Doa Surat Al Waqiah Teks Arab, Latin dan Arti Serta Keutamaan Mengamalkannya

"Bacalah surat Al Waqiah supaya mendapatkan kelancaran dan keberkahan rezeki."

Life | 01 August 2022, 14:50
Doa Surat Al Waqiah Teks Arab, Latin dan Arti Serta Keutamaan Mengamalkannya

Surat Al Waqiah adalah salah satu surat di dalam kitab suci Al Qur'an. Surat Al Waqiah terdiri atas 96 ayat dan merupakan surat 56 dalam Al Qur'an. Surat Al Waqiah dapat diakatakan sebagai salah satu surat yang istimewa.

Jika membaca surat Al Waqiah, ada banyak keutamaan yang akan didapatkan. Diantaranya adalah untuk mencari ridho Allah SWT dan mendapatkan kelancaran rezeki. Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya." (HR. Imam Baihaqi).

Setelah membaca surat Al Waqiah, disunnahkan untuk membaca doa. Berikut ini adalah doa setelah membaca surat Al Waqiah:

Daun.id

doa setelah membaca surat al waqiah

“Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta'thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a'thona wa nubtala bi zammi man mana'ana wa anta min wara-i zalika ahlul 'atho-i wal man-'i.

Allahumma kama shunta wujuhana 'anis sujudi illa laka fa shunna 'anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin wa shollallohu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa sahbihi wa sallam.”

Artinya:
Artinya: "Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan, sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapapun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan."

Surat Al Waqiah Ayat 1-10

Daun.id

pixabay.com

Ayat 1
اِذَا وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُۙ

iżā waqa'atil-wāqi'ah

Apabila terjadi hari Kiamat,

Ayat 2
لَيْسَ لِوَقْعَتِهَا كَاذِبَةٌ ۘ

laisa liwaq'atihā kāżibah

Terjadinya tidak dapat didustakan (disangkal).

Ayat 3
خَافِضَةٌ رَّافِعَةٌ

khāfiḍatur rāfi'ah

(Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain).

Ayat 4
اِذَا رُجَّتِ الْاَرْضُ رَجًّاۙ

iżā rujjatil-arḍu rajjā

Apabila bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya,

Ayat 5
وَّبُسَّتِ الْجِبَالُ بَسًّاۙ

wa bussatil-jibālu bassā

Dan gunung-gunung dihancurluluhkan sehancur-hancurnya,

Ayat 6
فَكَانَتْ هَبَاۤءً مُّنْۢبَثًّاۙ

fa kānat habā`am mumbaṡṡā

Maka jadilah ia debu yang beterbangan,

Ayat 7
وَّكُنْتُمْ اَزْوَاجًا ثَلٰثَةً ۗ

wa kuntum azwājan ṡalāṡah

Dan kamu menjadi tiga golongan,

Ayat 8
فَاَصْحٰبُ الْمَيْمَنَةِ ەۙ مَآ اَصْحٰبُ الْمَيْمَنَةِ ۗ

fa aṣ-ḥābul-maimanati mā aṣ-ḥābul-maimanah

Yaitu golongan kanan, alangkah mulianya golongan kanan itu,

Ayat 9
وَاَصْحٰبُ الْمَشْـَٔمَةِ ەۙ مَآ اَصْحٰبُ الْمَشْـَٔمَةِ ۗ

wa aṣ-ḥābul-masy`amati mā aṣ-ḥābul-masy`amah

Dan golongan kiri, alangkah sengsaranya golongan kiri itu,

Ayat 10
وَالسّٰبِقُوْنَ السّٰبِقُوْنَۙ

was-sābiqụnas-sābiqụn

Dan orang-orang yang paling dahulu (beriman), merekalah yang paling dahulu (masuk surga).

Keutamaan Membaca Al Waqiah

Berikut ini adalah keutamaan dari membaca surat Al Waqiah:

- Dijauhkan dari Kemiskinan dan kefakiran
Jika dibaca secara rutin, manfaat surat Al Waqiah akan menghindarkan pembacanya dari kemiskinan. Ia juga akan senantiasa mendapat pahala dan rezeki berlimpah. Abdullah bin Mas'ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

" Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa barangsiapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpakan kekafiran. Kekafiran adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

- Surat Kekayaan
Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:

" Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dengan membaca surat Al Waqiah setiap hari maka dapat memudahkan seseorang mendapatkan rezeki yang halal, pun nikmat Allah yang terus mengalir.

- Dikabulkan Doa-Doanya
Hajat yang dimaksud khususnya yang berkaitan dengan rezeki. Untuk memperoleh fadilah tersebut, surat Al Waqiah dilafazkan sebanyak 41 kali dalam satu duduk.

- Dijauhkan dari kemiskinan dan kefakiran
Apabila seorag muslim membaca surat Al Waqiah sebanyak satu kali setiap malam, niscaya ia akan terhindar dari segala bentuk kemiskinan. Keutamaan tersebut tercantum dalam Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203, Abdullah bin Mas’ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya