12 Cara Mengatasi Flek di Wajah yang Berkepanjangan secara Mudah

"Santan tenyata dapat mengatasi flek di wajah, lo."

Life | 10 March 2022, 14:56
12 Cara Mengatasi Flek di Wajah yang Berkepanjangan secara Mudah

Munculnya bintik yang terletak di wajah tentu merupakan hal yang ingin dicegah. Riset yang diterbitkan The American College of Obstetricians and Gynecologists menyatakan bahwa, zat melanin pada tubuh dapat mengalami peningkatan ketika fase kehamilan, sehingga bisa menimbulkan bintik atau bercak hitam (dark spots) pada wajah.

Beberapa penyebab timbulnya flek di wajah yang berkepanjangan:

1. Terlalu sering terpapar sinar UV

Dikutip dari Verywell Health, terkena sinar UV secara berlebihan biasanya aspek utama timbulnya flek hitam di area muka. Tidak hanya dari matahari, kamu juga dapat terpapar sinar UV dari beberapa sumber lainnya misalnya lampu ruangan, layar komputer, atau layar TV. Apabila kamu sering terkena sinar UV, utamanya dengan jangka yang tinggi tanpa memakai tabir surya, kamu memiliki risiko terdampak hiperpigmentasi sehingga flek hitam timbulnya di wajah.

2. Melasma

Melasma adalah penyakit kulit yang dimunculkan karena perubahan hormon sehingga memberikan perubahan warna. Pada umumnya, penyakit ini ditemukan pada wanita hamil.

3. Konsumsi obat-obatan

Adapun berbagai obat yang dikonsumsi dapat mengakibatkan efek samping timbulnya flek hitam pada wajah. Obat-obatan itu, yakni antibiotik, obat bagi detak jantung yang tidak beraturan, obat penyakit mental, obat anti kejang, ataupun obat infeksi. Meskipun tidak semua obat-obatan itu mempunyai efek samping mengakibatkan flek hitam. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter atau apoteker dulu sebelum membeli obat atau saat mengambil obat itu, agar mengetahui apa saja efek sampingnya.

Nah, kamu dapat menggunakan 11 cara ini untuk menghilangkan flek hitam:

1. Menggunakan masker oatmeal

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi flek di wajah yang berkepanjangan ialah dengan masker oatmeal. Oatmeal merupakan makanan yang disukai oleh mereka yang melakukan diet atau menerapkan gaya hidup sehat. Menu sehat ini cukup simple dibuat. Kamu hanya cukup menyeduhnya dengan air hangat sampai jadi bubur.

Tahukah kamu? Ternyata, oatmeal juga begitu mudah dijadikan masker sebagai solusi menghilangkan flek hitam pada muka. Kamu cukup menumbuk dan mencampurnya bersama air perasan lemon sampai berbentuk pasta.

2. Kunyit, tepung, dan air beras

Pure Fiji memberikan rekomendasi campuran tepung, kunyit, dan air beras dengan cara menghilangkan flek hitam secara alami berikutnya yang dapat kamu coba. Caranya dengan mencampurkan 2 sdm tepung, 2 sdm air beras, dan 1 sdt kunyit. Seusai tercampur rata, oleskan di area flek hitam. Tunggu sekitar 20 menit, agar bahan tersebut dapat diserap kulit secara maksimal. Kemudian yang terakhir, basuh wajah dan pakai pelembab yang biasa digunakan.

3. Lidah buaya

Berdasarkan ahli kecantikan Kim Chang dari Baylor Aesthetics Studio, lidah buaya mempunyai kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, enzim, dan anti-inflamasi yang bisa mengurangi flek hitam, menyembuhkan luka bakar, serta dapat mencegah timbulnya jerawat.

4. Oleskan susu atau yogurt

Asam laktat dalam susu atau yogurt mempunyai manfaat yang bisa mengakibatkan perubahan warna atau menyembuhkan flek hitam pada kulit. Kamu dapat merendam bola kapas pada susu dan mengaplikasikannya di bercak kulit yang gelap sekitar dua kali sehari supaya hasilnya efektif. Jika  menggunkan yogurt kamu tinggal mengaplikasikan pada daerah kulit wajah yang ada flek hitamnya.

5. Santan
 
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Santan merupakan cara mengatasi flek di wajah yang berkepanjangan lainnya. Adapun berbagai fungsi santan dalam kecantikan wajah, yakni melembapkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, menekan timbulnya jerawat, dan manfaat lainnya.

6. Putih telur

Cara mengatasi flek di wajah yang berkepanjangan berikutnya memakai putih telur. Dalam putih telur terdapat enzim lysozom. Zat ini bisa membersihkan sel kulit mati dan debu. Dengan begitu, cukup efektif untuk membersihkan bekas jerawat dan flek hitam. Kamu cukup menyediakan telur, lalu pisahkan putih dengan kuningnya. Setelah itu, kocok putih telur sampai mengembang. Aplikasikan di area bekas luka dan jerawat. Tunggu sekitar 10 menit, kemudian cuci menggunakan air hangat.

7. Bawang merah

Cara mengatasi flek di wajah yang berkepanjangan selanjutnya adalah menggunakan bawang mewah. Ekstrak bawang merah (Allium cepa) merupakan bahan dalam beberapa krim pemutih kulit dan bekas luka yang terhadir secara komersial.

Dalam sebuah penelitian, membuktikan bahwa kulit bawang merah kering secara efektif bisa membuat kulit menjadi cerah. Pilih krim untuk hiperpigmentasi yang terdapat Allium cepa dan pakai sesuai prosedur.

8. Bawang bombai

Sudah tahukah kamu? Bawang bombai dapat menjadi cara mengatasi flek di wajah yang berkepanjangan. Bawang bombai bisa dipakai untuk eksfoilator dalam membuat kulit tampak cerah. Cukup aplikasikan bawang bombai di wajah yang terdapat flek hitam. Lalu, basuh muka menggunakan air hangat.

9. Tomat

Dalam tomat terdapat lycopene yang cukup baik dalam membuat cerah warna kulit, mencegah radikal bebas, dan mengatasi flek di wajah yang berkepanjangan. Selain itu, kamu juga bisa memakainya sebagai masker.

10. Jus wortel

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi flek di wajah yang berkepanjangan ialah memakai jus wortel. Kamu dapat memotong wortel dan memasukkan wortel ke mesin jus. Siapkan sarinya dan minumlah dengan rutin. Wortel yang terdapat provitamin A yang mempunyai khasiat dalam melembabkan dan mengobatkan kulit kasar dan flek hitam di wajah.

11. Jangan memencet jerawat

Dikutip dari majalah Dermascope, flek hitam di kulit wajah kita dapat timbul akibat reaksi dari kulit usai mengalami luka. Jerawat disangka oleh sistem kekebalan kulit wajah sebagai kerusakan kulit yang perlu dibasmi sehingga usai timbul jerawat, kemungkinan dapat timbul flek hitam. Saat kamu memencet jerawat, kulitmu dapat kian rusak yang menimbulkan flek hitam semakin besar dan gelap.

12. Jangan lupa memakai krim malam

Cara mengatasi flek di wajah yang berkepanjangan yang terakhir ialah rutin memakai krim malam. Perlu dipahami bahwa kulit umumnya memperbaiki dan meremajakan ketika kita tidur. Mengoleskan krim malam bisa menjadikan vitamin yang tepat, mencapai sel-sel kulit dan bersinar dari dalam. Adapun beberapa bahan pada krim malam yang bisa membantu meringankan bintik hitam seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya