7 Cara Mengatasi Pencemaran Air, Ketahui Penyebab dan Dampaknya

"Air termasuk salah satu elemen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup, jika air tercemar maka dapat mempengaruhi keberlangsungan makhluk hidup."

Life | 15 January 2022, 17:57
7 Cara Mengatasi Pencemaran Air, Ketahui Penyebab dan Dampaknya

Pencemaran tidak saja terjadi pada udara, akan tetapi juga terjadi pada air. Kali ini pencemaran air termasuk masalah yang serius, karena air punya peran penting terhadap berlangsungnya eskosistem kehidupan makhluk hidup.

Mengutip UU No. 23 Tahun 1997, pencemaran air merupakan kondisi menurunnya kualitas air yang diakibatkan masuknya makhluk hidup, zat, dan energi ke dalam air akibat aktivitas manusia. Penyebab terjadinya pencemaran air juga berbagai ragam.

Pencemaran air juga dapat dimaknai suatu proses masuknya suatu komponen baik itu berupa bahan kimia ataupun bahan non kimia, seperti logam berat, obat-obatan, serta macam-macam limbah. Permasalahan pencemaraan air merupakan tanggung jawab bersama bagi setiap manusia.

Air memiliki banyak manfaat bagi sumber kehidupan, selain untuk dikonsumsi tetapi juga berguna untuk kebutuhan yang lain. Seperti mandi, memasak, dan kebutuhan lain sebagainya. Jika air sudah tercemar, dapat memiliki rasa yang berbeda, bahkan juga berdampak untuk kesehatan makhluk hidup.

Tidak hanya manusia yang terdampak, hewan bahkan tumbuhan juga dapat terdampak akibat pencemaran air. Jika kondisi ini terus terjadi juga dapat menyebabkan kepunahan terhadap tumbuhan dan hewan.

Mengenal penyebab terjadinya pencemaran air

Penyebab pencemaran air juga dapat disebabkan oleh macam-macam limbah, seperti limbah domestik rumah tangga. Hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan industri yang berkembang dengan pesat.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab pencemaran air :

1. Limbah domestik rumah tangga

Pada umumnya, limbah domestik rumah tangga terbagi menjadi dua, yaitu organik dan anorganik. Limbah organik domestik berupa sisa makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Sedangkan limbah anorganik berupa plastik, kaleng, dan lain-lain. Jika beberapa limbah tersebut dibuang secara sembarangan dapat menyebabkan pencemaran air.

2. Limbah kimia pertanian

Penggunaan pupuk pertanian yang berbahan kimia yang digunakan untuk hama secara berlebihan memiliki dampak yang buruk bagi kondisi air yang ada di tanah. Selain itu juga dapat mempengaruhi kesuburan tanah.

3. Limbah industri

Limbah akibat industri juga dapat menjadi pemicu terjadinya pencemaran air. Bahkan dapat mengubah warna air yang jernih menjadi keruh, bahkan juga dapat mengubah warna air menjadi hitam.

4. Pembuangan sampah sembarangan

Daun.id

sumber; pexels

Sampah yang dibuang secara sembarangan dapat menyebabkan pencemaran air. Maka sampah harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi pemicu terjadinya pencemaran air.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran air, maka kelola beberapa macam limbah di atas dengan baik agar tidak dapat menyebabkan pencemaran air.

Cara mengatasi pencemaran air

Pencemaran air menyebabkan air tidak dapat difungsikan kembali dengan baik, karena rasa, warna sudah mengalami perubahan. Selain itu juga tidak bisa dikonsumsi, hal ini harus segera diatasi dengan beberapa cara.

Berikut ini cara mengatasi pencemaran air :

1. Mengelola penggunaan air

Penggunaan air dengan bijak dapat dijadikan salah satu cara mengatasi pencemaran air. Misalnya, menggunakan air untuk mandi, mencuci, dan kebutuhan lainnya. Mulailah menggunakan air secukupnya, guna mengatasi pencemaran air.

2. Mengurangi penggunaan bahan kimia pembasmi hama

Daun.id

sumber; pexels

Dalam membasmi hama, biasanya sering menggunakan pestisida. Pestisida merupakan bahan yang digunakan untuk mengendalikan, membasmi, atau menolak suatu hama. Penggunaan pestisida secara berlebihan dapat menyebabkan pencemaran air, sehingga mengurangi penggunaan pestisida secara berlebihan dapat mengatasi pencemaran air.

3. Reboisasi atau menanam pohon kembali

Pohon memiliki fungsi yang sangat baik untuk menyerap bahan kimia yang tercampur dengan air. Sebaiknya menanam banyak pohon di sekitar sumber air untuk mengatasi pencemaran air. Atau bisa dengan menanam pohon di sekitar rumah.

4. Tidak membuang bahan kimia secara sembarangan

Bahan kimia yang dibuang secara sembarangan dapat menyebabkan pencemaran air. Beberapa hal yang mengandung bahan kimia ialah minyak cat, hingga obat-obatan. Tidak membuang sampah kimia secara sembarangan dapat mengatasi pencemaran air.

5. Hindari membuang sampah sembarangan

Daun.id

sumber; pexels

Sampah juga dapat menyebabkan pencemaran air, apalagi sampah domestik rumah tangga. Pembuangan sampah sembarangan bisa menjadi penyebab utama pencemaran air. Tidak membuang sampah sembarangan atau mengelola sampah dengan baik dapat mengatasi pencemaran air.

6. Menjaga kualitas air sungai

Daun.id

sumber; pexels

Sebagian besar penduduk masih menggunakan air sungai untuk menggunakan beberapa macam kebutuhan, seperti pertanian, mencuci dan lain-lain. Menjaga kejernihan air sungai dapat mengatasi pencemaran air, salah satunya cara bisa dengan menanam pohon di sekeliling sungai.

7. Membangun kesadaran bersama

Kesadaran bersama merupakan salah satu cara yang paling utama untuk dilakukan guna mengatasi pencemaran air. Adanya kesadaran bersama antara masyarakat, pemerintah, dan pelaku industri dalam menjaga kebersihan lingkungan dapat mengatasi pencemaran air.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pencemaran air. Untuk mengatasi masalah pencemaran air tidak bisa dilakukan sendiri, penting untuk membangun upaya kesadaran bersama masyarakat dan pejabat serta pelaku industri.

Dampak pencemaran air

Dampak dari tercemarnya air bisa menyebabkan beberapa kemungkinan, salah satunya kualitas air yang memburuk. Berikut ini beberapa dampak pencemaran air :

Daun.id

sumber; pexels

- Mengganggu ekosistem kehidupan air.

- Kualitas air yang ada di dalam tanah mengalami penurunan.

- Menimbulkan beberapa penyakit yang menular, dan dapat membahayakan keselamatan makhluk hidup.

- Dapat memicu kerusakan lingkungan, bahkan mengurangi kenyamanan dan keindahan lingkungan.

Demikian beberapa dampak yang ditimbulkan akibat pencemaran air. Mari membangun kesadaran bersama dalam mencegah pencemaran air, guna menyelamatkan keberlangsungan hidup untuk semua makhluk.

(rian adi kurniawan/pexels)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya