2 Cara Membuat QRIS Dengan Praktis, Ketahui Keunggalannya

"QRIS dapat memudahkan bisnis Anda, berikut langkah pembuatannya."

Tech | 26 September 2022, 18:30
2 Cara Membuat QRIS Dengan Praktis, Ketahui Keunggalannya

QRIS merupakan suatu media yang digunakan sebagai metode pembayaran dengan menggunakan uang digital. Kehadirannya untuk memudahkan transaksi pembayaran, sehingga pembayaran dilakukan dengan cepat dan mudah. QRIS memiliki kepanjangan dari Quick Response Indonesia Standard. Pada tanggal 17 Agustus 2019 Bank Indonesia dan ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) mulai melakukan hal ini.

Bentuk QRIS ini berupa barcode yang terintegrasi dengan berbagai macam sistem pembayaran dan terdiri dari informasi pengguna, nominal pembayaran, dan mata uang yang dapat dibaca dengan alat tertentu saat transaksi. Keunggulan yang bisa didapatkan ialah kemudahan transaksi. Selain itu juga dapat dikatakan lebih cepat tak perlu pusing memikirkan angka-angka dan lain sebagainya.

Keunggulan menggunakan QRIS

Daun.id

sumber; pexels.com

QRIS memiliki tawaran keunggulan yang menarik, tentu hal ini sudah tidak asing lagi bagi para penggunanya. Berikut ini keunggulan menggunakan QRIS:

1. Transaksi Lebih Mudah

Beberapa tempat jual beli telah menggunakan metode ini. Saat mau melakukan transaksi pembayaran kasir cukup menyodorkan sebuah kode dan pembeli akan langsung memindai kode tersebut.

2. Transaksi Lebih Cepat

Biasanya yang paling ribet saat melakukan pembayaran ialah ketika menunggu pengembalian uang kecil. Dengan menggunakan QRIS, Anda tak perlu ribet memikirkan uang pas.

3. Menghindari Uang Palsu

Maraknya peredaran uang palsu dapat dicegah melalui metode ini, pembayaran uang digital melalui QRIS dapat menjadi salah satu solusi. Sebab uang ini berupa digital yang akan masuk ke penyimpanan yang dimiliki pengguna.

4. Sebagai Alternatif Pembayaran

Menariknya menggunakan QRIS ialah dapat diakses dari beragam aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Apapun itu yang telah mendapat izin di Indonesia.

5. Praktis

Saat sedang berpergian tak perlu bingung-bingung dengan membawa uang fisik yang sulit dibawa jika dengan jumlah banyak. Nah, QRIS ini menjadi salah satu solusinya.

Demikianlah keunggulan yang dapat dirasakan bagi para pengguna QRIS. Nah, kini siapapun juga dapat mencoba metode pembayaran ini.

Cara Membuat QRIS

Daun.id

sumber; pixabay.com

Dilansir dari situs qris.id guna mendapatkan QRIS ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Nah, tentunya ini sangat cocok banget untuk siapapun. Berikut ini langkahnya :

1. Syarat dan Ketentuan

- Untuk membuat QRIS, perusahaan harus memiliki badan hukum terlebih dahulu. Agar tujuan pembuatannya tidak diperjual belikan kembali untuk keuntungan pribadi.
- Berkas berbadan hukum secara lengkap, berkas berbadan hukum yang perlu dimiliki ialah SIUP atau NB, Akte Pendirian, NPWP, KTP penanggung jawab.
- Wajib mendapat NMID dari InterActive QRIS yang didapatkan dari InterActive setelah terdaftar sebagai merchant QRIS.

2. Cara Membuat QRIS

- Registrasi di website resmi QRIS, prgi ke alamat www.qris.id. Pastikan Anda sudah memahami tentang QRIS, klik 'daftar QRIS.
- Pilih form jenis bisnis dan isi sesuai dengan jenis bisnis Anda.
- Lakukan pembayaran QRIS dan Anda akan diarahkan ke e-wallet. Jika tidak melakukan pembayaran, pendaftaran Anda akan dipending dan diberi batas maksimal 14 hari.
- Jika sudah membayar, cek notifikasi registrasi. Anda juga akan menerima username dan password.
- Lakukan login di halaman dasboard yang telah tersedia.
- Setelah masuk, lengkapilah dokumen fisik administrasi dan unggah data tersebut.
- Memastikan dokumen segera dilengkapi, Anda akan diberikan info dalam waktu 1x24 jam melalui email ataupun WA.
- Melakukan pengecekkan notifikasi kelengkapan dokumen, notifikasi ini akan dikirim melalui email dan wa yang terdaftar. Jika dirasa sudah cukup, Anda dapat mencetak QRIS yang telah diterbitkan.

Demikianlah langkah praktis dalam membuat QRIS. Melihat penjelasan di atas QRIS dapat benar-benar diandalkan dan memudahkan dalam bisnis.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya