Cara Mendapatkan Lailatul Qadar ala Gus Baha: Bukan Jumlah Sholat yang Penting, tapi Begini

"Cara mendapatkan Lailatul Qadar ala Gus Baha dengan mudah dan sederhana. Bukan jumlah sholat yang penting, tapi begini caranya."

Life | 06 April 2024, 03:11
Cara Mendapatkan Lailatul Qadar ala Gus Baha: Bukan Jumlah Sholat yang Penting, tapi Begini

Pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, tiap muslim berburu kebaikan. Sebab, Allah SWT menganugerahkan satu malam yang istimewa yakni, malam Lailatul Qadar. Sebuah malam yang jika diisi dengan ibadah keutamaannya lebih daripada seribu bulan.

Malam Lailatul Qadar begitu agung. Tidak heran kalau banyak muslim yang memburunya, sebagaimana telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bukan hanya menganjurkan, Nabi SAW juga telah mencontohkan.

Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al-Qur’an pertama kali ke langit dunia atau Baitul Izzah. Setelah itu, Al-Qur’an diturunkan secara berangsur kepada Nabi Muhammad SAW.

Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan keberkahan. Allah SWT berfirman dalam QS Ad-Dukhan ayat 3, yang artinya, “Sesungguhnya kami turunkan Al-Qur’an itu pada malam yang penuh berkah (malam Lailatul Qadar)”.

Semua orang berlomba untuk meraih malam Lailatul Qadar. Namun bagi ulama asal Rembang Jawa Tengah, KH Ahmad Bahauddin Nursalim, Gus Baha, lailatul qadar seolah-olah tidak perlu disikapi secara berlebihan, cukup dengan mudah dan sederhana.

Dalam unggahan video singkat di platform media sosial TikTok @HALHALAT, Gus Baha mengatakan, “Alamate bengi lailatul qadar esuke srengenge ra patio panas.”

Dalam pembukannya, Gus Baha menjelaskan bahwa ada pendapat mengenai ciri-ciri datangnya malam Lailatul Qadar, paginya matahari tak terlalu panas.

Menurut Gus Baha, sebenarnya pernyataan tersebut sudah tidak ada gunanya. Sebab, malamnya sudah terlewati.

Bagi Gus Baha, Nabi Muhammad sudah mengatakan jika bulan Ramadhan, malamnya tarawih tidak dengki tidak maksiat, maka otomatis mendapat Lailatul Qadar.

Ia juga menyatakan, jika pendapat Sayidina Umar jauh lebih mudah lagi, orang yang sholat isya berjamaah itu sama saja dengan qiyamul lail semalam. Tidak perlu sholat tahajud, sholat witir.

“Yang terpenting sholat Isya berjamaah, kui wes podo karo qiyamul lail, sudah setara dengan itu semua,” katanya.

“Ora usah sholat kakehan, biasa mawon,” ujarnya yang artinya tak perlu sholat kebanyakan, biasa saja.

Justru dengan biasa itu, lanjut Gus Baha itu ghufronnya Pangeran (ampunan Allah).

“Kok mekso sholate akeh, wes akeh malah ora ketompo Pangeran. Kowe anggep Pangeran koyo pulisi, kakehan aturan. Pangeran iku ra koyo ngono kui,” ujarnya.

Secara singkat Gus Baha menyatakan, lailatul qadar itu keyakinan ulama kalau orang yang berpuasa tidak fasik, dan jamaah isya.

“Mpun dianggep angsal lailatul qadar. Orientasine mung golek ridhane gusti Allah,” tandas Gus Baha.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya