Contoh CV Barista Pemula yang Keren dan Rekomended

"Berikut ini contoh dan struktur dari CV Barista pemula."

Life | 23 February 2023, 15:50
Contoh CV Barista Pemula yang Keren dan Rekomended

Barista merupakan profesi yang cukup keren di mata anak muda sekarang. Barista ini merupakan sebutan bagi seseorang yang memiliki keahlian khusus membuat dan menyajikan kopi.

Meseki bergitu, di lapangan kebanyakan barista tak hanya menyajikan kopi, namun juga menyajikan jenis-jenis minuman lainnya. Pada umumnya seorang berista memiliki tanggung jawab terhadap bahan-bahan, mesin peracik beserta alat hingga masalah di meja kasir.

Salah satu syarat umum yang dibawa ketika melamar kerja menjadi seorang barista adalah Curriculum Vitae (CV). Berikut ini adalah struktur dan contoh dari CV barista pemula.

Pengertian Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah berkas yang memberikan gambaran ringkas dari diri seseorang yang disusun untuk tujuan tertentu, misalnya untuk melamar pekerjaan. Buatlah CV yang efektif dan menarik, itu akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

CV ini sangatlah penting, karena dari CV yang Anda buat itulah perusahaan menilai Anda untuk pertama kali ketika melamar pekerjaan. Di dalam CV, Anda dapat menjelaskan secara singkat, padat dan jelas mengenai diri Anda. Anda juga dapat menambahkan pencapaian yang telah Anda lakukan sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar, serta hal-hal yang menurut Anda penting.  

Fungsi dari Curriculum Vitae

Fungsi dari CV ini sangatlah penting bagi pelamar pekerjaan atau pun perusahaan, setidaknya ada dua hal. Berikut ini adalah fungsi dari CV:

- CV mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

- CV menjadi dokumen yang menetukan bahwa pelamar benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan. 


Struktur dan Contoh CV Barista

Sebagai hal yang penting, CV yang Anda ajukan untuk melamar sabagai barista harus manarik dan terlihat profesional. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan dengan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan yang Anda lamar.

Ketika menyusun CV, terdapat beberapa hal yang harus Anda masukan di dalamnya. Selain itu, Anda juga harus menyusun CV Anda secara runtut dan rapi. Sebelum kamu mulai menyusun CV akuntansi untuk melamar pekerjaan, Anda sebaiknya mengetahui struktur CV akuntansi terlebih dulu. Berikut ini adalah struktur dari CV Barista:

Data Diri
Data diri ini adalah hal penting yang harus kamu perhatikan benar-benar. Di dalam data diri ini, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda masukdan dan hal yang sebaiknya tidak perlu Anda masukan.

Yang wajib Anda masuk adalah: Nama, Jabatan, Email, Nomor Telepon, Alamat, dan Linked-in (pilihan).

Sementara untuk hal-hal yang sebaiknya tidak Anda masukan adalah sebagai berikut: Status pernikahan, Agama, Hobi, Tinggi badan, Berat badan.

Diskripsi Diri Barista Pemula

Deskripsi diri penting untuk Anda sertakan di dalam CV karena merupakan penilaian awal HRD untuk mengenal siapa dirimu. Tuliskan deskripsi tentang dirimu secara singkat, jelas, dan menarik. Tambahkan juga informasi mengenai pengalaman dan skill yang kamu miliki.

Contoh Diskripsi Diri Barista non Pengalaman:
Mahasiswa S1 Ekonomi di Universitas Indonesia. Memiliki antusias tinggi pada dunia kuliner dan minuman. Aktif dalam kegiatan organisasi bidang desain grafis.

Contoh Diskripsi Diri Barista Pemula:
Pecinta kopi dan memiliki pengalaman mumpuni membuat kopi di bisnis keluarga. Memiliki pengalaman magang di salah satu kedai kopi ibukota selama 2 tahun. Memiliki pengalaman dan sertifikasi membuat kopi dengan berbagai jenis sajian. Memiliki etos kerja tinggi dan kemampuan bekerja dalam tim.

Pengalaman Kerja (jika ada)
Deskripsikanlah pengalaman kerja dan pencapaianmu secara singkat. Namun kalau Anda tidak memilikinya, Anda tidak perlu memikirkanya.

Contoh:
Barista | Full time | Kopi Manis (2020-sekarang)

  • Membuat dan meracik kopi.
  • Mengatur dan menyiapkan bahan.
  • Membantu mengatur keuangan.


Pendidikan
Menyertakan pendidikan formal ke dalam CV akuntan sangatlah penting. Pendidikan formal maksudnya adalah seperi di universitas maupun pendidikan SMA/SMK. Tuliskan prestasi dan projek yang pernah kamu kerjakan, serta nilai IPK kamu jika bagus.

Kemampuan/Skill
Tuliskanlah juga rincian keahlian akuntansi di CV Anda, baik dalam bentuk hard maupun soft skill. Berikut adalah contoh kemampuan akuntansi hard skill dan soft skill yang bisa kamu tuliskan ke CV Anda:

Keterampilan teknis pada CV barista:

  • Kemampuan bahasa asing: Inggris.
  • Kemampuan menyeduh kopi gaya espresso, latte, dll.
  • Kemampuan menyeduh kopi manual; pour over, aeropress, dll.
  • Kemampuan proses roasting dan cupping kopi.
  • Kemampuan manajemen bahan dasar dan alat kopi.


Informasi tambahan (bersifat pilihan)
Informasi lainnya seperti lisensi, sertifikasi, kegiatan volunteer, dan kegiatan relevan lainnya juga dapat kamu masukkan dalam CV Anda. Contohnya adalah: 

  • Pengalaman berorganisasi.
  • Sertifikat kursus barista.
  • Sertifikat seminar bisnis kedai kopi/kafe.
  • Minat dan hobi pribadi.


Setelah Anda mengetahui struktur dari CV yang akan Anda buat, mungkin ada baiknya jika Anda melihat beberapa contoh dari CV Akuntansi. Berikut ini adalah contoh-contohnya:

1, contoh

Daun.id

istimewa

2. contoh 2

Daun.id

istimewa

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya