Doa Qunut Sholat Shubuh Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

"Membaca doa Qunut ketika shalat shubuh adalah sebuah kesunnahan. Berikut ini adalah bacaan doa qunut, teks arab, latin, arti dan keutamaanya."

Life | 06 July 2022, 16:16
Doa Qunut Sholat Shubuh Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

Membaca doa qunut dalam sholat shubuh menurut Imam Syafi'i termasuk ke dalam sunnah ab'ad, yaitu sunnah yang jika tidak dilakukan menyebabkan tidak sempurnanya suatu ibadah, sehingga perlu diganti dengan sujud syahwi.

Pada dasarnya terkait anjuran membaca doa qunut pada sholat shubuh para ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda. Menurut mahzab Syafi'i dan Maliki, membaca doa qunut saat sholat subuh merupakan hal yang dianjurkan. Pandangan ini berdasarkan hadist riwayat Anas bin Malik yang artinya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam senantiasa melakukan qunut pada shalat Subuh sampai beliau meninggalkan dunia” (HR. Ahmad).

Sedangkan menurut mahzab Hambali dan Hanafi, membaca doa qunut saat sholat subuh bukanlah hal yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim. Pandangan ini didasarkan atas hadist:

“Rasulullah melakukan qunut selama sebulan, mendoakan jelek kepada satu kelompok (salah satu kabilah dari Bani Sulaim) kemudian beliau tidak melakukan qunut lagi” (HR. Bukhari Muslim).

Berikut ini adalah bacaan doa qunut dalam sholat shubuh:

Daun.id

Doa Qunut

Arab-latin: Allahummah dini fi man hadait, wa 'afini fiman 'afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a'thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha 'alaik, wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya'izzu man 'adait, tabarakta rabbana wa ta'alait, fa lakal hamdu a'la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya: "Ya Allah tunjukanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-MU. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."

Keutamaan Dari Membaca Doa Qunut


- Mendapatkan Perlindungan dari Hal Buruk
Dalam doa qunut terdapat kalimat “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang artinya “Kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lain yang sudah dikasih keselamatan”.

- Mendapatkan Petunjuk dari Allah SWT
Dalam doa qunut terdapat kalimat “Allahummahdinii fii man hadaiit” yang memiliki makna suatu permintaan seorang hamba kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk.

- Mendapatkan Berkat dari Allah

Dalam doa qunut terdapat kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang maknanya berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih.

- Menghindarkan dari Penyakit
Dalam doa qunut terdapat kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” yang diyakini akan memberi perlindungan berbentuk keselamatan termasuk dari penyakit hati, rohani, dan jasmani.  

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya