Obat Radang Tenggorokan Anak 5 Tahun, Medis dan Alami

"Berikut ragam jenis obat radang tenggorokan untuk anak 5 tahun."

Life | 07 January 2023, 06:59
Obat Radang Tenggorokan Anak 5 Tahun, Medis dan Alami

Radang tenggorokan bisa saja terjadi pada siapa saja, orang dewasa hingga anak-anak. Tentu untuk mengatasi sakit radang tenggorokan pada anak-anak pasti berbeda dengan orang dewasa. Kondisi ini membuat siapa saja tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan anak-anak menjadi rewel tidak seperti biasanya. Situasi ini sebaiknya dihadapi dengan tenang.

Ada beberapa obat radang tenggorokan yang bisa digunakan untuk anak-anak 5 tahun. Baik itu obat medis maupun alami yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengatasi radang tenggorokan yang terjadi pada anak-anak 5 tahun perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga dapat memberikan obat dengan cepat dan tepat.

Penyebab yang paling sering terjadi ialah diakibatkan infeksi virus maupun bakteri. Gejalanya pun beragam, mulai dari demam, batuk, hidung mampet dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadikan anak sedikit rewel hingga nangis. Sebagai orang tua tentu tidak tega melihat kondisi ini, sebab kondisi ini dapat membuat anak kesulitan untuk makan.

Obat Radang Tenggorokan Anak 5 Tahun

Daun.id

sumber; pexels.com

Ketika seorang anak menangis disebabkan oleh radang tenggorokan, maka segeralah untuk mengatasinya. Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak 5 tahun. Obat radang tenggorokan untuk anak 5 tahun bisa menggunakan jenis medis maupun alami:

1. Obat semprot hidung ataau tetes hidung

Obat tetes jenis ini yang dapat digunakan untuk anak 5 tahun ialah obat semprot atau tetes hidung berisi cairan saline. Ciran saline ini dapat meredakan radang hingga mengencerkan lendir yang menyumpat hidung. Obat semprot tetes ini sudah dapat digunakan sejak anak masih bayi. Bacalah keterangan yang tertera di kemasan, sebelum membeli dan menggunakannya.

2. Obat oles dada

Ada beberapa jenis obat oles dada yang dapat digunakan mengatasi radang tenggorokan anaak 5 tahun. Misalnya; campor, minyak astri, hingga waporup. Beberapa penelitian mengatakan, jenis-jenis obat tersebut dapat membantu mengurangi keluhan batuk dan hidung tersumbat pada anak. Namun obat ini tidak diperuntukkan untuk anak usia 2 tahun. Sebab efek sampinya lebih besar. Seperti iritasi kulit hingga saluran pernapasan.

3. Obat antibiotik

Daun.id

sumber; pixabay.com

Antibiotik merupakan obat ini tidak dapat mengatasi radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus. Namun dapat digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Sqaat menggunakan obat ini harus melalui resep yang dianjurkan oleh dokter. Selain itu juga harus memperhatikan dosis yang diberikan. Perlu diketahui, penggunaan obat antibiotik yang salah justru dapat meningkatkan persebaran bakteri.

4. Obat flu dan batuk

Ketika radang tenggorokan yang terjadi pada anak disebabkan oleh batuk dan flu. Kandungan yang terdapat di dalamnya berisi kombinasi zat penurun panas hingga pereda nyeri. Jenis obatnya juga hadir dalam kemasan yang beragam, baik untuk batuk kering maupun berdahak. Sebelum menggunakan obat ini, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

5. Madu alami

Madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, penelitian juga mengatakan bahwa madu dapat meringankan keluhan akibat peradangan. Selain itu juga memiliki potensi untuk mengurangi batuk. Hingga dapat membuat dahak mudah dikeluarkan atau lendir pada saluran pernapasan. Madu termasuk salah satu jenis obat alami yang dapat digunakan mengatasi radang tenggorokan anak 5 tahun.

Demikianlah jenis obat-obatan yang aman digunakan mengatasi radang tenggorokan anak 5 tahun. Ketika anak mengalami radang tenggorokan segeralah mengatasi dengan tepat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya