Cara Melihat IMEI iPhone dan Cara Mendaftarnya, Pastikan Terdaftar 

"Mengetahui cara melihat IMEI di iPhone beserta cara mendaftakanya perlu kamu ketahui, berikut ini adalah langkah-langkahnya."

Tech | 03 October 2022, 18:32
Cara Melihat IMEI iPhone dan Cara Mendaftarnya, Pastikan Terdaftar 

IMEI atau  International Mobile Equipment Identity yang merupakan nomor identitas internasional pada ponsel yang terdiri atas 15 sampai 17 digit angka. Fungsi dari IMEI sendiri adalah untuk mengidentifikasi keaslian perangkat yang sekaligus berguna untuk mencegah pencurian perangkat.

Dengan memastikan bahwa sebuah perangkat memiliki IMEI, bertujuan untuk menghindari masuknya perangkat ilegal ke suatu negara. Salah satu upaya untuk melakukan pencegahan tersebut adalah dengan bekerja sama dengan provider telekomunikasi, apabila sebuah IMEI dinilai ilegal maka koneksi jaringan otomatis akan terputus.

Untuk itu, memastikan jika IMEI kamu adalah benar-benar legal adalah hal yang penting dan perlu kamu lakukan. Berikut ini adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk melihat IMEI iPhone beserta cara mendaftakanya.

Cara Melihat Nomor IMEI iPhone

Cara Melihat IMEI di iPhone dari Pengaturan
Daun.id

pexels.com

Untuk bisa melihat IMEI di iPhone, kamu dapat melakukanya dari menu pengaturan. Berikut ini adalah cara melihat IMEI di iPhone dari pengaturan:

- Buka menu Pengaturan (Settings) > pilih Umum (General), lalu klik Mengenai (About).

- Gulirkan layar hingga batas terbawah. Nomor IMEI akan tersedia di kolom 'SIM Fisik (Physical SIM)'. Nomor IMEI terdiri dari 15 digit angka.

- Sentuh dan tahan nomor lalu salin (copy) dan tempel (paste) di situs imei.kemenperin.go.id.

- Jika iPhone Anda adalah produk resmi dan terdaftar, maka akan muncul keterangan 'IMEI terdaftar di database Kemenperin.'

Cara Melihat Nomor IMEI dengan SIM TRAY atau Tempat Kartu SIM
Cara lain yang bisa kamu lakukan untu bisa melihat nomor IMEI di iPhone juga bisa kamu lakukan dengan melihatnya dari SIM TRAY atau tempat meletakan kartu SIM. Cara ini bisa digunakan pada iPhone 13 Series, iPhone 12 Series, iPhone 11 Series, iPhone 11 Series, iPhone X Series, iPhone 8 Series, iPhone 7 Series, iPhone 6 Series, iPhone SE (Gen 3), dan iPhone SE (Gen 2).

Cara Melihat Nomor IMEI dengan Nomor *#06#
Selain melihat nomor IMEI dari cara di atas, ada cara yang bisa kamu lakukan. Cara lain untuk mengecek nomor IMEI adalah dengan menu USSD dengan menekan angka *#06# di keypad telepon ponsel.

Cek status IMEI Lewat Website

Pengguna iPhone juga dapat mengecek status IMEI iPhone secara online melalui situs Kemenperin. Berikut caranya:

- Buka laman https://imei.kemenperin.go.id/.

- Masukkan nomor IMEI yang ada di iPhone.

- Klik Search dan tunggu beberapa saat.

- Apabila nomor IMEI iPhone kamu terdaftar, akan muncul pemberitahuan IMEI terdaftar di database

- Sebaliknya, jika tidak terdaftar, muncul keterangan IMEI tidak terdaftar di database.

Cara Mendaftarkan IMEI iPhone

Daun.id

pexels.com

Jika iPhone kamu belum terdaftar IMEI, kamu tidak akan dapat menggunakanya sebaai alat komunikasi sebagaimana mestinya. Untuk itu, mendaftarkan IMEI pada iPhone kamu adalah hal yang wajib.

Untuk bisa mendaftarkan IMEI di iPhone kamu, kamu perlu mengikuti ketentuan, melengkapi persyaratan dan mengikuti langkah-langkanya hingga selesai.

Kamu bisa melakukan pendaftaran nomor IMEI melalui Mobile Bea Cukai. Kamu bisa datang langsung ke kantor Bea Cukai atau secara online di situs bea cukai atau aplikasi Mobile Bea Cukai. Pendaftaran IMEI secara online bisa dilakukan dengan mengunjungi situs www.beacukai.go.id/register-imei.html atau lebih praktis dengan menggunakan aplikasi Mobile Bea Cukai. Berikut ini adalah cara mendaftarkanya.

1. Unduh dan Buka Aplikasi Mobile Bea Cukai

Setelah mengunduh aplikasi Mobile Bea Cukai di iPhone atau Android, kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan mencatat nomor IMEI ponsel yang kamu cek tadi.

2. Isi Data Diri

Selanjutnya untuk cara daftar IMEI berikutnya kamu akan diarahkan untuk pengisian formulir. Data ini harus kamu isi jika kamu membeli ponsel secara hand carry dari luar negeri.

3. Isi Detail Barang

Setelah itu isi detail barang yang sudah kamu beli dari luar negeri tersebut. Jelaskan secara detail merek, tipe, dan jangan lupa nomor IMEI dari ponsel tersebut.

4. Simpan Formulir

Setelah semua data sudah kamu isi di aplikasi tersebut, simpan formulir dengan klik Complete. Selanjutnya kamu akan mendapatkan QR Code dan Registration ID. Bawa kode tersebut ke ke kantor Bea Cukai untuk dilakukan pemindaian oleh bagian pemeriksaan Bea Cukai.

5. IMEI Terdaftar

Setelah semua langkah tersebut selesai kamu lakukan, selanjutnya kamu akan mendapatkan persetujuan oleh pejabat Bea Cukai. 

Perlu kamu ketahui, untuk perangkat iPhone asal luar negeri yang dimasukkan ke Indonesia melalui perusahaan jasa kiriman, proses registrasi IMEI akan dilakukan oleh perusahaan jasa kiriman melalui Bea Cukai.

Peraturan IMEI ini hanya berlaku bagi masyarakat Indonesia, namun WNA yang ingin masuk ke Indonesia punya peraturan tersendiri, yaitu turis asing yang menggunakan kartu SIM asing tidak perlu melakukan registrasi.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya