Doa Menerima Zakat Fitrah Teks Arab, Latin, dan Artinya, Sesuai Anjuran Rasulullah

"Baca doa ini ketika menerima zakat fitrah."

Life | 20 July 2022, 18:40
Doa Menerima Zakat Fitrah Teks Arab, Latin, dan Artinya, Sesuai Anjuran Rasulullah

Zakat fitrah merupakan suatu hal yang dilaksanakan setiap menjelang Ramadhan. Orang yang membayar zakat fitrah ialah orang yang sudah berbuat baik. Selain itu, orang yang menerima zakat fitrah  merupakan orang yang menerima kebaikan orang lain. Adapun adab seseorang yang menerima zakat fitrah ialah mengucapkan doa karena telah memperoleh kebaikan dari orang yang memberikan.

Namun, sebelum membahas zakat lebih mendalam, untuk memudahkan menghitung zakat, maka Anda bisa menggunakan fitur yang telah kami sediakan yakni Kalkulator Zakat. Dengan fitur tersebut Anda bisa menghitung secara langsung berapa zakat yang harus dikeluarkan.

Syekh M Nawawi Banten yang mengutip hadis Rasulullah SAW sebagai berikut:

وينبغي للآخذ أن يدعو للمعطي لقوله صلى الله عليه وسلم من أسدى إليكم معروفا فكافئوه فإن لم تقدروا على مكافأته فادعوا له أي من أحسن إليكم أي إحسان فكافئوه بمثله فإن لم تجدوا فبالغوا في الدعاء له جهدكم حتى تحصل المثلية

Artinya: “Seyogianya orang yang menerima zakat mendoakan mereka yang menyerahkan zakatnya sesuai hadits Rasulullah SAW, ‘Siapa saja yang memberikan kebaikan kepadamu, maka balaslah kebaikannya. Jika kalian tidak sanggup membalasnya, doakanlah dia.’ Dengan kata lain, siapa saja yang berbuat kebaikan kepadamu, maka balaslah ia dengan kebaikan serupa. Jika kalian tidak sanggup, maka doakanlah ia dengan sungguh-sungguh hingga terwujud pembalasan kebaikan yang setara,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 177).

Doa menerima zakat fitrah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِي قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِي عَمَلِ الأَخْيَارِ وَصَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِي أَرْوَاحِ الشُّهَدَاءِ

Thahharallāhu qalbaka fī qulūbil abrār, wa zakkā ‘amalaka fī ‘amalil akhyār, wa shallā ‘alā rūhika fī arwāhis syuhadā’

Artinya, “Semoga Allah menyucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang abrar. Semoga Allah bersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang akhyar. Semoga Allah bershalawat untuk rohmu pada roh para hamba-Nya yang syahid.”

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya