Doa Pembuka Rezeki dan Bebas Hutang, Lengkap Teks Arab, Latin, Serta Artinya.

"Agar ikhtiar kerja keras tak sia-sia, iringilah doa pembuka rezeki di bawah ini. "

Life | 22 July 2022, 18:25
Doa Pembuka Rezeki dan Bebas Hutang, Lengkap Teks Arab, Latin, Serta Artinya.

Rezeki memang suatu hal yang sudah digariskan dan dicatat di lauh mahfudz. Dan sesuatu yang bernyawa telah dijamin rezekinya oleh Allah SWT. Selama manusia, tumbuhan, dan hewan masih memiliki nyawa dan hidup saat itu pula rezeki telah dijamin. Namun sebagai hamba yang taat sebaiknya tetaplah berikhtiar dan berdoa sebagai rasa tadzim seorang hamba.

Kerja keras manusia itu sebagai bentuk rasa tadzim terhadap Allah SWT. Selain dengan kerja keras, maka dapat diiringi dengan doa. Memang manusia tidak dapat mengubah takdirnya dan hanya Allah yang dapat mengubah takdir itu sendiri. Allah memiliki rasa welas asih terhadap hambanya. Bisa jadi Allah melihat kerja keras dan mendengar doa yang kita panjatkan lalu menurunkan welas asih kepada kita berupa rezeki yang lancar.

Maka ada baiknya kita berdoa agar dapat dibukakan pintu rezeki. Barangkali sudah merasa kerja keras namun rezeki masih gitu-gitu aja, ada baiknya ikhtiar diiringi dengan doa. Rasulullah SAW juga telah mengajarkan beberapa doa kepada umatnya.

Doa pembuka rezeki

Barang siapa ingin dilancarkan pintu rezekinya. Selain kerja keras, bisa ditambah dengan membaca doa di bawah ini :

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَامُغْنِيْ أَغْنِنِيْ غِنًى أَبَدًا وَيَا عَزِيْزُ يَا مُعِزُّ أَعِزَّنِيْ بِإِعْزَازِ عِزَّةِ قُدْرَتِكَ وَيَا مُيَسِّرَ اْلأُمُوْرِ يَسِّرْ لِي أُمُوْرَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ يَا خَيْرَ مَنْ يُرْجَى يَا اَللهُ

Alloohumma Yaa Ghoniyyu Yaa Mughnii Aghninii Ghinan Abadaa, Wa Yaa ‘Aziizu Yaa Mu’izzu A’izzanii Bi I’zaazi ‘Izzati Qudrotika, Wa Yaa Muyassirol Umuuri Yassir Lii Umuurod Dun-Yaa Wad Diinni, Yaa Khoiro Man Yurjaa, Yaa Allah.

Artinya: “Ya Allah, Dzat Yang Mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah.

Doa diberi kelancaran rezeki

Selain itu juga dapat ditambah dengab doa di bawah ini, sebagai kelancaran jalan rezeki ;

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَ عَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مُبَارَكًا

Alloohumma Innii As-Aluka Min Fadhlika Wa ‘Athoo-Ika Rizqon Thoyyiban Mubaarokan.

Artinya: “Ya Allah, dengan karunia dan anugerah-Mu, aku meminta rezeki yang baik lagi diberkahi.” (HR. Thabrani).

Doa agar terhindar dari lilitan hutang

Adapun doa yang dapat menghindarkan seseorang dari lilitan hutang, sebagai berikut :

   اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Doa saat terlilit hutang

Ketika sudah terlilit hutang dan belum dapat melunasinya, bacalah doa di bawah ini:

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allâhummakfinî fi halâlika ‘an harâmik, wa aghninî bi fadhlika ‘amman siwâk

Artinya, “Tuhanku, cukupilah diriku dengan jalan (harta) yang Kauhalalkan, bukan jalan (harta) Kauharamkan; dan lengkapilah diriku dengan kemurahan-Mu, bukan kemurahan selain diri-Mu.”

Itulah beberapa doa yang dapat diamalkan sebagai pembuka rezeki. Amalkan doa-doa tersebut ketika rezeki sedang sempit dan iringilah dengan ikhtiar kerja keras. Semoga bermanfaat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya