Deretan Cara Curang Pencari Kerja Kelabuhi Sistem Applicant Tracking

"Ada-ada saja kelakuannya."

Tech | 07 March 2022, 13:58
Deretan Cara Curang Pencari Kerja Kelabuhi Sistem Applicant Tracking

Penggunaan software Applicant Tracking (ATS) memudahkan perusahaan untuk memfilter pelamar kerja sesuai dengan kualifikasi yang ada. Software ini sangat membantu saat pelamar kerja mencapai ratusan atau bahkan ribuan. Ternyata, software ini bisa diakali dengan trik khusus. Seperti dilansir dari Wired, pelamar kerja mengotak atik resume atau CV agar bisa lolos screening dari software ini.

Software ini bekerja dengan mencocokkan kebutuhan perusahaan dengan isi resume atau CV yang masuk. Kata kunci juga berperan dalam proses seleksi otomatis ini. Sekalinya software tidak menemukan kecocokan, file aplikasi kerja tersebut akan terbuang.   

Apa saja triknya?

1. Memasukkan nama universitas terkenal dengan font tak terlihat.
2. Font tak terlihat ini akan tetap terbaca oleh ATS tapi tak terlihat oleh manusia.
3. Memasukkan kata-kata kunci yang tidak relevan tapi terbaca oleh ATS.
4. Copy-Paste deskripsi pekerjaan dengan font kecil dan warna putih.

Dengan trik di atas, resume bisa lolos ke proses selanjutnya. Masalah bisa lolos di tahap interview atau lainnya masih urusan belakangan. Dilansir dari Wired, hal ini terjadi karena software masih belum mempunyai akurasi 100% dalam menyeleksi kandidat.

(aziz talaksa/sso)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya