6 Ayat tentang Amalan di Bulan Ramadhan, Pahami Agar Raih Keutamaan Bulan Suci

"Raih keutamaan bulan Ramadhan dengan melakukan berbagai amalan."

Life | 03 April 2023, 18:09
6 Ayat tentang Amalan di Bulan Ramadhan, Pahami Agar Raih Keutamaan Bulan Suci

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam yang ditandai dengan ibadah puasa yang dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Puasa Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi umat muslim yang telah baligh dan sehat secara fisik dan mental. Selama bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan berbagai aktivitas yang dianggap membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan yang penuh berkah, di mana umat muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan amalan baik, seperti membaca Al-Qur'an, bersedekah, dan melakukan amal kebajikan lainnya. Selain itu, pada bulan Ramadhan juga dilaksanakan malam Lailatul Qadar yang dianggap sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, di mana amal kebaikan yang dilakukan pada malam tersebut akan dilipatgandakan pahalanya. Di sisi lain, kamu harus mengetahui beberapa ayat mengenai amalan bulan Ramadhan.

Ayat tentang amalan di bulan Ramadhan

Adapun beberapa ayat tentang amalan di bulan Ramadhan, yakni:

1. Berpuasa di bulan yang penuh berkah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Amalan yang dapat dilakukan saat bulan Ramadhan salah satunya ialah menjalankan puasa penuh sebab dapat memperoleh keberkahan. Hal ini seperti sabda Rasulullah yang berbunyi:

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Rasulullah SAW bersabda: "Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan." (HR. Ahmad)

2. Berdoa

Amalan selanjutnya yang dapat dilakukan ialah dengan berdoa kepada Allah, seperti dalam firman Allah SWT berbunyi:

وَبِالۡاَسۡحَارِ هُمۡ يَسۡتَغۡفِرُوۡنَ

Artinya: "Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)." (QS. Al-Dzaariyat: 18)

3. Menghidupkan malam Lailatul Qadar

Amalan yang dapat dilakukan saat Ramadhan lainnya seperti menghidupkan malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar juga dikenal sebagai malam kemuliaan yang lebih baik dibandingkan seribu bulan. Seperti firman Allah di surat Al-Qadr ayat 3, bunyinya:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Artinya: “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan“. (QS. Al-Qadr: 3).

4. Bersedekah

Bersedekah merupakan hal yang dapat menjadi amalan saat bulan Ramadhan. Amalan ini disebut paling mulia dilakukan saat Ramadhan seperti dalam hadis berbunyi:

Rasulullah SAW pemah ditanya; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah dibulan Ramadhan.” (HR Tirmidzi)

5. Memberi makan orang yang berpuasa
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Amalan bulan Ramadhan yang bisa dilakukan lainnya seperti memberi makan orang yang tengah berpuasa. Hal ini sesuai dengan hadis berikut:

مَنْ فَطَرَ صَائِمًا كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أجْرِ الصَّا ئِمِ لَا يَنْقُصَ مِنْ أجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ

Artinya: "Barangsiapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut." (HR. Ahmad)

6. Menunaikan umrah yang sama dengan pahala haji

Menunaikan umrah dapat menjadi amalan di bulan Ramadhan terakhir. Dengan menjalankannya di bulan Ramadhan pahalanya sama dengan haji, seperti hadit Rasulullah SAW, berbunyi:

فَإِنَّ عُمْرَةَ فِيْ رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Artinya: "Sesungguhnya umrah dibulan Ramadhan sama dengan pahala haji." (HR Bukhari)

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya