Contoh Proposal Usaha Makanan yang Menarik, Tepat untuk Memulai Usaha

"simak selengkapnya"

Life | 14 February 2023, 08:18
Contoh Proposal Usaha Makanan yang Menarik, Tepat untuk Memulai Usaha

Setiap kelompok, organisasi, perkumpulan atau komunitas atau bahkan perorangan, pasti memiliki sebuah keinginan untuk membuat usaha. Apa pun itu usahanya, berupa-rupa. Karena tentunya tiap orang atau perkumpulan selalu memiliki gagasan atau ide yang berbeda.

Salah satu usaha yang cukup terkenal dan digemari juga diminati banyak orang adalah usaha makanan. Terlebih makanan ringan yang banyak digemari anak-anak kalangan muda. Untuk camilan saat menggarap tugas, sedang kumpul kecil-kecilan, dan satu di antaranya untuk dijadikan konten di akun pribadinya.
Daun.id

pixabay

Dan untuk merealisasikan usaha tersebut ada yang tidak langsung serta merta membuatnya atau melakukannya. Tetap membutuhkan pihak lain untuk diajak kerjasama. Bentuk kerjasama atau ide usaha tersebut ditampung dalam proposal, kemudian diajukan kepada orang-orang yang hendak dijadikan sasaran.

Sebelum itu, penting untuk mengetahui pengertian dari Proposal itu sendiri. Yaitu sebuah dokumen yang mempresentasikan ide, rencana, atau solusi untuk suatu masalah atau tantangan yang dihadapi. Proposal umumnya ditujukan kepada pihak yang berkepentingan atau memiliki kekuasaan untuk menentukan apakah ide atau rencana tersebut layak dilanjutkan atau tidak.

Proposal juga bisa berupa tawaran atau solusi bagi suatu permasalahan yang ditujukan kepada klien potensial. Dalam hal ini, proposal juga bertujuan untuk mempersuasi pihak yang dituju untuk menerima tawaran atau solusi tersebut. Secara umum, proposal harus mencakup bagian informasi yang cukup untuk membuat pihak yang dituju memahami ide, rencana, atau solusi tersebut dan membuat keputusan yang tepat.

Setelah membaca pengertian di atas, juga perlu kiranya untuk mengetahui tata cara pembuatan proposal ini sendiri. Adalah sebagai berikut:

- Identifikasi pasar

Identifikasi sebuah target pasar yang akan dituju, kebutuhan dan tren pasar untuk produk atau jasa yang akan ditawarkan.

- Analisis industri
Pelajari tentang mengenai kompetitor, tren yang ada di industri saat ini atau kedepannya dan bagaimana produk atau jasa tersebut dapat membedakannya dari kompetitor lainnya.

- Rencana bisnis
Deskripsikan bagaimana akan memulai dan menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Termasuk dalam struktur organisasi, sumber daya, rencana pemasaran, hingga rencana keuangan. Bagian ini cukup penting, karena selalu menjadi rujukan orang yang disodorkan sebelum menerima tawaran atau proposal yang diajukan.

- Sumber daya
Tentukan pula sumber daya yang akan dibutuhkan nantinya. Termasuk tenaga kerja, peralatan, teknologi sampai dengan modal.

- Proyeksi keuangan
Buat proyeksi pendapatan dan biaya untuk bisnis dalam jangka pendek dan juga jangka panjangnya.

- Rencana pemasaran
Deskripsikan bagaimana bentuk akan memasarkan produk atau jasa kepada target pasar. Juga termasuk strategi pemasaran serta anggaran pemasaran.

- Risiko dan mitigasi
Identifikasi dan evaluasi risiko bisnis serta rencana untuk mengatasi risiko tersebut. Bagian ini penting, lantaran untuk menghindari kemungkinan terburuk yang datang semakin jauh dan atau sulit teratasi.

- Pendukung dokumen
Lampirkan dokumen pendukung seperti analisis pasar, rencana bisnis atau usaha, dan proyeksi keuangan dalam bentuk tabel atau grafik.

Catatan:
Penting untuk diketahui bahwa proposal usaha harus jelas, tertata dengan baik, dan memberikan gambaran yang jelas tentang bisnis yang akan dijalankan. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam membuat proposal usaha, jangan ragu untuk bertanya kepada pihak yang dituju tersebut. Agar bisa saling menyelaraskan keinginan.

Berikut ini contohnya


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya