Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Berjamaah, Sebagai Imam dan Makmum

"Bacaan lengkap niat sholat idul fitri."

Life | 13 December 2022, 14:57
Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Berjamaah, Sebagai Imam dan Makmum

Umat Islam setiap tahunnya merayakan dua hari raya besar yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Sebagaimana telah disebutkan, hukum melaksanakan sholat idul fitri ialah sunnah muakkad. Suatu sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan, waktu pelaksanannya ialah pada tanggal 1 Syawal tahun Hijriyyah. Bulan syawal merupakan bulan yang penuh kemuliaan, selain itu juga sebagai tanda hari kemenangan umat muslim.

Pada bulan ini, Allah SWT menjanjikan ampunan bagi umat muslim yang melaksanakan sholat idul fitri. Sebagaimana bunyi hadist berikut ini;

عَنْ ابنِ مَسْعُوْد عَنِ النَّبِي ﷺ أَنَّهُ قَالَ اِذَا صَامُوْا شَهْرَ رَمَضَانَ وَخَرَجُوْا اِلَى عِيْدِهِمْ يَقُوْلُ اللهُ تَعَالىَ: يَا مَلاَئِكَتِيْ كُلُّ عَامِلٍ يَطْلُبُ أَجْرَهُ وَعِبَادِيْ اللَّذِيْنَ صَامُوْا شَهْرَهُمْ وَخَرَجُوْا اِلَى عِيْدِهِمْ يَطْلُبُوْنَ أُجُوْرَهُمْ أَشْهِدُوْا أَنِّي قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ. فَيُنَادِي مُنَادٍ يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ اِرْجِعُوْا اِلَى مَنَازِلِكُمْ قَدْ بَدَلْتُ سَيِّئَاتِكُمْ حَسَنَاتٍ. فَيَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى: يَا عِبَادِيْ صُمْتُمْ لِيْ وَأَفْطَرْتُمْ لِيْ فَقُوْمُوْا مَغْفُوْرًا لَكُمْ.

Artinya: Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud dari Nabi Muhammad, bahwa Nabi bersabda: Ketika umat Nabi melaksanakan puasa pada bulan Ramadan dan mereka keluar untuk melaksanakan salat Idulfitri, maka Allah berfirman; Wahai Malaikatku, setiap yang telah bekerja akan mendapatkan upahnya. Dan hamba-hambaku yang telah melaksanakan puasa Ramadan dan keluar rumah untuk melakukan salat Idulfitri, serta memohon dari ibadah meraka, maka saksikanlah bahwa sesungguhnya aku telah memaafkan mereka. Kemudian ada yang berseru wahai umat Muhammad, kambalilah ke rumah-rumah kalian, aku telah menggantikan keburukan kalian dengan kebaikan. Maka Allah SWT berfirman; Wahai hamba-hamba ku, kalian berpuasa untukku dan berbuka untukku, maka tegaklah kalian dengan mendapatkan ampunan ku terhadap kalian.

Dalam pelaksanaan sholat idul fitri memiliki beberapa tata cara yang harus dilakukan. Selain itu juga terdapat beberapa bacaan yang harus dibaca. Salah satunya ialah bacaan niat, sebagai salah satu rukun sholat yang tidak dapat ditinggalkan. Secara detailnya akan kami ulas di bawah ini.

Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Berjamaah

Daun.id

sumber; pixabay.com

Sholat idul fitri pada umumnya digelar secara berjamaah, di masjid maupun di lapangan luas. Bacaan niat sholat idul fitri yang dibaca oleh makmum dan seorang imam ini berbeda-beda. Berikut ini secara detailnya:

1. Bacaan niat sholat idul fitri sebagai imam

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.”

2. Bacaan niat sholat idul fitri sebagai makmum

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.

3. Bacaan doa iftitah

 أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Allâhu akbar kabîran, wal ḫamdulillâhi katsîran, wa subḫânallâhi bukratan wa ashîla

Artinya: “Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang.”

4. Disunnahkan membaca takbir tujuh kali pada rokaat pertama, lima kali pada rokaat kedua dan diiringi bacaan berikut ini;


سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Subḫânallâhi wal ḫamdulillâhi wa lâ ilâha illallâhu wallâhu akbar

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.

Demikianlah bacaan niat yang harus dibaca pada saat sholat idul fitri. Selain itu juga terdapat beberapa bacaan lainnya sebagaimana penjelasan di atas. Ketahui sholat idul fitri penuh dengan keistimewaan, berusahalah untuk selalu mengerjakannya. Wallahu a‘lam bi-shawab.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya