Meloxicam Obat Sakit Gigi Aman untuk Anak, Ketahui Kandungannya

"simak lebih jauh di bawah ini"

Life | 12 January 2023, 11:32
Meloxicam Obat Sakit Gigi Aman untuk Anak, Ketahui Kandungannya

Mungkin tak asing dengan lagu 'Sakit Gigi' yang cukup viral beberapa tahun silam. Yang melantunkan lebih baik sakit gigi dibanding sakit hati. Namun faktanya banyak yang tidak tahan juga rasa sakit itu menyerang gigi mereka. Sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita, yang dalam hal ini mereka yang masih berusia anak-anak. Oleh karenanya kebanyakan yang menderita sakit gigi melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.
 
Salah satu merk obat sakit gigi yang bantu atasai nyeri di gigi adalah meloxicom. Untuk lebih jauhnya simak di bawah ini:

Kandungan
MELOXICAM
adalah obat anti inflmasi non steroid (OAINS) turuna oksikam. Meloksikam menunjukkan aktivitas antiinflamasi, analgesik, dan antipiretik dengan cara reversibel menghambat siklooksigenase-1 dan -2 (COX-1 dan -2), sehingga menghambat sintesis prostaglandin. Obat ini digunakan untuk meredakan gejala-gejala arthritis, misalnya peradangan, pembengkakan, serta kaku dan nyeri otot. Contoh penyakit radang persendian yang biasanya ditangani dengan meloxicam adalah osteoartritis (jangka pendek), rheumatoid arthritis, dan ankylosing spondylitis. Dalam penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep atau petunjuk dokter.

Indikasi Umum

INFORMASI OBAT INI HANYA UNTUK KALANGAN MEDIS. Meredakan gejala-gejala arthritis, misalnya peradangan, pembengkakan, serta kaku dan nyeri otot. Contoh penyakit radang persendian yang biasanya ditangani dengan meloxicam adalah osteoartritis (jangka pendek), rheumatoid arthritis, dan ankylosing spondylitis.

Komposisi

Meloxicam 15 mgDaun.id

meloxicam

Dosis

Penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep atau petunjuk dari dokter.

- Dewasa:
Rhematoid Astritis dan Ankylosing Spondylitis: 15 mg, 1 kali per hari. Dapat diturunkan menjadi 7.5 mg, 1 kali per hari berdasarkan respon terapetik. Osteo Astritis: 7.5 mg, 1 kali per hari. Dapat ditingkankan s/d 15 mg, 1 kali per hari.
- Anak
>60 kg: Artritis idiopatik juvenil: 7,5 mg sekali sehari. Lansia dan pasien ginjal: 7.5 mg, 1 kali per hari.

Aturan Pakai

Dikonsumsi sesudah makan.

Perhatian

Harus sesuai dengan resep atau arahan dari dokter. Hati-hati peggunaan pada pasien dengan asma, riwayat penyakit maag atau perdarahan gastrointestinal baru-baru ini, hipertensi, MI baru-baru ini, faktor risiko CV lainnya (misalnya hiperlipidemia, diabetes mellitus, merokok), retensi cairan dan edema, hipovolemia, koagulopati. Pasien dehidrasi dan lemah. Ginjal dan gangguan hati ringan sampai sedang. Anak-anak dan orang tua. Kehamilan (trimester 1-2).

Penggunaan bersama NSAID lainnya, kortikosteroid, antiplatelet, antikoagulan. Kategori kehamilan: Kategori C: Mungkin berisiko. Obat digunakan dengan hati-hati apabila besarnya manfaat yang diperoleh melebihi besarnya risiko terhadap janin. Penelitian pada hewan uji menunjukkan risiko terhadap janin dan belum terdapat penelitian langsung terhadap wanita hamil.

Kontra Indikasi

Hipersensitif terhadap meloxicam, aspirin atau NSAID lainnya. Riwayat atau perdarahan gastrointestinal aktif, ulserasi atau perforasi yang berhubungan dengan penggunaan NSAID. Penyakit radang usus aktif (misalnya penyakit Crohn pada kolitis ulserativa), gagal jantung berat. Pengobatan nyeri perioperatif dalam pengaturan operasi CABG. Kerusakan hati yang parah. Kehamilan (trimester ke-3) dan menyusui.

Efek Samping

Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan sesuai dengan masing-masing individu. Jika terjadi efek samping yang berlebih dan berbahaya, harap konsultasikan kepada tenaga medis.

Efek samping yang mungkin terjadi dalam penggunaan obat adalah:

Signifikan: Retensi cairan, edema, insufisiensi ginjal, gagal ginjal akut, nekrosis papiler ginjal (penggunaan jangka panjang), hiperkalemia, penglihatan kabur, anemia, jarang, agranulositosis, trombositopenia, leukopaenia.

Gangguan sistem darah dan limfatik: Anemia, jarang, agranulositosis, trombositopenia, leukopaenia.

Gangguan jantung: Gagal jantung, jarang, palpitasi.

Gangguan gastrointestinal: Dispepsia, mual, muntah, sakit perut, sembelit, perut kembung, diare, melena, hematemesis, stomatitis ulserativa, jarang, gastritis.

Gangguan umum dan kondisi situs admin: Malaise, kelelahan. Gangguan sistem kekebalan: Angioedema. Pemeriksaan penunjang: Peningkatan kadar transaminase serum, peningkatan bilirubin serum, peningkatan kreatinin serum dan BUN, penambahan atau penurunan berat badan.

Gangguan metabolisme dan nutrisi: Hiperkalemia, dehidrasi.

Gangguan sistem saraf: Sakit kepala, vertigo, parestesia.

Gangguan kejiwaan: Kecemasan, mimpi abnormal, kebingungan, depresi, gugup.

Gangguan ginjal dan kemih: Hematuria, albuminuria. Gangguan kulit dan jaringan subkutan: Pruritus, ruam, fotosensitifitas, jarang, urtikaria.

Gangguan vaskular: Hipertensi, hipotensi, vaskulitis, hot flushes, sinkop.

Berpotensi Fatal: Reaksi hipersensitivitas, kejadian trombotik CV termasuk MI dan stroke, perdarahan gastrointestinal, ulserasi atau perforasi; sangat jarang, dermatitis eksfoliatif, sindrom Stevens-Johnson, nekrolisis epidermal toksik, hepatitis fulminan, nekrosis hati, gagal hati, bronkospasme.

Golongan Produk
Obat Keras (Merah)

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya