4 Cara Menghapus Virus Malwere di Laptop, Hindari Penyebabnya

"Tidak perlu khawatir jika laptop Anda terkena malwere, berikut ini adalah cara mudah mengatasinya."

Tech | 11 June 2022, 14:15
4 Cara Menghapus Virus Malwere di Laptop, Hindari Penyebabnya

Malware adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perangkat lunak berbahaya. Adanya malwere ini memang dirancang untuk merusak atau mengganggu berjalanya sistem komputer. Contoh perangkat lunak berbahaya atau malwere ini diantaranya adalah: Virus, Worm, Kuda troya, Spyware dll.

Apa yang Dimaksud dengan  Malwere
Malwere adalah sebuah program perangkat lunak kecil yang menyebar dari satu laptop ke laptop lain. Fungsinya adalah mengganggu sistem komputer.
Bahaya dari malwere ini adalah dapat merusak atau menghapus data di sebuah laptop, virus ke laptop lain, atau bahkan menghapus apa pun yang ada di dalam hard disk.

Malwere dapat masuk ke dalam laptop Anda melalui pesan email atau pesan instan. Malewere ini dapat menyamar sebagai lampiran gambar lucu, kartu ucapan, atau file audio dan video. Virus komputer juga menyebar melalui unduhan di Internet.

Menghapus maleware tidak dapat dilakukakn tanpa bantuan alat penghapusan perangkat lunak berbahaya. Untuk menghapus malwere pada laptop, ikuti langkah-langkah berkut ini:

1. Instal Pembaruan Microsoft

Daun.id

pexels.com

Catatan Virus komputer dapat mencegah Anda mengakses situs web Pembaruan Microsoft untuk menginstal pembaruan terakhir. Kami sarankan Anda menetapkan layanan Pembaruan Otomatis supaya berjalan secara otomatis sehingga komputer tidak akan kehilangan pembaruan yang penting.

2. Gunakan Microsoft Safety Scanner

Microsoft menawarkan alat online gratis yang memindai dan membantu menghapus potensi ancaman dari komputer Anda. Untuk memindai, kunjungi situs web Microsoft Safety Scanner.

3. Hapus Perangkat Lunak yang Tidak Berguna
Jika terdapat perangkat lunak yang tidak jelas tidak, Anda dapat mendeteksi dan menghapusnya dengan menggunakan Microsoft Safety Scanner atau Windows Alat Penghapus Perangkat Lunak Berbahaya, cobalah langkah-langkah berikut ini:

4. Jalankan Pertahanan Microsoft Offline
Daun.id

pexels.com

 
Pertahanan Microsoft Offline adalah anti malware yang membantu menghapus kesulitan untuk menghilangkan virus yang dimulai Windows dimulai. Dimulai dengan Windows 10, Pertahanan Microsoft Offline dilengkapi dengan bawaan. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

- Unduh program dari situs yang Anda percayai.

- Jika Anda tidak yakin apakah akan mempercayai sebuah program yang ingin Anda unduh, 

- Masukkan nama program tersebut ke dalam mesin pencarian favorit Anda untuk melihat apakah ada orang lain yang telah melaporkan bahwa program tersebut berisi spyware.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya