Doa Susah Tidur Menurut Ajaran Rasulullah, Ketahui Keistimewaannya

"Hindari susah tidur dengan membaca doa ini."

Life | 25 August 2022, 15:40
Doa Susah Tidur Menurut Ajaran Rasulullah, Ketahui Keistimewaannya

Susah tidur merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada sebagian besar orang. Hal ini tentu tidak baik dan memberikan dampak yang buruk sebab dapat menimbulkan terjadinya insomnia. Jika hal tersebut dibiarkan kemungkinan dapat memberikan dampak yang lebih buruk, maka kamu perlu mengatasinya.

Terdapat berbagai cara dalam mengatasi hal tersebut. Tidak hanya menjaga pola makan dan kesehatan, kamu juga dapat mengamalkan doa susah tidur agar dapat tidur lebih nyenyak. Berikut ini merupakan doa susah tidur yang dapat diamalkan guna mengatasi ganguan susah tidur, yakni:

Doa susah tidur
Daun.id

Sumber: Pexels.com

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Allahumma gharatin nujum wa hada’atil ‘uyun, wa anta hayyun qayyumun, la ta’khudzuhu sinatun wa la naum. Ya hayyu, ya qayyum, ahdi’ laylî wa anim ‘ayni

Artinya: “Tuhanku, bintang-bintang telah ‘tenggelam’, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.”

Dzikir menjelang tidur

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ هُوَ اْللهُ أَحَدٌ، اَللهُ اْلصَّمَدُ، لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يٌوْلَدْ، وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ ×٣

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah (wahai Muhammad): “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah Dzat yang menjadi tumpuan segala permohonan. Ia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada siapa pun yang sebanding dengan-Nya" (QS Al-Ikhlas) (3x).

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى جَمِيْعِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ ×٣

Artinya: "Ya Allah, limpahkan rahmat kepada junjungan kami Baginda Muhammad, semua nabi dan rasul." (3x)

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِىْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, semua kaum muslim laki-laki dan perempuan, dan semua kaum mukmin laki-laki dan perempuan."   

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ وَلَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ ×٧

Artinya: "Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan selain Allah, Allah Maha besar, tidak ada daya menjalankan ketaatan dan tidak ada kemampuan menghindar dari kemaksiatan kecuali dengan pertolongan Allah yang maha tinggi dan agung" (7x).

Selain itu, kamu dapat mengamalkan doa tidur berikut ini yakni sebagai berikut:

1. Doa sebelum tidur
Daun.id

Sumber: Pexels.com

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan."

2. Doa bangun tidur
Daun.id

Sumber: Pexels.com

َلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur

Artinya: “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.” (HR.Ahmad, Bukhari, dan Muslim)

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya