Cara Mencari Standar Deviasi di Excel, Ketahui Rumus-Rumusnya

"Cara cepat mencari standar deviasi di excel."

Tech | 15 November 2022, 07:59
Cara Mencari Standar Deviasi di Excel, Ketahui Rumus-Rumusnya

Excel merupakan aplikasi pengolah data yang paling terkenal, di dalamnya banyak rumus-rumus yang dapat memudahkan kita saat mengolah data. Salah satu rumusnya ialah mencari standar deviasi. Standar deviasi termasuk rumus yang sering digunakan di dalam statistika. Standar deviasi merupakan suatu ukuran sebaran data dalam suatu disiplin ilmu statistika atau juga simpangan baku.

Secara istilah standar deviasi ialah suatu nilai yang digunakan dalam menentukan kedekatan sampel sebuah rata-rata pada data dalam statistik. Salah satu kegunaannya adalah untuk menganalisis suatu sampel yang dapat mewakili populasi dalam sebuah penelitian. Selain itu juga dapat berfungsi untuk menggambarkan kualitas data sampel.

Untuk mencari standar deviasi ini diperlukan memahami beberapa rumus tertentu. Misalnya nilai rata-rata dihitung dengan menjumlahkan setiap nilai yang terdapat pada setiap titik data. Dalam standar deviasi ini hasil pengolahan datanya dapat dikatakan varians. Untuk melakukan penghitungan standar deviasi perlu diketahui seluruh jumlah datanya terlebih dahulu. Ulasan lebih detailnya ikuti di bawah ini.

Cara Mencari Standar Deviasi di Excel

Daun.id

sumber; pixabay.com

Selain dapat dicari melalui rumus-rumus tertentu, kini untuk mencari standar deviasi dapat dilakukan secara otomatis. Untuk menggunakan langkah ini dapat dilakukan melalui excel. Berikut ini rumus mencari standar deviasi di excel:

1. Bukalah data excel yang akan dicari standar deviasi.

2. Ingat, untuk mencari standar deviasi otomatis dapat dilakukan menggunakan rumus "STDEV.S" yang terdapat pada excel.

3. Jika keseluruhan dara terdapat pada kolom B5 hingga B100. Maka langsung praktikkan rumus berikut "=STDEV.S(B2:B100)" pada bagian kolom yang kosong.

4. Kemudian langsung tekan "enter" pada keyboard laptop.

5. Selesai, secara otomatis standar deviasi akan dimunculkan pada kolom tersebut.

6. Ragam rumus lainnya untuk mencari standar deviasi di excel:

- STDEV = digunakan untuk mencari standar deviasi berupa data sampel namun dengan mengabaikan nilai logika atau teks.

- STDEVP = suatu rumus untuk mencari standar deviasi yang berupa data populasi.

- STDEVP = suatu rumus yang digunakan mencari standar deviasi dengan data populasi versi terbaru.

- STDEVA & STDEVP = suatu rumus yang digunakan mencari standar deviasi data sampel dengan memproses nilai logika atau teks juga.

Demikianlah langkah dalam mencari standar deviasi secara otomatis melalui excel. Tentu hal ini sangat mudah dilakukan, asalkan kita dapat mengetahui rumus-rumus yang terdapat pada excel.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya