Doa Tayamum Teks arab, Latin dan Artinya, Ketahui Tata Cara dan Syaratnya

"Ketahui juga tata caranya yang tepat."

Life | 29 July 2022, 08:52
Doa Tayamum Teks arab, Latin dan Artinya, Ketahui Tata Cara dan Syaratnya

Tayamum adalah cara bersuci dari hadas besar dan kecil dengan memakai tanah/debu sebagai alat untuk bersuci. Tayamum sendiri dilakukan untuk menggantikan wudhu, sebab terjadi beberapa keadaan yang memperbolehkan seseorang melakukan Tayamum.

Adapun sebab-sebab seseorang melakukan Tayamum telah diringkas oleh Al-Ghazali pada salah satu kitabnya, berbunyi:

مَنْ تَعَذَّرَ عَلَيْهِ اسْتِعْمَالُ الْمَاءِ لفقده بعد الطلب أو بمانع لَهُ عَنِ الْوُصُولِ إِلَيْهِ مِنْ سَبُعٍ أَوْ حَابِسٍ أَوْ كَانَ الْمَاءُ الْحَاضِرُ يَحْتَاجُ إِلَيْهِ لِعَطَشِهِ أَوْ لِعَطَشِ رَفِيقِهِ أَوْ كَانَ مِلْكًا لِغَيْرِهِ وَلَمْ يَبِعْهُ إِلَّا بِأَكْثَرَ مِنْ ثَمَنِ الْمِثْلِ أَوْ كَانَ بِهِ جِرَاحَةٌ أَوْ مَرَضٌ وَخَافَ مِنَ اسْتِعْمَالِهِ فَسَادَ الْعُضْوِ أَوْ شِدَّةَ الضنا فَيَنْبَغِي أَنْ يَصْبِرَ حَتَّى يَدْخُلَ عَلَيْهِ وَقْتُ الْفَرِيضَةِ

Artinya: "Siapa saja yang kesulitan menggunakan air, baik karena ketiadaannya setelah berusaha mencari, maupun karena ada yang menghalangi, seperti takut hewan buas, sulit karena dipenjara, air yang ada hanya cukup untuk minim dirinya atau minum kawannya, air yang ada milik orang lain dan tidak dijual kecuali dengan harga yang lebih mahal dari harga sepadan (normal), atau karena luka, karena penyakit yang menyebabkan rusaknya anggota tubuh atau justru menambah rasa sakit akibat terkena air, maka hendaknya ia bersabar sampai masuk waktu fardhu." (Al-Ghazali, Ihyâ ‘Ulumiddin, Terbitan Darut Taqwa lit-Turats, Jilid 1, Tahun 2000, hal. 222)

Syarat melakukan Tayamum
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika melakukan Tayamum, yakni:

1. Saat dalam keadaan sakit.
2. Ketika benar-benar tidak menemukan air.
3. Letak airnya tidak dapat dijangkau.
4. Jika berada di daerah dengan suhu yang sangat dingin hingga membuat airnya beku.
5. Saat air yang dimiliki tidak cukup digunakan untuk wudhu.

Tata cara Tayamum
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun tata cara Tayamum adalah sebagai berikut:

1. Ambil tanah yang memiliki debu atau debu yang bersih.
2. Dengan posisi mengarah ke kiblat, lafalkan basmalah dan tempelkan kedua telapak tangan ke debu dengan posisi jari-jari tangan rapat.
3. Selanjutnya, usapkan kedua telapak tangan di seluruh wajah dibarengi dengan membaca niat di hati, bunyinya:

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku berniat tayamum agar diperbolehkan shalat karena Allah.  Berbeda dengan wudhu, dalam tayamum tidak disyaratkan untuk menyampaikan debu pada  bagian-bagian yang ada di bawah rambut atau bulu wajah, baik yang tipis maupun yang tebal. Yang dianjurkan adalah berusaha meratakan debu pada seluruh bagian wajah. Dan itu cukup dengan satu kali menyentuh debu, sebab pada dasarnya lebar wajah tidak melebihi lebar dua telapak tangan. Sehingga “meratakan debu” di sana cukup mengandalkan dugaan yang kuat (ghalibuzhan)."
4. Lalu, posisikan lagi telapak tangan ke debu. Selanjutnya, renggangkan jari-jari serta cincin yang berada di jari (apabila ada) kamu dapat melepasnya sementara.
5. Lalu, letakkan telapak tangan kiri di punggung tangan kanan, apabila ujung-ujung jari dari salah satu tangan tidak melebihi ujung jari telunjuk dari tangan yang lain.
6. Kemudian, usapkan telapak tangan kiri menuju punggung lengan kanan hingga menuju bagian siku. Selanjutnya, telapak tangan kiri dibalik menuju bagian dalam lengan kanan dan usapkan sampai pada bagian pergelangan.
7. Berikutnya, usapkan bagian di jempol kiri menuju bagian punggung jempol kanan. Lalu, lakukan hal yang sama di tangan kiri.
8. Kemudian, tempelkan kedua telapak tangan dan gosok-gosok di antara jari-jarinya.  
9. Terakhir, kamu dapat membaca doa setelah Tayamum berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Artinya: Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertaubat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Mahasuci Engkau, ya Allah. Dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Engkau. Dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu."

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya