6 Amalan Malam Jumat Bulan Ramadhan, Berlimpah Pahala dan Penuh Berkah

"Ketahui amalan yang dapat dilakukan pada malam Jumat Ramadhan."

Life | 30 March 2023, 18:16
6 Amalan Malam Jumat Bulan Ramadhan, Berlimpah Pahala dan Penuh Berkah

Malam Jumat selalu menjadi malam yang istimewa bagi umat Islam, karena pada malam itu terdapat banyak keutamaan dan keberkahan yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Di bulan Ramadhan, malam Jumat memiliki keistimewaan yang lebih besar lagi, karena bulan ini adalah bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Seperti dalam hadis berikut:

"Sebaik-baik hari yang disinari matahari adalah hari Jumat. Pada hari itu, Nabi Adam AS diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu pula ia dikeluarkan darinya. Tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR At Tirmidzi)

Amalan malam Jumat bulan Ramadhan

Berikut adalah beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam Jumat di bulan Ramadhan untuk memperoleh pahala dan keberkahan yang berlimpah:

1. Membaca surat Al-Kahfi
Daun.id

Sumber: Pexels.com

"Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat." (HR. Imam al-Hakim)

Membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat di bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang besar di sisi Allah SWT. Dalam hadits disebutkan bahwa siapa saja yang membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka akan mendapatkan cahaya di antara dua Jumat.

2. Memperbanyak shalawat

"Sesungguhnya paling utamanya hari kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari itu, karena sesungguhnya shalawat kalian di perlihatkan kepadaku.

Para sahabat bertanya, bagaimana mungkin shalawat kami dapat tersampaikan kepadamu, sedangkan engkau sudah wafat?. Rasul menjawab: sesungguhnya Allah SWT, mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi". (HR. Abu Daud).

Memperbanyak shalawat pada malam Jumat di bulan Ramadhan juga memiliki keutamaan yang besar. Dalam hadits disebutkan bahwa siapa saja yang memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW pada malam Jumat, maka Allah SWT akan memberikan keberkahan kepada dirinya dan keluarganya.

3. Memperbanyak dzikir

Memperbanyak dzikir pada malam Jumat di bulan Ramadhan juga dapat menjadi amalan yang sangat baik. Dalam hadits disebutkan bahwa siapa saja yang memperbanyak dzikir pada malam Jumat, maka Allah SWT akan memberikan keberkahan kepada dirinya dan keluarganya.

4. Membaca doa

Membaca doa pada malam Jumat di bulan Ramadhan juga dapat menjadi amalan yang sangat baik. Umat Islam dapat membaca berbagai doa, seperti doa untuk memohon ampunan, doa untuk memohon rezeki, doa untuk memohon kesembuhan, dan doa-do lain yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Bersedekah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

"Sedekah itu akan dilipatgandakan di hari Jumat dan makna sedekah adalah semua tidak terkecuali." (HR.Ibnu Abi Shaybah).

Seperti dalam hadis tersebut, Rasulullah menganjurkan supaya kita melaksanakan sedekah di hari Jumat. Terlebih jika dilaksanakan di bulan Ramadhan, tentu pahalanya akan berlipat ganda.

6. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran pada malam Jumat di bulan Ramadhan juga sangat dianjurkan. Umat Islam dapat membaca ayat-ayat Al-Quran yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya