11 Cara Mengatasi Mata Berair secara Alami, Jangan Disepelekan

"Mata berair dapat memicu penyakit tertentu, lo."

Life | 12 March 2022, 15:53
11 Cara Mengatasi Mata Berair secara Alami, Jangan Disepelekan

Mata berair muncul saat kelenjar di kelopak mata menghasilkan sedikit air mata guna melembapkan mata dan menjauhkan benda-benda asing di dalamnya. Tidak hanya itu, kelopak mata juga mempunyai kelenjar lain yang menghasilkan minyak dalam mencegah air mata menguap cukup cepat.

Walau tampak ringan, kamu sepatutnya tidak menganggap sederhana keadaan mata berair. Terutama, jika mata berair terjadi secara terus-menerus sampai mengganggu kegiatan sehari-hari, sebab kemungkinan diakibatkan oleh keadaan medis tertentu.

Di samping itu, terdapat beberapa kondisi lain yang bisa mengakibatkan mata berair, yakni:

- Flu
- Alergi
- Mata lelah
- Radang kelopak mata
- Efek samping obat-obatan
- Efek samping akibat terapi radiasi
- Bulu mata tumbuh ke dalam atau keluar
- Terkena benda asing hingga kimia di mata
- Infeksi pada mata, contohnya konjungtivitis
- Penyakit tertentu, contohnya gangguan kronis, tumor, tiroid, dan Bell’s palsy
- Faktor cuaca atau lingkungan, misalnya angin, asap, atau sinar yang cukup terang
- Mata berair juga berhubungan dengan usia. Keadaan ini biasanya dialami pada bayi dan orang yang berusia di atas 60 tahun

Selanjutnya, kamu dapat melakukan cara mengatasi mata berair seperti halnya:

1. Membasuh mata

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi mata berair yang pertama adalah dengan membasuh wajah. Jika mata berair diakibatkan sebab benda asing yang masuk dan mengganjal di mata, dapat membasuh mata menggunakan air mengalir. Cara mengatasi mata berair tersebut guna menghindari tangan menyentuh langsung bagian mata.

Sehingga, mengeluarkan benda asing yang mengganjal memakai jari atau pinset bisa menyebabkan mata kian perih dan iritasi. Saat hendak membasuh mata, usahakan tangan berada pada kondisi yang bersih. Selain itu, air membantu membersihkan kotoran yang berada di mata. Di samping itu, jangan pernah menggosok mata apabila terasa terdapat benda asing atau debu yang berada di mata. Menggosok mata mampu menggores retina dan memperburuk mata berair.

2. Minyak kelapa

Cara mengatasi mata berair selanjutnya ialah dengan menggunakan minyak kelapa. Kamu dapat mencoba supaya menggosok minyak kelapa di sekitar mata guna mengatasi mata yang merah.

3. Kompres mata

Cara mengatasi mata berair berikutnya adalah dengan mengompres mata menggunakan kain yang telah direndam air dingin. Sebelum dikompres, kamu bisa membersihkan terlebih dulu mata terlebih apabila terasa gatal dan mulai berair. Apabila tidak memiliki kain bersih, dapat memakai kapas sebagai penggantinya.

Kamu juga dapat mengompres mata dengan kantong yang isinya es batu sekitar lima belas menit menggunakan jeda selama satu jam sekali, hingga mata terasa lebih nyaman. Apabila mata berair diiringi dengan pembengkakan, kamu dapat mengompres mata memakai kain rendaman air hangat sekitar beberapa kali sehari. Kompres mata juga berkhasiat dalam mengurangi kemerahan dan iritasi yang kadang terjadi bersama dengan mata berair.

4. Memakai kantung teh

Memakai kantung teh (Chamomile, peppermint, dan spearmint) dapat menjadi obat rumah yang ampuh dalam mengobati mata berair. Rendam kantong teh pada air hangat sekitar beberapa menit. Saat telah hangat, kamu bisa meletakkannya di mata.

5. Kurangi interaksi dengan gadget

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Polusi udara tak sepenuhnya menjadi faktor penyebab mata berair. Mata yang begitu lama melihat layar komputer ataupun ponsel juga menjadi faktor penyebab dari mata berair. Kamu perlu mengistirahatkan mata agar tidak kelelahan. Dengan mengurangi pemakaian gadget bisa mengurangi kemerahan di mata dan sensasi mata contohnya terbakar.

6. Pakai obat tetes mata

Cara mengatasi mata berair selanjutnya ialah dengan pakai obat tetes mata. Obat tetes mata bisa dipakai apabila mata berair diakibatkan sebab keadaan mata kering dan iritasi. Obat tetes mata dapat membantu melembapkan dan memberi cairan di mata, maka produksi kelenjar air mata dapat menurun. Berikan dua hingga tiga tetes cairan di mata atau sebanyak yang direkomendasikan dokter. Selanjutnya, diamkan tetesan obat hingga menggenangi mata. Pakai obat tetes mata ini setiap empat jam sekali.

7. Basuh matamu menggunakan air keran yang mengalir

Hal ini merupakan obat kuno dalam mengatasi mata berair. Apabila matamu kemerahan dan berair sesudah melakukan beberapa waktu di luar, basuh mata kamu memakai air keran yang mengalir. Kondisi ini bisa dilakukan beberapa kali sehari guna mengurangi alergi mata yang diakibatkan sebab kabut asap dan polusi udara. Juga seringlah mencuci tangan dan tidak menyentuh matamu.

8. Konsumsi makanan yang sehat

Minuman cairan hangat saat tingkat polusi tinggi mampu mengatasi mata berair. Di samping itu, konsumsi juga makanan yang kaya vitamin A dalam meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko yang berhubungan dengan polusi udara yang tinggi.

9. Tetap terhidrasi

Cara mengatasi mata berair berikutnya ialah tetap terhidrasi. Jika asupan air kamu optimal, cara tubuhmu dalam merespons polusi udara dapat menjadi lebih baik. Minum air yang cukup bisa membersihkan racun dari tubuh dan mendukung terjadinya pembentukan air mata. Hal ini dapat menawarkan bantuan dari mata kering. Asupan air juga mampu mengatasi iritasi di bawah kelopak matamu.

Telur, wortel, sayuran berwarna oranye, dan kuning serta buah-buahan dan sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan yang kaya akan vitamin A yang memberikan khasiat untuk mata kamu.

10. Bunga mawar

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi mata berair yang lain yakni dengan bunga mawar, bunga yang cantik serta memiliki bau yang ciri khas pasti kegemaran beberapa wanita. Dalam penggunaanya yaitu dengan memasukkan bunga mawar ke air serta gunakan air itu supaya mengobati mata yang gatal serta memerah.

11. Jauhi pemakaian riasan mata

Solusi sederhana dalam mengatasi mata berair karena kabut asap dan polusi udara ialah dengan menghindari riasan. Jauhi pemakaian eyeliner, eye shadow, kala, dan maskara serta jauhi pemakian lensa kontak.

Di samping itu, juga disarankan agar menjaga kebersihan secara baik. Cuci tangan, wajah, dan kaki sesudah pulang. Pakai obat tetes mata dalam mengurangi iritasi di mata.

Mata berair terus sepatutnya diperiksakan ke dokter supaya memperoleh obat mata gatal dan berair. Terlebih apabila terjadi keadaan-keadaan berikut ini, yaitu:

- Mata terkena cedera.
- Mata rasanya sangat sakit.
- Mata kemasukan bahan kimia
- Terjadi perubahan kemampuan penglihatan.
- Rasa sakit pada daerah hidung atau sinus.
- Mata berair dibarengi sakit kepala parah.
- Terdapat benjolan atau bengkak di area mata.
- Mata terus berair dan membuat kegiatanmu terganggu.
- Keluar cairan tidak normal atau perdarahan dari mata.
- Muncul benda asing yang terperangkap di dalam atau pada kelopak mata.
- Terkena keadaan tidak normal, contohnya kelopak mata mengarah ke dalam atau jatuh.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya