Doa Ketika Bercermin, Teks Arab, Latin, dan Artinya. Dilengkapi Tips Serta Keutamaan

"Berdoalah saat bercermin, dengan harapan juga mendapat kesempurnaan perilaku."

Life | 08 August 2022, 15:10
Doa Ketika Bercermin, Teks Arab, Latin, dan Artinya. Dilengkapi Tips Serta Keutamaan

Cermin merupakan sebuah benda yang memiliki fungsi membantu manusia untuk melihat wajah dan beberapa anggota tubuh lainnya. Orang-orang biasanya akan bercermin terlebih dahulu saat akan keluar rumah. Selain itu bercemin juga dilakukan saat sedang berdandan atau menghias wajah. Aktivitas ini sudah mejadi kebiasaan bagi setiap orang, dengan cara ini orang-orang dapat melihat penampilan dirinya dengan jelas. Dalam Islam hukum bercermin adalah mubah.

Mubah dalam artian boleh, jadi tidak ada larangan maupun perintah atau kewajiban. Akan tetapi dalam ajaran Islam, seseorang selalu dianjurkan berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas. Begitu juga pada saat bercermin, ada pula doa yang dapat dibaca. Ketika sedang bercermin orang dapat melihat bentuk tubuhnya, lalu takjub dengan kesempurnaan bentuk tubuh. Sebaiknya dalam hal ini diiringi dengan doa dan berharap juga diberi kesempurnaan perilaku.

Doa ketika bercermin

Aktivitas bercermin dapat memerlihatkan bentuk wajah maupun tubuh yang lainnya. Pada kondisi ini seseorang dianjurkan membaca doa, seperti berikut ini :

اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allâhumma kamâ hassanta khalqî fahassin khuluqî

Artinya: Hai Tuhanku, sebagaimana telah Kau baguskan kejadianku, maka baguskanlah perangaiku.

Doa ini dibaca ketika seseorang sedang melihat wajahnya dalam cermin. Dengan harapan agar diberi kesempurnaan perilaku juga.

Selain itu ada hadits riwayat lainnya yang menyebutkan bahwa doa ini dibaca Rasulullah saat bercermin. Berikut ini lafalnya;

اَلْحَمْدُلِلّٰهِ الَّذِى سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلَهُ وَكَرَّمَ صُوْرَةَ وَجْهِى فَحَسَّنَهَاوَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillahilladzi sawwaa khalqii fa'addalahu wa karrama shurata wajhii fahassanaha waja'alanii minal muslimin.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menyempurnakan dan memperbaiki penciptaanku, memuliakan bentuk wajahku, maka Dia membaguskan dan menjadikan aku termasuk orang-orang Islam." (HR Ibnu as-Sani).

Demikian beberapa doa yang dapat dibaca ketika bercermin. Bacalah salah satu doa di atas ketika sedang bercermin.

Daun.id

sumber; pexels.com

Keutamaan berdoa ketika bercermin

Berdoa ketika bercermin juga memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui. Berikut ini keutamaan-kautamaannya ;

1. Dihindarkan dari neraka jahanam, maka berdoalah ketika sedan bercermin dan melihat wajah dalam cermin.

2. Terhindar dari malapetaka, sebaiknya berdoalah ketika beecermin dengan doa di atas. Sehingga dapat terhindar dari malapetaka dan marabahaya.

3. Mendapat kemuliaan dihadapan Allah SWT. Sebab selalu mengawali doa sebelum melakukan aktivitas apapun.

Tips bercermin dengan benar

Saat sedang bercermin tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Adapun beberapa langkah yang perlu diperhatikan, sebagai berikut ini ;

1. Awalilah dengan memuji Allah SWT, sebagai wujud rasa syukur. Allah telah memberikan kita banyak kenikmatan.

2. Tidak berlaku secara berlebihan, sebab Islam melarang seseorang terlalu berlebihan dalam hal apapun. Jadi berlaku sewajarnya saja.

3. Ketika sedang bercermin dan berhias di depan kaca, sebaiknya tutuplah aurot. Meskipun dalam keadaan sendirian, tapi ingatlah setan selalu menggoda.

Itulah beberapa tips bercermin dengan benar dan praktis, lakukan tips di atas dan jangan lupa berdoa ketika bercermin. Bercerminlah dengan sewajarnya saja dan selalu berdoa agar diberikan kesempurnaan akhlak atau perilaku.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya