Obat Sakit Gigi saat Hamil, Pahami Efek Samping dan Dosisnya

"yuk simak"

Life | 12 January 2023, 07:14
Obat Sakit Gigi saat Hamil, Pahami Efek Samping dan Dosisnya

Sakit gigi tak hanya dialami oleh anak-anak, orang dewasa atau manula. Hal tersebut juga bisa dialami oleh Ibu yang tengah mengandung, atau hamil. Tentunya bahan-bahan yang terkandung dalam obat tersebut lebih diteliti lagi. Karena tidak hanya akan berefek ke iunya, juga ke janin yang dikandungnya.

Sakit gigi juga merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami oleh ibu hamil. Salah satu penyebab sakit gigi saat hamil adalah perubahan hormon yang memicu muntah. Jika muntah terjadi terus-menerus, asam dari lambung yang kembali ke mulut dapat mengikis email gigi dan menyebabkan sakit gigi.

Jika ibu hamil takut untuk meminum obat, maka cara-cara alami di bawah ini bisa dilakukan untuk atasi rasa sakit di gigi. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

Berkumur dengan air garam hangat
Air garam hangat sudah sejak lama dipercaya dapat meredakan sakit gigi. Bumil dapat mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat untuk berkumur. Berkumur dengan air garam hangat bisa Bumil lakukan beberapa kali dalam sehari.

Kompres dingin
Kompres dingin atau minum air es bisa menjadi cara lain untuk meredakan peradangan yang menyebabkan sakit gigi. Bumil dapat mempelkan kompres dingin di bagian luar pipi selama sekitar 20 menit.
Daun.id

pixabay

Jika cara di atas masih belum mampu meredakan sakit gigi, ibu hamil dapat mengonsumsi obat sakit gigi untuk ibu hamil sesuai yang diresepkan oleh dokter. Atau mencoba salah satu oobat yang umum dan hampir bisa diminum di segela usia, yaitu paracetamol. Yang bisa ditemukan dengan mudah di apotek terdekat.

Sementara itu, obat-obatan pereda nyeri jenis lain, seperti asam mefenamat, aspirin, ibuprofen, atau naproxen mungkin sebaiknya tidak dikonsumsi karena lebih berisiko menimbulkan sejumlah masalah pada kehamilan, termasuk keguguran.

Jangan pernah mengabaikan sakit gigi yang muncul selama masa kehamilan. Sakit gigi yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan infeksi gusi atau gingivitis. Gingivitis saat hamil diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya preeklampsia, kelahiran prematur, dan bayi terlahir dengan berat badan yang rendah.

Untuk mencegah sakit gigi selama masa kehamilan, ada beberapa cara yang bisa Bumil lakukan, antaranya lain:
- Membersihkan gigi 2 kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
- Menggunakan benang gigi, setidaknya 1 kali sehari, untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi
- Membatasi makanan atau minuman manis
- Memilih camilan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan segar, yogurt, atau biskuit gandum
- Menghindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol
- Berkumur dengan campuran air hangat dan baking soda setiap habis muntah, untuk menghilangkan asam di gigi yang bisa merusak email gigi 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya