Doa Malam Lailatul Qadar Arab, Latin dan Arti Beserta Keutamaannya

"Membaca doa malam lailatul qadar memiliki banyak hikmah."

Life | 20 July 2022, 17:30
Doa Malam Lailatul Qadar Arab, Latin dan Arti Beserta Keutamaannya

Sebagai umat Muslim, pasti mengetaui apa itu malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Malam lailatul qadar diyakini hanya terjadi pada bulan Ramadhan, khususnya pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Malam lailatul qadar adalah malam yang istimewa bagi umat Muslim seluruh dunia. Di malam tersebut, jika seorang Muslim mendapatinya malam itu adalah lebih baik dari 1000 bulan.

Keistimewaan malam lailatul qadar difirmankan oleh Allah SWT dalam surat Al Qadr:

اِنَّاۤ اَنۡزَلۡنٰهُ فِىۡ لَيۡلَةِ الۡقَدۡرِ
Innaa anzalnaahu fii lailatil qadr
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.

وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِؕ
Wa maa adraaka ma lailatul qadr
Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ
Lailatul qadri khairum min alfii shahr
Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

تَنَزَّلُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَالرُّوۡحُ فِيۡهَا بِاِذۡنِ رَبِّهِمۡ‌ۚ مِّنۡ كُلِّ اَمۡرٍ
Tanaz zalul malaa-ikatu war ruuhu fiiha bi izni-rab bihim min kulli amr
Pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
 
سَلٰمٌ هِىَ حَتّٰى مَطۡلَعِ الۡفَجۡرِ
Salaamun hiya hattaa mat la'il fajr
Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Doa Malam Lailatul Qadr

Daun.id

pexels.com

Pada malam lailatul qadr, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah. Selain membaca Al-Quran, berdzikir, dan melakukan shalat sunnah, pada malam lailatul qadar juga dianjurkan untuk memperbanyak berdoa.

Do’a malam lailatul qadr dianjurkan oleh Rasulullah sebagaimana terdapat dalam hadits dari Aisyah.

Beliau radhiyallahu ‘anha berkata,

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ « قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Artinya:
“Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang mesti aku ucapkan saat itu?” Beliau menjawab, ”Katakanlah: ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf—menghapus kesalahan–, karenanya maafkanlah aku—hapuslah dosa-dosaku–).” (HR. Tirmidzi)

Berikut doa yang dianjurkan untuk dibaca saat malam lailatul qadar:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii

Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku.

Keutamaan Malam Lailatul Qadr

Daun.id

pixabay.com

Di malam lailatul qadr Allah memberikan banyak keutamaan dan keberkahan kapan umat Nya. Berikut ini adalah beberapa keutaman dari malam lailatul qadr.

- Malam yang ebih baik dari seribu bulan
Salah satu keutamaan malam lailatul qadar yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Para ulama sepakat bahwa setiap muslim yang beramal saleh pada malam lailatul qadar, akan memperoleh pahala yang setara dengan melakukannya selama seribu bulan. Syekh Abdul Halim Mahmud menyebut seribu bulan (alfu syahrin) setara dengan 83 tahun 4 bulan atau umur standar manusia.

- Malam turunya Al Qur'an
Di malam lailatul qadar, Allah SWT menurunkan wahyunya berupa Al-Qur'an untuk pertama kalinya.

- Istimewa bagi umat Rasullah SAW
Keistimewaan malam lailatul qadar hanya berlaku bagi golongan pengikut Rasulullah SAW. Hal ini dituliskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Imam Malik dalam Al-Muwaththa:

"Rasulullah diperlihatkan umur-umur manusia sebelumnya yang relatif panjang sesuai dengan kehendak Allah, sampai (akhirnya) usia-usia umatnya semakin pendek (sehingga) mereka tidak bisa beramal lebih lama sebagaimana umat-umat sebelum mereka beramal karena panjangnya usia mereka. Maka Allah memberikan Rasulullah lailatul qadar yang lebih baik dari seribu bulan." (HR.Malik).

- Malam dimana turunnya para malaikat
Malam lailatul qadar adalah malam yang istimewa, di malam itu Allah SWT memerintahkan para malaikatnya untuk turun ke bumi dan mendoakan serta memberkati orang-orang yang bertakwa. Dalam surat Al-Qadr ayat 4, Allah SWT berfirman:

"Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."

- Memberikan keselamatan
Masih di dalam surat Al-Qadr, Allah SWT berfirman memberikan keselamatan di malam itu hingga terbit fajar atau waktu subuh.

- Diampuni dosa terdahulu
Disebutkan dalam sebuah riwayat, orang yang beribadah menyambut datangnya malam lailatul qadar akan diampuni dosanya yang terdahulu. Keutamaan ini merujuk pada sebuah hadits yang berasal dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang pada malam lailatul qadar mengerjakan ibadah dan berdoa dengan penuh keimanan yang dipersembahkan semata-mata untuk Allah, akan diampuni dari segala dosanya yang terdahulu dan yang akan datang." (HR Ahmad dan Thabrani).

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya