11 Cara Mengatasi Migrain Sebelah Kanan dengan Tepat, Ini Penyebabnya

"Migrain sebelah kanan juga bisa dipicu penyakit berbahaya, lo."

Life | 09 March 2022, 12:19
11 Cara Mengatasi Migrain Sebelah Kanan dengan Tepat, Ini Penyebabnya

Sakit kepala merupakan rasa nyeri yang terjadi pada bagian mana saja pada kepala. Keluhan yang cukup umum muncul tersebut bisa terjadi sebentar atau bertahan dalam beberapa hari. Rasa nyeri yang timbul juga bisa datang dengan mendadak atau secara pelan.

Dalam sebagian kasus, sakit kepala terjadi hanya di satu sisi kepala. Sakit kepala sebelah kanan sampai leher contohnya, mungkin yang kamu rasakan. Keadaan ini biasanya terjadi karena sakit kepala tegang, tetapi dapat juga muncul akibat penyakit lain.

Adapun beberapa keadaan medis yang bisa mengakibatkan sakit kepala sebelah kanan, yakni:

1. Migrain kronis

Migrain jenis ini biasanya dialami orang dengan riwayat migrain berulang. Migrain kronis ditandai dengan gejala seperti sakit kepala di satu atau kedua sisi kepala dan rasa nyeri berdenyut, dengan intensitas rasa sakit sedang sampai parah.

Di awal terjadi migrain, kamu mungkin dapat merasakan gejala seperti sering menguap, peka terhadap cahaya, penurunan nafsu makan, kelelahan, lekas marah, dan leher kaku. Lantas, seusai satu sampai dua hari, barulah sakit kepala migrain terasa. Apabila sakit kepala migrain yang dialami telah berada pada tahap kronis, sehingga sakit kepala sebelah yang timbul dapat menyebar sampai ke leher.

2. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang (tension headache) adalah jenis migrain yang biasanya terjadi dan sering dikira sebagai sakit kepala biasa. Penderita umumnya merasakan sakit kepala di otot leher menegang, salah satu atau kedua sisi kepala, dan tekanan pada belakang mata. Sakit kepala tegang mampu terjadi dalam beberapa menit, jam, sampai beberapa hari.

Gejala umum dari sakit kepala tegang seperti nyeri ringan sampai sedang pada salah satu sisi kepala, mudah lelah, kesusahan saat beristirahat, dan kesusahan dalam fokus.

3. Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster bisa muncul secara berulang pada suatu periode waktu atau mengikuti pola tertentu. Sakit kepala cluster lebih sering dialami pria dan umumnya terjadi di usia dewasa muda.

Keadaan ini ditandai dengan rasa nyeri pada area mata yang menyebar sampai kepala, bahu, leher, atau wajah. Gejala lain ialah kemerahan di salah satu mata diikuti mata berair di sisi yang terjadi nyeri kepala.

4. Cedera kepala

Cedera kepala juga dapat menjadi salah satu penyebab migrain sebelah kanan. Cedera kepala bisa diakibatkan karena pukulan keras atau benturan benda tertentu di kepala.

Di sisi lain, cedera kepala berat dapat mengenai bagian otak apabila dikarenakan oleh benda yang bisa menembus tengkorak, contohnya peluru. Gejala fisik yang muncul karena cedera otak seperti kehilangan kesadaran dalam beberapa menit, mual, sakit kepala, dan muntah, hingga hilangnya koordinasi gerakan tubuh.

Tak hanya itu, gejala kognitif atau mental yang terjadi sebab keadaan ini ialah susah dalam mengingat atau berkonsentrasi, berubahnya suasana hati, sampai sering merasa cemas dan tertekan.

5. Meningitis (radang selaput otak)

Penyakit lain yang bisa menimbulkan migrain sebelah kanan ialah meningitis atau radang selaput otak. Meningitis ialah infeksi di meninges (selaput pelindung) yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang. Faktor penyebabnya yakni infeksi terjadi sebab bakteri, virus, atau jamur.

Meningitis memiliki gejala khas, contohnya sakit kepala berat, lemas, turunnya kesadaran, demam tinggi yang terjadi tiba-tiba, dan leher terasa kaku. Meningitis karena infeksi bakteri dan jamur merupakan keadaan serius yang perlu lekas memperoleh penanganan dari dokter.

6. Tumor otak

Migrain sebelah kanan juga dapat diakibatkan karena tumor otak. Tumor otak ialah pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam atau pada area otak. Gejala tumor cukup bermacam-macam sebab umumnya dipengaruhi karena jenis, lokasi, ukuran, dan pertumbuhan tumor.

Mengutip dari Healthline, jenis sakit kepala itu paling banyak terjadi oleh faktor gaya hidup, seperti:

- Stres
- Lelah
- Melewatkan makan
- Masalah otot pada leher
- Efek samping obat tertentu

Selanjutnya, kamu dapat mengatasi migrain sebelah kanan dengan cara yakni:

1. Hindari menguncir rambut dengan kencang

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi migrain sebelah kanan dapat dengan melonggarkan rambut yang dikuncir. Dengan melonggarkan ikatan rambut juga dapat menghilangkan sakit kepala sebalah kanan. Kamu juga dapat mengindari ikatan rambut ketika tidur supaya aliran darah di kepala berjalan secara baik dan kamu terhindar dari sakit kepala.

2. Pakai aroma terapi

Memakai aromaterapi, minyak essensial misalnya minyak lavender, kayu putih, atau peppermint guna mengatasi migrain sebelah kanan.

3. Kompres memakai handuk panas atau dingin

Cara mengatasi migrain sebelah kanan selanjutnya bisa dengan mengompres bagian belakang leher memakai handuk panas atau dingin. Lakukan layaknya kamu tengah mengompres anak saat demam.

4. Perbaiki posisi tubuh

Memperbaiki posisi tubuh ketika bekerja misalnya tidak terlalu sering membungkuk juga dapat mengatasi migrain sebelah kanan. Sebab ketegangan otot akibat salah posisi duduk bisa menimbulkan sakit kepala.

5. Olahraga dengan teratur

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berolahraga dengan rutin bisa mengurangi stres, faktor yang menyebabkan migrain dan membuat tubuh jadi lebih bugar. Kamu direkomendasikan agar berolahraga minimal 3 kali seminggu, dengan durasi selama 30 menit.

6. Minum air putih

Cara mengatasi migrain sebelah kanan berikutnya ialah dengan minum air putih. Sakit kepala mampu terjadi karena tubuh yang kekurangan cairan. Keadaan ini bisa menimbulkan pembuluh darah di otak terjadi kesusahan ketika mengatur kadar cairan di tubuh. Maka, kamu dapat menambah cairan di tubuh dengan minum air putih.

7. Pijat ringan

Kamu dapat mencoba memijat bagian yang sakit memkai jari telunjuk dan ibu jari. Berikan pijatan ringan secara konstan dalam 7-15 detik, kemudian kamu dapat melepaskan. Ulangi kembali hingga rasa sakit di kepala sebelah kanan kamu rasa berkurang.

Coba untuk minta bantuan orang lain ketika memijat daerah leher, kepala, dan pundak. Cara tersebut dapat dilakukan guna mengatasi rasa sakit kepala. Kamu dapat meminta agar memijat dengan tekanan yang tepat, akibat apabila begitu pelan maka tidak dapat mengendurkan otot-otot yang tegang, namun apabila cukup keras dapat menambah sakit kepalamu.

8. Istirahat pada ruangan gelap

Apabila migrain sebelah kanan terjadi saat kamu tengah berkegiatan, cepat mencari tempat berbaring atau hanya sekadar duduk. Upayakan kamu berisitirahat pada ruangan yang tenang dan cukup gelap.

Hindari kebisingan yang bersumber dari lingkungan sekitar. Tenangkan diri dan coba supaya melemaskan bagian kepala dan pundakmu. Dengan cara ini kemungkinan efektif dalam mengurangi rasa sakit pada kepala bagian kanan.

9. Jauhi stres

Walaupun kamu tidak dapat mencegah keadaan-keadaan yang memicu stres, namun minimal kamu bisa mengendalikan bagaimana bereaksi terhadapnya. Migrain dan sakit kepala tegang kadang merupakan dampak yang muncul sebab stres. Sehingga, kamu perlu mengontrol stres dengan melakukan teknik relaksasi, misalnya meditasi atau yoga.

10. Makan secara teratur

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Jangan melewatkan waktu makan, karena kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala. Tak hany itu, dengan mengkonsumsi buah dan sayur, sebab keduanya kaya akan nutrisi penting yang diperlukan tubuh.

11. Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Cara mengatasi migrain sebelah kanan yang terakhir dapat dengan konsumsi obat penghilang rasa sakit. Konsumsi obat penghilang rasa sakit OTC, namun jauhi pemakaian yang berlebihan sebab mampu menyebabkan sakit kepala berulang.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya