keramas dengan kondisioner
Kondisioner yang baik mengandung asam amino dapat membantu memperbaiki rambut rusak, dan juga membantu menjaganya agar tetap halus.

2. Keramas dengan sampo secara rutin
Hal pertama dan terpenting, adalah untuk memahami jenis kulit kepala dan sampo yang tepat. Anda dapat mencuci rambut tergantung pada kulit kepala Anda.

Selain itu, pastikan sampo tidak mengandung bahan kimia termasuk sulfat, paraben dan silikon yang dapat membuat rambut Anda rapuh dan rentan terhadap kerusakan.

3. Olahraga Rutin

Daun.id

pexels.com

Diet sehat juga harus diimbangi dengan rutin olahraga untuk mengatasi masalah rambut rontok. Anda bisa olahraga yoga dan meditasi yang merupakan pilihan bagus untuk mengurangi rambut rontok.

4. Diet sehat

Daun.id

pexels.com

Tidak peduli produk perawatan rambut apa yang Anda gunakan. Semua itu tidak ada yang dapat membuktikan manfaatnya jika tanpa mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Pastikan untuk memasukkan banyak protein dan zat besi ke dalam asupan harian Anda. Hal ini akan mengatasi rambut rontok dan mencegahnya di kemudian hari.

5. Lakukan Trim Rutin
Bagian ujung rambut lebih sering rusak dan bercabang. Karenanya, melakukan trim atau pemangkasan di ujung rambut setiap enam hingga delapan minggu secara rutin dapat membantu mengatasi kerusakan rambut.

6. Pijat dan Menggunakan Minyak Rambut

Daun.id

pexels.com

Menggunakan minyak rambut dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menyehatkan akar. Pastikan untuk memijat rambut Anda seminggu sekali dengan minyak yang sesuai dengan kulit kepala Anda. Tutupi dengan topi mandi dan bersihkan dengan sampo lembut setelah dua jam.

7. Lidah buaya

Daun.id

pixabay.com

Lidah buaya ini membantu mengatasi rambut rontok dengan menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepala Anda. Gel yang disekresikan lidah buaya merembes ke kulit kepala dan juga memicu pertumbuhan rambut.

Anda bisa dengan meremas pulpa dari daun lidah buaya atau tangkai dan pijat perlahan kulit kepala Anda selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu dan Anda akan melihat hasil yang menakjubkan.

8. Jus ketumbar
Ketumbar dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengendalikan rambut rontok. Buatlan pasta kental dengan menggiling daun ketumbar segar, saring dan simpan jusnya.

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan adalah:
- Oleskan jus pada rambut dan kulit kepala
- Biarkan selama satu jam
- Kemudian gunakan sampo ringan untuk mencucinya.

Lakukan perawatan ini dua kali seminggu membantu menjaga kerontokan rambut tetap terkendali, dan juga membuat rambut Anda halus.

9. Kentang

Daun.id

pexels.com

Kentang ternyata dapat menjadi cara untuk mengatasi rambut rontok. Kentang ini membantu dalam mengatasi kekurangan kalium yang menyebabkan rambut rontok. Cara menggunakan adalah:
- Kupas kentang, haluskan
- Peras untuk mengumpulkan jusnya
- Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan sebagai masker rambut dan biarkan selama 15 menit
- Bilas dengan sampo ringan.

Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Yoghurt
Kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang dimiliki yoghurt dapat menutrisi dan membantu menguatkan akar rambut. Kamu cukup mengoleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut sambil memijat kepala seperti sedang creambath, biarkan selama 5 menit, kemudian bersihkan rambut dengan shampoo dan air bersih.

Jika beberapa bahan alami ini tidak berhasil, maka kamu bisa coba datangi dokter di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasi rambut rontok.

11. Alpukat
Alpukat banyak mengandung protein alami dan bagus untuk rambut dan kulit kepala. Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan alpukat ini adalah haluskan alpukat sampai kental lalu jadikan sebagai masker untuk rambut.

Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

12. Pisang
Pisang ternyata memiliki vitamin dan kandungan lain yang baik untuk mengatasi rambut rontok. Caranya adalah dengan membuat masker pisang yang ditambah dengan minyak zaitun, madu, dan susu atau santan.

Bahan - bahan alami ini dapat membuat rambut lebih kuat dan terlihat lebih bersinar.

13. Banyak Makan Bayam
Salah satu penyebab utama rambut rontok, salah satunya adalah karena kekurangan zat besi. Bayam bayam ini merupakan sumber zat besi yang baik, dan juga vitamin A, C, dan protein. Kandungan sebum dalam bayam juga dapat berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut dan memberi kita asam omega-3, magnesium, kalium dan kalsium. Ini membantu juga sebagai cara merawat rambut rontok dan membuat rambut berkilau.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya