Doa Agar Hujan Berhenti Berdasar Hadits, Lengkap Teks Arap dan Artinya

"Doa ini dibaca supaya hujan reda."

Life | 21 July 2022, 13:40
Doa Agar Hujan Berhenti Berdasar Hadits, Lengkap Teks Arap dan Artinya

Hujan turun adalah salah satu kenikmatan tersendiri bagi setiap orang dan makhluk di bumi. Seperti yang diketahui bahwa hujan sendiri merupakan hal yang mampu memberikan kehidupan. Datangnya hujan menjadi salah satu hal yang dinanti, terlebih setelah musim kemarau terjadi. Hujan memberikan kesejukan dan membuat banyak makhluk senang dengan kedatangannya.

Selain itu, hujan sendiri juga merupakan rahmat yang turun dari Allah SWT seperti dalam firman Allah di surah Asy Syura ayat 28, berbunyi:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِنْ بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنْشُرُ رَحْمَتَهُ ۚ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

Artinya: "Dan Dialah yang menurunkan hujan setelah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmatNya. Dan Dialah Maha Pelindung, Maha Terpuji,"

Allah Swt juga berfirman yang bunyinya:

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً ۖ لَكُمْ مِنْهُ شَرَابٌ وَمِنْهُ شَجَرٌ فِيهِ تُسِيمُونَ

Artinya: "Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan, padanya kamu menggembalakan ternakmu," (Q.S An-Nahl ayat 10)

Akan tetapi, hujan yang berlebihan tentu juga mampu mendatangkan musibah dan masalah bagi makhluk di bumi. Sehingga, ketika hujan lebat datang kamu dapat membaca doa agar hujan berhenti dengan bacaan sebagai berikut:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: "Ya Allah, curahkanlah hujan di sekitar kami, dan yang tidak membahayakan bagi kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan." (HR Bukhari).

Setelah itu, jika hujannya mulai mereda, umat muslim juga bisa membaca doa saat hujan reda yang dinukil dari riwayat hadits dari Zaid bin Khalid. Doanya sebagai berikut ini, yakni:

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirnaa bi fadh-lillaahi wa rahmatih

Artinya: "Dicurahkannya hujan ini kepada kami atas karunia dan rahmat Allah," (HR Bukhari).

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya