Doa Pengganti Puasa Ramadhan Teks Arab, Latin dan Artinya

"Berikut ini adalah doa atau niat pengganti puasa Ramadhan teks Arab, Latin dan artinya."

Life | 26 August 2022, 06:27
Doa Pengganti Puasa Ramadhan Teks Arab, Latin dan Artinya

Puasa merupakan rukun Islam yang ketiga. Puasa yang dimaksud adalah puasa Ramadhan. Puasa adalah sebuah kegiatan menahan diri hawa napsu, yaitu segala sesuatu yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Hikmah dari puasa adalah kita dilatih untuk menahan diri dan bersabar dalam menghadapi kehidupan serta cobaan hidup di dunia.

Perintah turun kepada Rasulullah SAW dan umatnya di bulan Syaban, yaitu ketika Rasulullah SAW tengah membangun pemerintahan baru di Madinah. Kewajiban tersebut disampaikan oleh Allah SWT dalam QS Al Baqarah ayat 183:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Perkara yang Membatalkan Puasa

Daun.id

unplash.com

Dalam menjalankan ibadah puasa, kita diwajibkan untuk menahan diri dari perkara-perkara yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Berikut ini adalah perkara-perkara yang dapat membatalkan puasa antara lain:

- Masuknya Sesuatu ke Dalam Tubuh dengan Disengaja
Puasa yang dijalankan seseorang akan batal ketika adanya benda (‘ain) yang masuk dalam salah satu lubang yang berpangkal pada organ bagian dalam yang dalam istilah fiqih biasa disebut dengan jauf. Seperti mulut, telinga, hidung. Benda tersebut masuk ke dalam jauf dengan kesengajaan dari diri seseorang.

- Muntah dengan Disengaja
Jika muntah tertelan dengan sengaja maka puasanya dihukumi batal. Jika seseorang muntah tanpa disengaja atau muntah secara tiba-tiba (ghalabah) maka puasanya tetap dihukumi sah selama tidak ada sedikit pun dari muntahannya yang tertelan kembali olehnya.

- Berhubungan Badan (Jimak) Saat Berpuasa
Melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis (jima’) dengan sengaja. Bahkan, dalam konteks ini terdapat ketentuan khusus: puasa seseorang tidak hanya batal dan tapi ia juga dikenai denda (kafarat) atas perbuatannya.

- Memasukan Sesuatu Ke Qubul dan Dubur
Misalnya adalah mengobati dengan cara memasukkan benda (obat atau benda lain) pada salah satu dari dua jalan (qubul dan dubur).

- Keluarnya Sperma dengan Disengaja
Keluarnya air mani (sperma) disebabkan karena bersentuhan kulit misalnya onani. Berbeda halnya ketika mani keluar karena mimpi basah (ihtilam) maka dalam keadaan demikian puasa tetap dihukumi sah.

- Mengalami Haid atau Nifas
Mengalami haid atau nifas pada saat puasa dihukumi membatalkan puasa. Orang yang mengalami haid atau nifas berkewajiban untuk mengqadha puasanya. Dalam hal ini puasa memiliki konsekuensi yang berbeda dengan shalat dalam hal berkewajiban untuk mengqadha.

- Gila
gila (junun) pada saat menjalankan ibadah puasa. Ketika hal ini terjadi pada seseorang di pertengahan melaksanakan puasanya, maka puasa yang ia jalankan dihukumi batal. 

- Murtad
Murtad pada saat puasa juga membatalkan puasa. Murtad adalah keluarnya seseorang dari agama Islam. Misalnya orang yang sedang puasa tiba-tiba mengingkari keesaan Allah subhanahu wata’ala, atau mengingkari hukum syariat yang sudah menjadi konsensus ulama (mujma’ alaih). 

Bacaan Niat Qadha Puasa Teks Arab, Latin dan artinya

Daun.id

unplash.com

Jika dalam melaksanakan ibadah puasa mengalami perkara yang membatalkan puasa, maka wajib bagi seorang Muslim untuk mengganti atau mengqadhanya. Perkara tersebut misalnya adalah sakit, sehingga harus meminum obat, wanita yang sedang haid atau nifas, muntah dengan disengaja atau hal lainya.

Berikut ini adalah doa atau niat qadha puasa teks Arab, Latin dan artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya