Doa Ayat Kursi dan Keistimewaannya, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Doa ini dapat dijadikan sebagai amalan doa sehari-hari."

Life | 22 August 2022, 08:56
Doa Ayat Kursi dan Keistimewaannya, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Ayat kursi merupakan bacaan yang terkandung dalam Al Quran pada surat ke ke 2 yaitu surat Al Baqarah. Ayat kursi sudah populer di kalangan umat muslim, bahkan menjadi salah satu bacaan dzikir setelah sholat lima waktu. Sedangkan dalam surat Al Baqarah ayat kursi terdapat pada ayat ke 255. Menurut kebanyakan umat muslim ayat kursi memiliki banyak keutamaan jika dibaca secara istiqamah. Bahkan dapat juga dijadikan amalan doa untuk dibaca sehari-hari.

Seperti diketahui, bahwa doa merupakan senjata sekaligus perlindungan bagi umat muslim. Sehingga seringkali dianjurkan membaca doa terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas. Saat berhadapan dengan beberapa problem kehidupan, ayat kursi ini juga dapat dipanjatkan sebagai salah satu ikhtiar. Selain keutamaan, dalam ayat kursi juga terkandung makna yang sangat mendalam.

Pernah dikisahkan suatu ketika di zaman Sayyidina Ali bin Abi Thalib, dikatakan bahwa orang yang sudah memahami Islam dengan baik. Maka orang tersebut tak dapat tidur sebelum membaca ayat kursi. Artinya, bagi orang yang sudah memahami Islam dengan baik, orang tersebut tak pernah meninggalkan ayat ini. Selalu membacanya setiap hari. Jadi ayat kursi termasuk doa yang sangat penting untuk dibaca sehari-hari.

Doa ayat kursi

Daun.id

sumber; pexels.com

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa doa ayat kursi memiliki kedahsayatan yang luar biasa. Dianjurkan untuk dibaca sebagai doa sehari-hari, berikut ini doa ayat kursi ;

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta'khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa'u 'indahuu illai bi idznih. Ya'lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min 'ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal'aliyyul 'adhiim.

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar. (QS. Al Baqarah: 255).

Keistimewaan doa ayat kursi

Daun.id

sumber; pexels.com

Keistimewaan doa ayat kursi ini telah dibahas di hadits seperti berikut ini :

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَكُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الْجَنَّةِ إِلَّا أَنْ يَمُوْتَ

Artinya : Barang siapa yang membaca Ayat Kursi tiap usia shalat wajib, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain - belum datangnya - kematian. (HR. An-Nasa'i dalam Al-Yaum wa Al-Lailah: 10).

Dari kutipan hadits di atas bisa diambil kesimpulam bahwa doa ayat kursi memliki keistimewaan seperti berikut ini ;

1. Ayat kursi termasuk ayat teragung dalam Al Quran, Nabi Muhammad pernah menepuk dada Aby Mundzir dengan membaca kalimat اللّٰهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّمُ, lalu mendoakan agar diberi kemudahan ilmu.

2. Ayat kursi dapat disebut sebagai induk dari seluruh ayat dalam Al Quran.

3. Doa ayat kursi dapat bisa dijadikan doa menjaga diri jika ditamnah dengan tiga ayat pertama surat Al Mu'min. Membacaya pada pagi dan sore hari.

4. Barang siapa yang membacanya sebelum tidur, maka Allah akan menyertakan malaikat penjaga untuk melindunginya.

Demikianlah doa ayat kursi secara lengkap dan beberapa keistemawaannya. Jangan lupa untuk selalu diamalkan setiap hari, dan semoga Allah SWT selalu memberikan perlindungan kepada kita.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya