Doa Niat Puasa Ramadhan Teks Arab, Latin dan Artinya, Ketahui Sunnahnya

"Bacalah niat sebelum melaksanakan ibadah puasa ramadhan."

Life | 16 July 2022, 06:54
Doa Niat Puasa Ramadhan Teks Arab, Latin dan Artinya, Ketahui Sunnahnya

Puasa Ramadhan merupakan sebuah ibadah wajib bagi seseorang yang beragama Islam. Puasa Ramadhan menjadi salah dari 5 rukun Islam. Dalam puasa wajib ini, seorang muslim wajib melaksanakan puasa selama 30 atau juga bisa salama 29 hari.

Dalam melaksanakan puasa Ramadhan, puasa dimulai dari terbit fajar di sebelah timur (adzan shubuh) hingga terbenamnya matahari (adzan maghrib). Rangkaian dalam puasa Ramadhan yaitu, seorang muslim memulainya dengan membaca niat, dan setelah itu menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa sejak sebelum fajar muncul atau adzan shubuh hingga matahari terbenam atau sudah masuk waktu maghrib.

Selama puasa Ramadhan, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan sahur dan juga sholat tarawih. 

Niat Puasa Ramadhan

Daun.id

pexels.com

Umat Islam memiliki bulan yang istimewa, yaitu bulan Ramadhan. Dalam bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan puasa Ramadhan sejak tanggal 1 hingga tanggal 30 Ramadhan. Terkadang 29 hari.

Salah satu rukun puasa adalah dengan membaca niat. Berikut ini adalah niat puasa Ramadhan. Niat puasa ramadhan dapat Anda baca ba'da Isya atau terawih hingga waktu sahur.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta'aala.

Artinya: "Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan, karena Allah Ta'ala."

Sunnah Dalam Puasa Ramadhan

Daun.id

pixabay.com

Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, terdapat beberapa kesunnahan yang jika diamalkan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Apa saja sunnah dalam puasa Ramadhan?

Sahur
Sahur dilakukan dengan menyantap sesuatu atau hanya sedikit meneguk air. Selain untuk memberi bekal energi tubuh sebelum berpuasa, sahur dianjurkan agar bisa mendapatkan keberkahan dari Allah. Umumnya, sahur dilakukan selepas tengah malam dan sebelum memasuki waktu terbitnya fajar.

Menyegerakan berbuka
Amalan sunah saat puasa berikutnya, yaitu dengan menyegerakan berbuka. Setelah azan magrib berkumandang, umat Muslim dianjurkan untuk segera berbuka sebelum menunaikan shalat magrib.

Berdoa sebelum dan sesudah berbuka
Umat Muslim dianjurkan untuk berdoa, memohon berkah atas hidangan yang akan disantap saat berbuka puasa.

Mandi besar
Dianjurkan bagi umat Muslim untuk mandi besar dari junub, nifas, atau haid, sebelum terbit fajar. Dengan mandi junub, Anda bisa membersihkan diri dari hadas sehingga bisa menunaikan ibadah puasa dalam keadaan suci.

Menahan lisan
Hendaknya setiap umat Muslim menahan lisan dari berbagai hal dan perkara yang tidak berguna. Ini termasuk menahan lisan dari perkataan buruk, berbohong, atau menggunjing. Sebab, beberapa hal ini akan menggugurkan pahala puasa yang sedang dilakukan.

Memperbanyak sedekah
Amalan sunah saat puasa yang bisa Anda lakukan selanjutnya, adalah dengan memperbanyak sedekah.

Memperbanyak Iktikaf
Memperbanyak iktikaf juga termasuk amalan sunah yang dianjurkan saat berpuasa. Iktikaf adalah berdiam diri di dalam masjid.

Mengkhatamkan Al-Qur'an
Dianjurkan untuk setidaknya sekali selama bulan Ramadan, dengan batas maksimal khatam Al-Qur'an sebanyak-banyaknya. Membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan juga akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda, dibandingkan hari-hari biasa.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya