7 Cara Mengatasi Kulit Berminyak Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

"Kulit berminyak tidak saja dialami oleh laki-laki, namun juga dapat terjadi pada perempuan tanpa tidak mengenal jenis kelamin."

Life | 09 March 2022, 20:40
7 Cara Mengatasi Kulit Berminyak Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Setiap kali seseorang merawat kulit, pada umumnya seorang perempuan cenderung lebih rajin daripada laki-laki. Hal ini dapat diduga, tak sedikit laki-laki yang kerap mengalami permasalahan kulit, salah satunya kulit berminyak. Terlebih, rata-rata seorang laki-laki biasanya lebih banyak menghabiskan waktunya di luar ruangan sehingga rentan terpapar sinar matahari dan debu-debu.

Jika sudah dalam kondisi ini kulit dapat terasa lengket, mengilap, dan terkadang tumbuh jerawat. Kondisi ini kerap kali dialami pemilik kulit yang berminyak secara berlebihan. Namun, mencuci kulit saja tidak cukup untuk mengatasi beberapa keluhan yang muncul akibat kulit berminyak. Hal ini memerlukam perawatan yang tepat dan rutin agar kulit tetap bersih dan terjaga kesehatannya.

Kulit yang berminyak secara berlebihan dapat juga mengusam, hal ini merupakam kondisi yang sering dialami oleh laki-laki. Begitu juga dengan perempuan, masalah kulit seperti ini tentu dapat mengurangi rasa percaya diri. Ada beberapa penyebab utama seseorang mengalami kulit berminyak secara berlebihan, mulai dari faktor genetik dan perubahan hormon.

Namun, stres dan pola hidup kurang sehat seperti kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol, kondisi ini dapat memicu produksi minyak berlebih dalam tubuh. Sebenarnya, produksi sebum alias minyak pada kulit itu juga penting guna menjaga kelembapan alami kulit. Akan tetapi jika terjadi secara berlebihan, terutama pada kulit wajah, tentu dapat menimbulkan masalah dengan tumbuh jerawat.

Mengenal penyebab kulit berminyak

Selain beberapa penjelasan di atas, kulit berminyak juga dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan kondisi. Mulai dari cara perawatan, gangguan hormon, hingga dikarenakan faktor keturunan. Berikut ini penyebab kulit berminyak yang dapat diketahui :

Daun.id

sumber; pexels

- Perawatan kulit yang kurang tepat, dalam melakukan perawatan kulit wajah, seseorang tidak bisa dengan sembarangan menggunakan produk kecantikan. Penting untuk diketahui sebelum membeli produk kecantikan, seseorang harus dapat mengetahui jenis produk yang cocok untuk kondisi kulit. Perawatan kulit, khususnya wajah yang kurang tepat dapat menimbulkan kulit minyak secara berlebihan.

- Sering mengonsumsi makanan berminyak, pola makan yang kurang sehat juga dapat memiliki risiko atau pengaruh terhadap timbulnya kulit berminyak secara berlebihan. Hal ini dapat disebabkan, salah satunya mongonsumsi makanan yang berminyak secara berlebihan dapat diketahui juga bisa memicu minyak berlebihan pada kulit. Kurangilah konsumsi makanan beminyak secara berlebihan.

- Kondisi cuaca ekstrim, cuaca yang ekstrim juga dapat menyebabkan timbulnya kulit berminyak secara berlebihan. Misalnya cuaca pada saat kemarau yang terasa sangatlah panas, cuaca yang seperti itulah dapat memicu timbulnya minyak berlebihan. Selain cuaca yang sangat panas, cuaca yang terlalu dingin juga dapat menyebabkan kulit berminyak.

- Adanya gangguan hormon, seseorang yang sedang mengalami menstruasi dapat mengalami terjadinya gangguan keseimbangan hormon tertentu. Kondisi ini biasanya juga dapat memicu tumbuhnya jerawat pada kulit wajah. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon pada saat menstruasi yang menyebabkan timbulnya kulit berminyak secara berlebihan. Dan minyak dapat menyebabkan tumbuh jerawat.

- Faktor genetik atau keturunan, genetik juga dapat menjadi pemicu kulit berminyak secara berlebihan. Barangkali beberapa anggota keluarga salah satunya memiliki kulit berminyak secara berlebihan, maka bisa dipastikan penyebab kulit berminyak ini karena faktor keturunan. Terlebih jika pemilik kulit berminyak adalah orang tua, hal ini rentan akan menurun pada anaknya.

Itulah beberapa faktor atau kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya kulit berminyak secara berlebihan. Selain ada penyebab faktor alami, namun ada juga pengaruh yang non alami. Hindarilah beberapa penyebab yang non alami sehingga dapat terhindar dari kulit berminyak secara berlebihan.

Cara mengatasi kulit berminyak

Kulit berminyak tentunya tidak dapat dibiarkan begitu saja, terlebih kondisi ini dapat mengganggu penampilan yang dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Maka, harus segera diatasi melalui beberapa cara. Berikut ini cara mengatasi kulit berminyak :

1. Oleskan pelembab secara rutin

Daun.id

sumber; pixabay

Pilihlah beberapa pelembab kulit khusus untuk mengatasi kulit berminyak secara berlebihan, sehingga mendapat pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit. Pelembab kulit dibutuhkan untuk menjaga kelembapan area kulit, sehingga dapat membantu untuk mencegah timbulnya minyak secara berlebihan. Dalam hal ini oleskan pelembab pada kulit minimal dua kali dalam sehari.

2. Gunakan campuran putih telur dan jeruk nipis

Kandungan protein pada putih telur dapat membuat kulit terlihat lebih kenyal, selain itu juga dapat memutihkan kulit. Sedangkan kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat mengangkat minyak pada kulit, selain itu juga dapat mengangkat sel kulit mati. Campur air jeruk nipis menjadi satu, aduklah hingga merata. Setelah itu gunakan bermasker untuk kulit, jika sudah mengering bilas dengan air bersih.

3. Gel lidah buaya

Daun.id

sumber; pixabay

Dapat diketahui bahwa lidah buaya telah banyak digunakan sebagai bahan alami produk kecantikan. Lidah buaya dapat diakui mampu membuat kulit tampak cerah, selain itu juga bisa mengecilkan pori. Sehingga dapat mengurangi produksi minyak secara berlebihan. Caranya, pisahkan lidah buaya dan gel nya lalu usapkan gel nya pada kulit atau wajah. Sehingga dapat mengatasi minyak berlebihan.

4. Mengoleskan tabir surya

Oleskan abir surya pada kulit dapat diketahui bisa melindungi kulit dari paparan langsung oleh sinar matahari yang juga memicu timbulnya minyak. Selain itu tabir surya juga bisa dimaksimalkan untuk melindungi kulit dari sinar matahari penyebab kanker kulit. Sebelum beraktivitas di luar ruangan sebaiknya lindungi kulit dengan mengoleskan tabir surya, sehingga terlindungi dari kulit berminyak.

5. Cuci badan atau mandi secara rutin dan teratur

Daun.id

sumber; pixabay

Mencuci atau mandi dapat membersihkan badan secara menyeluruh, selain itu juga dapat menjaga kelembapan kulit. Sehingga dapat mengurangi keluarnya minyak secara berlebihan pada kulit. Dalam 1 hari usahakanlah mandi minimal dua kali, pagi dan sore. Sesudah bangun pagi dan sore hari, terutama sebelum tidur kondisi kulit harus bersih dan tidak berminyak. Mandi secara rutin dan teratur dapat mengatasi minyak berlebihan.

6. Keringkan kulit dengan lembut

Kulit berminyak dan berjerawat dapat diatasi dengan mengeringkan kulit secara lembut. Membersihkan kulit dengan lembut, agar dapat mengangkat sisa-sisa noda di kulit terangkat sepenuhnya. Tepuk-tepuk kulit secara perlahan untuk mengeringkannya, agar kulit terhindar dari gesekan kasar, karena hal tersebut dapat menyebabkan pori-pori wajah melebar dan menambah kemungkinan kulit berminyak secara berlebihan.

7. Gunakan oatmeal
 

Daun.id

sumber; pixabay

Oatmeal diketahui sebagai bahan yang dapat menyerap produksi minyak berlebih pada kulit. Menggunakan oatmeal juga termasuk cara mengatasi kulit berminyak secara aman, karena tidak akan membuat kulit iritasi. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antiinflamasi yang terdapat di dalam oatmeal. Gunakan oatmeal dapat mengatasi minyak berlebih.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit berminyak secara berlebihan. Jika dalam mengatasi mengalami kesulitan atau kulit berminyak sulit untuk dihilangkan. Sebaiknya meminta bantuan pada ahli perawatan kecantikan, sehingga mendapat resep dan perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya