Doa Seribu Dinar Lengkap Teks Arab, Latin dan Arti Beserta Keutamaannya

"Amalkanlah membaca doa seribu dinar secara istiqomah agar dilancarkan rezekinya."

Life | 31 July 2022, 17:37
Doa Seribu Dinar Lengkap Teks Arab, Latin dan Arti Beserta Keutamaannya

Kitab suci Al Qur'an adalah sebuah mukjizat terbaik yang diturunkan Allah sebagai pedoman dan petunjuk umat Islam. Sebagai pedoman dan petunjuk, kitab suci Al Qur'an mengandung akidah, ibadah dan muamalah, hukum , sejarah, akhlak, dan ilmu pengetahuan.

Dalam kitab suci Al Qur'an terdapat sebuah ayat yang memiliki banyak keutamaan. Ayat ini salah satu keutamaanya adalah dilancarkan dalam urusan rezeki. Ayat ini adalah ayat/doa Seribu Dinar.

Doa Seribu Dinar terdapat dalam surat at Talaq, ayat 2-3. Surat at Talaq adalah surat ke-65 dalam Al Qur'an.

Menurut Ibnu Katsir, Maksud ayat “Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya Rizki dari arah yang tidak dia duga” adalah barang siapa yang bertakwa kepada Allah dengan menjalankan seluruh perintahNya dan menjauhi laranganNya niscaya Dia akan member rizki dari arah yang tidak pernah terbesit dalam hatinya.

Dalam kitab Al Musnad disebutkan dari Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas, dari ayahnya, dari kakeknya, Abdullah bin Abbas, dia berkata: “Rasulullah bersabda:

“Barang siapa banya beristighfar (memohon ampunan), maka Allah akan menjadikan baginya setiap kesusahan menjadi kemudahan, setiap kesempitan menjadi kelapangan, dan akan Dia karuniai rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.”

Doa Seribu Dinar Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id

pwxwls.com

فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَأَشْهِدُوا۟ ذَوَىْ عَدْلٍ مِّنكُمْ وَأَقِيمُوا۟ ٱلشَّهَٰدَةَ لِلَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Fa iżā balagna ajalahunna fa amsikụhunna bima'rụfin au fāriqụhunna bima'rụfiw wa asy-hidụ żawai 'adlim mingkum wa aqīmusy-syahādata lillāh, żālikum yụ'aẓu bihī mang kāna yu`minu billāhi wal-yaumil-ākhir, wa may yattaqillāha yaj'al lahụ makhrajā

Wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal 'alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja'alallāhu likulli syai`ing qadrā

"Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar."

"Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu."

Keutamaan Doa Seribu Dinar

Daun.id

pixabay.com

Berikut ini adalah keutamaan Doa Seribu Dinar menurut Imam Al Gazhali adalah sebagai berikut:

- Keutamaan membaca Doa Seribu Dinar akan mengingatkan seorang hamba untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT semata saja.

- Keutamaan membaca Doa Seribu Dinar adalah senantiasa mengingatkan seorang hamba untuk hanya menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT demi kelapangan hati dan rezeki.

- Keutamaan membaca Doa Seribu Dinar adalah membuat seorang hamba memiliki keyakinan bahwa hanya sabar dan sholat yang bisa dijadikan sebagai penolong dan kunci rezeki.

- Keutamaan membaca Doa Seribu Dinar adalah akan mengingatkan seorang hamba untuk selalu berharap baik kepada Allah SWT dengan selalu menaati perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

- Keutamaan membaca Doa Seribu Dinar adalah menjadikan seorang hamba lebih rajin beribadah agar dipermudah baginya mengambil keputusan tepat atau diberi petunjuk yang baik oleh Allah SWT.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya