10 Pekerjaan Kuno yang Kini Telah Punah: Apa yang Terjadi?

"Banyak pekerjaan manusia yang kini diambil alih oleh mesin. Jika kita tidak memiliki skill yang unggul, suatu hari nanti kita bisa tergantikan. Jangan biarkan dirimu ketinggalan!"

Life | 08 January 2024, 04:30
10 Pekerjaan Kuno yang Kini Telah Punah: Apa yang Terjadi?

Mencari Pekerjaan di Era Digital: Skill yang Mumpuni Dibutuhkan

Saat ini, mencari pekerjaan di era digital membutuhkan skill yang mumpuni. Tidak hanya hasil akademis yang baik, tetapi juga kemampuan khusus yang dapat membedakan seseorang dari yang lain. Perkembangan teknologi yang pesat telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk dunia kerja. Banyak pekerjaan manusia yang dulunya dilakukan secara manual kini telah diambil alih oleh mesin. Jika seseorang tidak memiliki skill yang baik, maka mereka berisiko tergantikan oleh teknologi.

Pada zaman sebelum teknologi berkembang, banyak pekerjaan yang dilakukan manusia secara manual. Pekerjaan-pekerjaan ini seringkali berbahaya dan dapat mengancam nyawa mereka. Namun, di zaman sekarang, pekerjaan-pekerjaan semacam itu sudah tidak ditemukan lagi. Perkembangan teknologi telah menggantikan pekerjaan-pekerjaan tersebut dengan mesin yang lebih efisien dan aman.

Berikut adalah 10 pekerjaan yang dulunya pernah ada tetapi sekarang sudah punah:

1. Pinsetter Arena Bowling

Pinsetter arena bowling adalah pekerjaan yang dilakukan oleh anak laki-laki muda di arena bowling. Tugas mereka adalah memasang pin, mengatur ulang pin bowling, membersihkan pin yang jatuh, dan mengembalikan bola bowling ke pemain. Pekerjaan ini seringkali dilakukan pada malam hari dan memberikan bayaran rendah. Namun, dengan perkembangan teknologi, mesin telah mengambil alih tugas ini.

![Pinsetters arena bowling](https://www.tamanpendidikan.com/storage/zgDM4C1HWOYqiWZqh6sIXeZ8Ig5sTEXjJzmd8fGf.jpeg)

2. Jam Alarm Manusia

Sebelum adanya jam alarm yang murah dan mudah didapatkan, orang-orang masih membutuhkan bantuan untuk bangun pagi. Oleh karena itu, pekerjaan jam alarm manusia muncul. Mereka dipekerjakan untuk memastikan orang-orang bangun tepat waktu untuk pekerjaan mereka. Mereka akan menggunakan tongkat, pentungan, atau kerikil untuk mengetuk jendela dan pintu klien.

![Jam Alarm Manusia](https://www.tamanpendidikan.com/storage/hYrIezfpONjzzQg0uXMCXIVxPm59CIgHI3TUiaCw.jpeg)

3. Ice Cutter atau Pemotong Es

Sebelum teknik pendinginan modern tersedia, para pemotong es akan mengambil es dari danau beku untuk digunakan di ruang bawah tanah dan lemari es. Pekerjaan ini sangat berbahaya karena dilakukan dalam kondisi ekstrem.

![Cutting Ice on the river](https://www.tamanpendidikan.com/storage/eKaOW9f1VveJoCXdLscbS7KTHbcAxQAT2r0PPm2S.jpeg)

4. Pendengar Pra-radar Untuk Pesawat Musuh

Sebelum penemuan radar, pasukan pertahanan udara menggunakan cermin akustik dan alat pendengar sebagai perangkat peringatan dini untuk mendeteksi pesawat musuh dengan mendengarkan suara mesin mereka.

![Pendengar](https://www.tamanpendidikan.com/storage/EhpoxBgINfTEf3XLznba4AWHiVMtiCL3CjmoWgck.jpeg)

5. Rad Catcher atau Penangkap Tikus

Rad Catcher dipekerjakan di Eropa untuk mengendalikan populasi tikus. Pekerjaan ini sangat berisiko karena mereka berhadapan dengan sengatan dan infeksi, tetapi mereka membantu mencegah penyebaran tikus ke masyarakat.

![Penangkap Tikus](https://www.tamanpendidikan.com/storage/swcweuQNqlVpqtJmyXYMFH8s2Z80LIyHh45E0tAV.jpeg)

6. Lamplighter atau Penyala Lampu

Sebelum adanya lampu listrik, penyala lampu dipekerjakan untuk menyalakan, memadamkan, dan mengisi bahan bakar lampu jalan. Mereka menggunakan tiang panjang untuk menerangi jalan-jalan.

![Lamplighter](https://www.tamanpendidikan.com/storage/MmL7xQMeJlt178PMszbr0Yw8GjmK49hMnVGauL5r.jpeg)

7. Log Driver

Sebelum teknologi dan infrastruktur yang memadai, pengemudi kayu gelondongan akan mengapungkan kayu-kayu tersebut melalui sungai dari lokasi penebangan ke daerah pengolahan.

![Log Driver](https://www.tamanpendidikan.com/storage/T4q8g7ctx9djFU3T0bMftmtbiT03v7YomjDjewgM.jpeg)

8. Operator Switchboard

Operator switchboard adalah bagian penting dari operasi jaringan telepon sebelum teknologi modern menggantikannya. Mereka bertugas menghubungkan panggilan jarak jauh dan melakukan tugas-tugas lain yang sekarang dilakukan secara digital.

![Operator Switchboard](https://www.tamanpendidikan.com/storage/uZC2JUwmo02EeWocAxjYPWfsnrmGjcBZ3cV644sd.jpeg)

9. Resurrectionist atau Kebangkitan

Pada abad ke-19, kaum kebangkitan atau "penjambret tubuh" dipekerjakan untuk memindahkan mayat dari kuburan untuk digunakan oleh universitas sebagai bahan studi. Universitas kesulitan mendapatkan jenazah secara legal, sehingga mereka harus menggunakan cara lain.

![Resurrectionist](https://www.tamanpendidikan.com/storage/33SPvbasOl3BQy3ydTQjpubU7ZW8PZVA6Wb0ILTX.png)

10. Dosen yang Menghibur Pekerja Pabrik

Dalam beberapa kasus, pekerja pabrik akan mengumpulkan uang untuk mempekerjakan seorang dosen yang akan membacakan cerita atau membawakan hiburan lainnya di ruang kerja mereka.

![Dosen yang Menghibur Pekerja Pabrik](https://www.tamanpendidikan.com/storage/BrLFx3K7DpwCaXsT6oxjMY5I2A9WLsoWDqVxNvLN.jpeg)

Itulah 10 pekerjaan yang dulunya pernah ada tetapi sekarang sudah punah. Perkembangan teknologi telah mengubah dunia kerja secara drastis, menggantikan pekerjaan-pekerjaan tradisional dengan mesin yang lebih efisien. Penting bagi kita untuk terus mengembangkan skill yang relevan agar tetap bersaing di era digital ini.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya