Cara Membuat KIP Kuliah 2022, Ketahui Persyaratanya

"Ketahui dan lengkapi dulu persyaratannya sebelum kamu mendaftar beasiswa KIP Kuliah 2022."

Tech | 15 September 2022, 15:10
Cara Membuat KIP Kuliah 2022, Ketahui Persyaratanya

Banyak beasiswa yang bisa didapatkan guna membantu meringankan biaya kuliah. Salah satunya adalah beasiswa bidikmisi atau yang kini dikenal dengan KIP Kuliah.

Beasiswa KIP Kuliah ini dapat dinikmati oleh mereka yang sedang berkuliah di Perguruan Tinggi dan Politeknik baik negeri maupun swasta.

Yang mereka dapatkan ketika mendapatkan beasiswa KIP Kuliah ini adalah berupa bantuan biaya pendidikan, uang saku, uang makan dan lain-lainya. Perlu kamu ketahui, untuk mendapatkan beasiswa ini ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi.

Pendaftaran KIP Kuliah 2022

Daun.id

istimewa

Jadwal KIP Kuliah 2022
Sebagai informasi, berikut ini adalah jadwal resmi terkait pembukaan pendaftaran KIP Kuliah untuk mahasiswa di berbagai jalur.

Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah : 02 Februari 2022 – 31 Oktober 2022
SNMPN : 07 Februari 2022 – 17 Maret 2022
SNMPTN : 13 Februari 2022 – 27 Februari 2022
UTBK-SBMPTN : 22 Maret 2022 – 14 April 2022
SBMPN : 05 April 2022 – 29 Juni 2022
Seleksi Mandiri PTN : 01 Juni 2022 – 07 Oktober 2022
Seleksi Mandiri PTS : 08 Juni 2022 – 31 Oktober 2022

Perlu kamu perhatikan, jadwal berikut dapat mengalami perubahan sesuai kondisi terkini. Namun, kamu bisa tetap memantau perkembangan informasinya melalui laman resmi KIP Kuliah di website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Syarat Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah 2022

Untuk bisa menjadi penerima Beasiswa KIP Kuliah, kamu harus menyiapkan syarat-syarat berikut. Berikut ini adalah referensi syarat penerima KIP Kuliah 2022.

1. KIP Kuliah bisa didapatkan oleh siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau sederajat. Calon penerima KIP Kuliah yang akan lulus tahun berjalan ataupun lulus dua tahun sebelumnya juga diperbolehkan untuk mendaftar.

2. Pendaftar KIP Kuliah mempunyai potensi akademik yang baik atau berprestasi namun secara ekonomi dalam kondisi terbatas. Bukti kondisi ekonomi ditunjukkan dengan dokumen-dokumen penunjang yang sah.

3. Pendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah sudah dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dari jalur SNMPN, SNMPTN, UTBK – SBMPTN, SBMPN, atau seleksi mandiri di PTN dan PTS di program studi terakreditas. Kesempatan untuk mendapatkan KIP Kuliah juga terbuka untuk siswa yang lulus dua tahun sebelumnya.

Dokumen dan syarat yang diperlukan untuk mendaftas sebegai penerima KIP Kuliah adalah sebagai berikut.

- Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai bukti kepemilikan program bantuan pendidikan nasional; atau

- Bukti bahwa pendaftar berasal dari keluarga yang mengikuti Program Keluarga Harapan (PKH); atau

- Bukti sebagai pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS); atau

- Bukti bahwa pendaftar mahasiswa berasal dari panti sosial atau panti asuhan; atau

- Bukti bahwa pendaftar KIP Kuliah adalah mahasiswa yang berasal dari keluarga kategori desil kurang atau sama dengan kategori 4 dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

- Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa pendaftar juga perlu membuktikan bahwa gabungan pendapatan kotor orang tua atau wali maksimal adalah 4 juta rupiah per bulan. Cara lain yang bisa dijadikan acuan yaitu pendapatan kotor kedua orang tua atau wali yang dibagi jumlah anggota keluarga maksimal adalah 750 ribu rupiah.

Cara Mendaftar KIP Kuliah 2022
Daun.id

istimewa

Cara ini berlaku untuk pendaftaran KIP Kuliah pada jalur masuk SNMPN, SNMPTN, UTBK – SBMPTN, SBMPN, serta jalur mandiri. Seluruh proses pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online dengan mengunjungi website kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Kamu juga dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi KIP Kuliah yang bisa kamu dapatkan dari Playstore.

Berikut ini adalah cara pendaftaran KIP Kuliah.

1. Buka laman website kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau buka aplikasi KIP Kuliah di ponsel.

2. Masukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email pendaftar yang aktif.

3. Tunggu sistem KIP Kuliah memvalidasi data NIK, NISN, dan NPS yang sudah diinput pendaftar untuk menentukan kelayakan.

4. Buka email yang sudah kamu daftarkan pada KIP Kuliah. Nantinya pihak penyelenggaran KIP Kuliah akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses yang akan kamu gunakan untuk tahap selanjutnya melalui email tersebut. Bagi pendaftar yang proses validasinya tidak berhasil, email tidak akan dikirimkan.

5. Login kembali pada laman SIM KIP Kuliah.

6. Masukkan data nomor pendaftaran dan kode akses yang sudah diperoleh melalui email.

7. Pilih proses seleksi masuk Perguruan Tinggi yang akan diikuti: Jalur SNMPN, Jalur SBMPN, Jalur SBMPTN, Jalur SNMPTN, atau Jalur mandiri.

8. Selesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah sesuai jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi yang kamu ikuti
Proses pendaftaran KIP Kuliah bagi calon penerima yang sudah lolos masuk Perguruan Tinggi sedikit berbeda. Pendaftar akan diverifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diajukan menjadi penerima KIP Kuliah.

Manfaat Penerima KIP Kuliah 2022

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh apabila menjadi penerima KIP Kuliah, di antaranya:

- Bebas biaya pendaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi dan seleksi lainnya yang diselenggarakan Perguruan Tinggi asalkan sudah terdaftar pada DTKS Kementerian Sosial.

- Bebas biaya studi atau biaya kuliah (dibayarkan langsung ke Perguruan Tinggi).

- Bantuan biaya hidup bagi penerima KIP Kuliah dengan besar yang sudah ditentukan Puslapdik.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya