Doa Sapu Jagat Kesukaan Rasulullah, Amalkan Setiap Hari

"Baca doa ini agar memperoleh banyak kebaikan."

Life | 20 July 2022, 18:30
Doa Sapu Jagat Kesukaan Rasulullah, Amalkan Setiap Hari

Doa sapu jagat dikenal sebagai salah satu doa yang paling sering dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Adapun alasan dari membaca doa ini bisa dikatakan sebagai doa yang ringkas, tetapi sarat akan keutamaan di dalamnya. Selaim itu, doa ini juga mencakup kebaikan segala urusan dunia dan akhirat. Maka dari itu, kamu perlu mengamalkannya.

Pernyataan tersebut, sesuai dengan hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, ia berkata:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: "Doa yang paling banya dibaca oleh Nabi SAW, yaitu 'Allaahumma aatinaa fid dun-yaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar'," (HR Muttafaq Alaih)

Kamu dapat membaca doa sapu jagat setiap hari seusai sholat fardhu, terutama ketika memasuki hari tasyrik. Allah SWT juga berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 203 bunyinya:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ تَعَجَّلَ فِي يَوْمَيْنِ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ وَمَنْ تَأَخَّرَ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ لِمَنِ اتَّقَىٰ ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

Artinya: "Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya."

Doa sapu jagat
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut ini bacaan doa sapu jagat, yakni:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā 'adzāban nār

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."

Semoga kamu dapat mengamalkan doa tersebut, agar memperoleh berbagai hal baik setelahnya.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya