Cara Membuat Peta Konsep yang Simpel tapi Jelas

"Ikutilah tips dan cara membuat peta konsep yang simple dan jelas."

Life | 08 September 2022, 22:10
Cara Membuat Peta Konsep yang Simpel tapi Jelas

Sebuah Peta Konsep dibuat agar sebuah narasi yang panjang dan mungkin dianggap rumit menjadi lebih ringkas dan mudah dipahami. Peta Konsep ini bertujuan menyederhanakan gagasan dan kalimat-kalimat yang panjang yang sehingga oleh masyarakat umum atau orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu dapat dengan mudah dipahami.

Dalam sebuah Peta Konsep umumnya berbentuk atau menggunakan ikon serta bergaris untuk menjelaskan sebuah pembahasan. Biasanya menggunakan bentuk kotak, lingkaran atau yang lainya. Terkadang peta konsep juga dilengkapi dengan gambar-gambar penjelas.

Pengertian dan Jenis Peta Konsep

Daun.id

pexels.com

Sebelum masuk pada pembahasan utama tentang cara membuat peta konsep, kamu perlu mengenal pengertian peta konsep menurut para ahli. Menurut Novak dan Canas, peta konsep adalah sebuah alat bantu berbentuk grafik yang berfungsi untuk mengorganisir dan merepresentasikan pengetahuan.

Sedangkan menurut Cassata dan French, memandang peta konsep sebagai alat metakognitif yang bisa meningkatkan pemikiran reflektif seseorang terkait apa yang sudah diketahui lewat representasi arti konsep dan hubungannya.

Sederhananya, peta konsep merupakan organiser grafis yang dimanfaatkan untuk membantu peserta didik guna mengatur dan mewakili pengetahuan tentang suatu subjek. Peta konsep biasanya terdiri atas kata-kata, gambar, garis, dan warna.

Sebelum mengetahui cara membuat peta konsep, anda perlu mengenal jenis-jenis peta konsep. Peta Konsep ini seiring dengan perkembangan waktu memiliki beberapa jenis. Berikut ini adalah pembagian Jenis Peta Konsep:

- Pohon Jaringan, peta konsep pohon jaringan cocok digunakan untuk memvisualisasikan suatu informasi yang sebab-akibat, hierarki, serta prosedur yang bercabang. Peta konsep jenis ini dibuat dengan menempatkan ide-ide pokok dalam persegi empat.

Selanjutnya, beberapa kata lain dihubungkan oleh garis penghubung. Kata-kata pada garis penghubung tersebut menyatakan hubungan antara konsep-konsep.

- Laba-laba, kebanyakan orang menggunakan peta konsep laba-laba untuk curah pendapat. Curah pendapat sendiri merupakan bentuk diskusi yang dilakukan untuk menghimpun gagasan, informasi, pendapat, pengetahuan, dan pengalaman.

- Rantai Kejadian, biasanya, rantai kejadian dimanfaatkan untuk menyatakan urutan kejadian hingga langkah-langkah dalam suatu prosedur. Untuk membuatnya, Anda harus menemukan kejadian yang mengawali rantai. Lalu, temukan kejadian berikutnya hingga mencapai hasil.

- Peta Konsep Siklus, peta konsep jenis ini tidak menghasilkan suatu hasil akhir. Kejadian akhir pada rantai tersebut akan terhubung kembali ke kejadian awal. Artinya siklus ini terus berulang tanpa akhir.

Cara Membuat Peta Konsep

Daun.id

pexels.com

Peta konsep merupakan metode pembelajaran yang praktis dan efisien. Peta konsep mirip dengan peta jalan dan fokus kepada hubungan antara masing-masing ide serta hubungan sebab akibat.

Peta konsep membantu seseorang agar mudah mengingat materi. Sebelum Anda mengetahui cara membuat peta konsep, berikut poin-poin penting dari peta konsep:

- Peta konsep adalah metode untuk menunjukkan konsep, uraian, kata kunci dan poin penting dalam suatu materi.

- Peta konsep menampilkan keterkaitan antara masing-masing materi yang dirangkum.

- Di dalam peta konsep ada kata kunci yang bertujuan untuk membantu seseorang mengingat materi.

- Peta konsep membantu penyusunan materi agar jadi lebih teratur.

Berikut ini adalah cara untuk membuat Peta Konsep yang baik dan benar: 

1. Yang pertama adalah mengidentifikasi ide pokok. Contohnya, Anda harus membuat materi ekosistem biologi. Ekosistem bisa dipilih sebagai judul dalam peta konsep kemudian mengerucut ke materi khusus.

2. Selanjutnya adalah mengidentifikasi ide-ide sekunder atau khusus yang akan menunjang pokok bahasan utama. Contohnya, ekosistem merupakan judul peta konsep. Ide atau konsep sekundernya adalah bagian dari habitat ekosistem seperti danau dan lain-lain.

3. Tempatkan ide atau konsep utama di bagian tengah atau atas peta konsep.

4. Kelompokkan ide-ide atau konsep sekunder di sekeliling pokok bahasan utama. Fungsinya untuk menunjukkan hubungan atau keterkaitan antara ide utama dan sekunder.

Kamu dapat membuat peta konsep dengan cara manual. Kam dapat memanfaatkan buku catatan yang kita miliki. Gunakan alat tulis berwarna seperti spidol, pensil warna atau highlighter untuk membuatnya menarik dan kreatif. Agar mudah mengingatnya, Anda bisa menambahkan gambar untuk setiap penjelasan.

Kamu juga bisa menggunakan laptop dan memanfaatkan Microsoft Word, Microsoft Power Point atau aplikasi seperti Canva. Buatlah bagan dari menu yang tersedia atau bisa menggunakan fitur shape jika kamu ingin membuatnya sendiri. Agar terlihat menarik dan mudah mengingat penjelasannya, tambahkan juga gambar-gambar yang berhubungan dengan peta konsep. 

Berkreasilah dengan font dan warna yang disukai agar kamu dapat nyaman dan betah membaca peta konsep tersebut. Kelebihan peta konsep digital lainnya adalah Anda bisa memilih untuk menyimpannya dengan format PDF sehingga bisa diakses lewat ponsel.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya