Cara Mencari Frekuensi Gelombang, Lengkap dengan Contohnya

"Cara mencari frekuensi gelombang dapat kamu cari dengan menggunakan cara yang relatif mudah."

Life | 11 November 2022, 08:58
Cara Mencari Frekuensi Gelombang, Lengkap dengan Contohnya

Salah satu frekuensi yang sering kita rasakan dan ketahui kebaradaanya adalah frekuensi bunyi. Frekuensi bunyi adalah sebuah getaran yang mampu untuk di dengar oleh manusia. Perlu kamu ketahui, frekuensi bunyi yang mampu didengar oleh manusia adalah antara 20 hz sampai dengan 20.000 hz.

Pada kesempatan ini, kita akan belajar mengenai bagaimana cara mencari frekuensi gelombang. Untuk dapat menemukan jumlah frekuensi gelombang, sebelumnya kamu dapat belajar hal-hal terkait dengan gelombang, yaitu pengertian dll. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Pengertian Frekuensi Gelombang

Frekuensi merupakan jumlah gelombang yang melewati suatu titik tetap dalam satu satuan waktu. Frekuensi juga bisa dijelaskan sebagai jumlah getaran yang dialami atau terjadi dalam satuan waktu. Artinya, frekuensi adalah banyaknya gelombang dalam satu satuan waktu.

Secara sederhananya adalah, semakin sering sesuatu dilakukan, maka akan makin tinggi pula frekuensinya. Hal ini sama dengan pada gelombang. Makin banyak gelombang yang lewat dalam satu satuan waktu, maka akan makin tinggi frekuensinya. Dan makin sedikit gelombang yang lewat dalam satu satuan waktu, maka akan makin rendah frekuensinya. 

Frekuensi gelombang dilambangkan dengan huruf “f” dan dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz). Istilah Hertz diambil dari nama belakang seorang fisikawan asal Jerman yang menemukan atas penemuannya elektromagnetisnya, yaitu Heinrich Rudolf Hertz.


Rumus Frekuensi Gelombang


Rumus Frekuensi Gelombang Getaran dan Waktu Tempuh
Frekuensi adalah banyaknya gelombang atau getaran dalam satu satuan waktu tertentu. Rumusnya adalah:

f = n/t
Keterangan:

f = frekuensi (Hz)

n = jumlah gelombang atau getaran (n = 1, 2, 3, … )

t = waktu tempuh gelombang (s)


Rumus Frekuensi Gelombang dari Periode
Frekuensi adalah banyaknya gelombang dalam satu satuan waktu. Adapun, periode adalah waktu yang ddiperlukan untuk membuat satu gelombang. Sehingga, frekuensi berbanding terbalik dengan periode. Berikut adalah rumusnya:

f = 1/T 
Keterangan: 

f = frekuensi (Hz)

T = periode (s)


Rumus Frekuensi dari Cepat Rambat Gelombang
Cepat rambat gelombang adalah rasio panjang gelombang yang merambat dengan periodenya. Adapun, periode adalah kebalikan dari frekuensi. Berikut ini adalah rumus frekuensinya:

v = λ/T

v = λ x 1/f 

f = v/ λ 
Keterangan:

f = frekuensi (Hz)

v = cepat rambat gelombang (m/s)

λ = panjang gelombang (m)

Contoh-Contoh

Contoh Menghitung Frekuensi Gelombang
Diketahui bahwa waktu yang dibutuhkan dalam untuk menghasilkan 1 siklus dan gelombang listrik adalah 0,004 /detik, maka berapakah Frekuensinya ?

Diketahui:
T = 0,004 detik
f = ?

Jawaban:
f = 1/T
f = 1/0,004
f = 250Hz


Contoh Menghitung Periode (T)

Diketahui bahwa frekuensi pada listrik bolak-balik (AC) dari PLN adalah 50Hz. Untuk pertanyaannya adalah waktu yang diperlukan berapa lamakah dalam untuk menghasilkan 1 siklus dan gelombang listrik ?

Diketahui :
F = 50Hz
T = ?

Jawaban:
T = 1/f
T = 1/50
T= 0,02 detik.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya