Cara Mencari Luas Segitiga Siku-Siku, Ketahui Ciri-Cirinya

"Rumus sederhana mencari luas segitiga."

Tech | 09 November 2022, 13:10
Cara Mencari Luas Segitiga Siku-Siku, Ketahui Ciri-Cirinya

Segitiga merupakan suatu bangun datar yang memiliki jenis ragam. Salah satu jenisnya ialah segitiga siku-siku. Pengertian segitiga siku-siku adalah bangun datar segitiga yang salah satu sudutnya ialah 90°. Jika digambarkan, kedua sisi segitiga ini berbentuk lurus, sedangkan yang satunya miring.

Pada matematika rumus segitiga ini sangatlah beragam, mulai dari keliling, tinggi, hingga luas. Nah untuk pembahasan kali ini, kita akan berfokus pada cara mencari luas segitiga siku-siku. Cara mencari luas segitiga pada umumnya ialah ½ x alas x tinggi.

Sebelum masuk pada pembahasan rumusnya, mari kita kenali ciri-ciri segitiga siku-siku terlebih dahulu. Berikut ini ciri-ciri segitiga siku-siku:

- Memiliki satu sisi miring dan salah satu sudutnya ialah 90°.
- Memiliki dua sisi yang sama tegak lurusnya.
- Tidak memiliki simetri putar dan simetri lipat.

Jadi ketika ada segitiga yang sama persis dengan ciri-ciri di atas disebut dengan segitiga siku-siku. Guna pembahasan mencari luas, akan kami ulas secara detail di bawah ini.

Cara Mencari luas Segitiga Siku-Siku

Daun.id

sumber; pixabay.com

Rumus segitiga ini terbilang cukup sederhana karena hanya melibatkan pembagian dan perkalian saja. Jika kita sudah memahami beberapa pengertian di atas, marilah kita masuk pembahasan rumuus segitiga. Untuk mencari luas segitiga siku-siku, berikut ini rumusnya:

L = ½ x a x t

Keterangan:

L = Luas
a = Alas
t = Tinggi

Setelah kita memahami rumus-rumusnya, mari kita mengerjakan latihan soal. Agar memudahkan dalam memahami cara mencari luas segitiga. Simaklah latihan soal di bawah ini!

Contoh soal 1:

Diketahui sebuah segitiga siku-siku memiliki alas sepanjang 50 cm, sedangkan tingginya diketahui 30 cm. Tentukan luas segitiga di atas!

a = 50 cm
t = 30 cm
L = ?

Penyelesaian:

L = ½ x a x t
L = ½ x 50 x 30
L = ½ x 1500
L = 750 cm

Jadi luas segitiga siku-siku diketahui 750 cm.

Contoh soal 2:

Sebuah segitiga siku-siku memiliki panjang alas 9 cm, seddangkan tingginya diketahui 6 cm. Berapakah luas segitiga siku-siku di atas?

a = 9 cm
t = 6 cm
L = ?

Penyelesaian:

L = ½ x a x t
L = ½ x 9 x 6
L = ½ x 54
L = 27 cm

Demikianlah rumus sederhana dalam mencari luas segitiga siku-siku. Lakukan berulang-ulang dengan membuat contoh soal sendiri agar lebih mudah memahaminya. Selamat mencoba!

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya