Doa Ziarah Kubur Lengkap dengan Tata Caranya

"Baca doa ini saat berziarah kubur."

Life | 22 August 2022, 12:44
Doa Ziarah Kubur Lengkap dengan Tata Caranya

Ziarah kubur merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh umat Islam. Selain itu, ziarah kubur adalah salah satu kegiatan yang mengalami perubahan (nasikh-mansukh). Saat itu, pada zaman awal munculnya Islam, Rasulullah melarang hal tersebut dilakukan. Akan tetapi, Rasulullah kemudian mengubah hal tersebut dan memperbolehkannya. Hal tersebut tercantum dalam hadis tersebut, yakni:

Daun.id

Sumber: Pixabay.com


كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً   

Artinya: “Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah).” (HR. Hakim)

Selain itu terdapat beberapa riwayat lainnya yang menganjurkan ziarah kubur, yakni:

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا

Artinya: “Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian." (HR. Muslim)

Doa ziarah kubur ini merupakan hal yang harus dibaca ketika kamu hendak melakukan ziarah kubur. Hal tersebut diajurkan sesuai dengan hadis berikut ini:

Dari Aisyah, ia berkata, "Rasulullah keluar pada suatu malam. Aku pun mengutus Barirah untuk mengikuti beliau agar memerhatikan ke mana beliau pergi. Ternyata beliau berjalan menuju Baqi' Al-Garqad. Beliau berdiri dekat Baqi lalu mengangkat kedua tangannya lalu pergi. Keesokan harinya, aku bertanya kepada Nabi. Aku berkata, "Wahai Rasulullah, ke mana engkau pergi tadi malam? Beliau menjawab, "Aku diperintahkan menuju ke penghuni kuburan Baqi' untuk mendoakan mereka."

Adapun bacaan doa ziarah kubur yang dapat kamu amalkan saat berziarah kubur, yakni:

Doa ziarah kubur

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

سَـــلاَمُ اللهِ يـَا سَـــادَةْ ۩ مِنَ الرَّحْمٰنِ يَغْـْشَاكُمْ عِبَـــــادَ اللهِ جِـئْنَــاكُمْ ۩ قَـصَدْنَاكُمْ طَلَبْنَـاكُمْ تُـعِــيـْنُوْنَــــا تُـغِــــيْثُوْنَــــا۩ بـهِمَّتِكُمْ وَجَــدْوَاكُـمْ فَأَحْبُـوْنَـــــا وَأَعْـطُوْنَــــا ۩ عَـطَاَياكُمْ هَـــدَايَـاكُمْ فَــــلاَ خَيَّـبْتُـمُوْا ظَـــنِّيْ ۩ فَحَــاشَاكُمْ وَحَاشَاكُمْ سَــعِدْنَـــا إِذْ أَتَيْنــَاكُمْ ۩ وَفُزْنَــا حِيْنَ زُرْنَــــاكُمْ فَـقـُوْمُوْا وَاشْفَعُوْا فِيْنَا ۩ إِلَى الرَّحْمٰنِ مَـوْلاَكُمْ عَسَى نُحْظَى عَسَى نُعْطَى ۩ مَـزَايـَا مِنْ مَزَايـَاكُمْ عَسَى نَظْرَةْ عَسَى رَحْمَـــةْ ۩ تَـغْشَـانَا وَتَـغْشَاكُمْ سَــــلاَمُ اللهِ حَـيــَّــاكُـــم ۩ وَعـَيْنُ اللهِ تَـرْعَــاكُمْ وَصَـــــلَّى اللهُ مـَوْلاَنَـــا ۩ وَسَـــــلَّمَ مَا أَتَـيْنَـــاكُـــــمْ عَلَى الْمُخْـتَارِ شَـــافِعِنَــا ۩ وَمُـنْقـِذِنَـا وَإِيَّـــــاكُمْ

Bismillahirrahmanirrahim salamullahi ya sadah minar-rahmani yaghsyakum ibadallahi ji’nakum qashadnakum thalabnakum tu'inuna tughitsuna bihimmatikum wa jadwakum

Fa ahbuna wa a'thuna 'athayakum hadayakum fala khayyabtumu dzanni fahasyakum wahasyakum sa'idna idz ataynakum wa fuzna hina zurnakum faqumu wasyfa'u fina ilar-rahmani mawlakum

'Asa nuhdza 'asa nu'tha mazaya min mazayakum 'asa nadzrah 'asa rahmah taghsyana wa taghsyakum salamullahi hayyakum wa 'ainullahi tar'akum wa shallallahu mawlana wasallam ma atainakum 'alal mukhtari syafi'ina wa munqidzina wa iyyakum

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Wahai Tuanku, semoga salam Allah tetap tercurah padamu. Wahai hamba-hamba Allah, kami datang kepadamu. Kami bermaksud (bersentuhan dengan rohanimu) dan kami berharap (berkahmu). Untuk menolong kami, menyejukkan kami dengan siraman yang berasal darimu, sesuai dengan tekad dan pencapaianmu (selama ini). Maka cintailah dan berikanlah kepada kami hal-hal yang Allah berikan dan hadiahkan padamu.”

“Jangan biarkan pengharapan ini sia-sia, jauhlah engkau semua (dari sifat tega menyia-nyiakan kami). Kami sangat beruntung datang di haribaanmu dan kami amat berbahagia dengan menziarahimu, maka bangkitlah dan syafaatilah kami bermohon pada Allah yang bersifat ar-Rahman, Tuanmu. Mudah-mudahan kami diberi (Allah) keberuntungan dan diberi limpahan karunia yang selama ini dianugerahkan kepadamu.”

“Mudah-mudahan kita dipandang dan dilimpahi rahmat yang akan menyelimuti kami dan engkau. Semoga engkau semakin dihidupkan dengan keselamatan (dari) Allah dan semoga pandangan Allah senantiasa menuntun engkau. Mudah-mudahan rahmat Allah dan keselamatan semakin terlimpah kepada tuan kita, manusia pilihan yang mensyafaati dan menyelamatkan kita.”

Selain doa ziarah kubur, kamu juga harus mengetahui tata cara membaca doa ziarah kubur yaitu sebagai berikut ini:

Tata cara membaca doa ziarah kubur
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Berikut ini merupakan tata cara membaca doa ziarah kubur, yakni:

1. Membaca salam
2. Melanjutkan istigfar
3. Membaca surah Al Fatihah
4. Membaca surah pendek seperti Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas
5. Membaca kalimat tahlil
6. Membaca doa ziarah kubur

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya