Cara Melihat NISN Siswa di Internet, Mudah dan Cepat

"Berikut ini adalah cara mudah melihat NISN Siswa di Internet."

Tech | 19 September 2022, 19:22
Cara Melihat NISN Siswa di Internet, Mudah dan Cepat

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah sebuah nomor yang amat penting bagi seorang siswa. NISN ini menjadi kode identitas bagi seorang siswa di Indonesia.

Salah satu fungsi dari NISN ini adalah sebagai syarat untuk mengikuti ujian dan juga untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Sebagai kode pengenal identitas, NISN ini bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa baik di Indonesia dan di luar Indonesia.

Pengelolaan NISN secara nasional dilaksanakan oleh Pusat Data dan Statistik dan Kebudayaan (PDSPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan menjadi program dari Data Pokok Pendidik (Dapodik).

Pentingnya NISN
Daun.id

freepik

NISN adalah nomor yang dimiliki oleh siswa yang tetap berlaku seumur hidup dan berlaku secara nasional. Siswa tidak perlu berganti-ganti nomor identitas selama dia bersekolah untuk meneruskan pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Seseorang yang telah memiliki NISN artinya terjamin legalitasnya karena statusnya sebagai siswa diakui oleh Kemendikbud.

Selain itu NISN juga digunakan sebagai syarat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi hingga ke perguruan tinggi. NISN juga digunakan untuk melihat perkembangan siswa. NISN sebagai identitas bagi siswa dalam proses eksekusi pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan maupun program-program lainnya.

Tujuan dan Manfaat NISN
Dengan memiliki nomor NISN, ada beberapa benefit dan manfaat yang akan dirasakan oleh seorang siswa. Berikut ini adalah tujuan dan manfaat dari NISN:

- Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

- Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

- Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Cara Melihat NISN di Internet

Daun.id

istimewa

Setelah mengetahui apa itu NISN dan seberapa penting NISN bagi seorang siswa, selanjutnya adalah cara mengecek atau melihat NISN. Caranya sangat simpel dan mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Kunjungi situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

2. Masukkan Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan Nama Ibu;

3. Kemudian klik "Cari Data"

4. Nomor NISN dan data siswa akan ditampilkan.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya