Bacaan Sholat Dhuha 4 Rakaat, Berikut Tata Cara dan Doanya

"lebih detailnya simak di bawah ini"

Life | 20 December 2022, 07:15
Bacaan Sholat Dhuha 4 Rakaat, Berikut Tata Cara dan Doanya

Salah satu jalan mendapatkan rezeki tidak hanya dengan shodaqoh atau berbagi. Juga membaca Quran. Dan di antaranya ialah dengan mendirikan shalat dhuha. Yang tentu saja mungkin sudah tidak asing lagi. Dengan dilakukan pada pagi hari.

Shalat Dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu pagi atau waktu Dhuha, yakni ketika matahari sedang naik setinggi tombak atau naik sepenggalah. Jika diukur menggunakan jam, maka waktu sholat Dhuha berada pada pukul tujuh, delapan, sembilan, sampai sebelum masuk waktu shalat zhuhur.

Shalat Dhuha ini sedikitnya dikerjakan dua rakaat dan sebanyak-banyaknya dua belas rakaat dengan setiap dua rakaat satu salam. Di samping itu, dalam riwayat hadits Thabrani dari Abu Darda menyebutkan, orang yang mengerjakan sholat dhuha 4 rakaat masuk dalam kelompok orang-orang yang baik. Untuk itu, pengamalannya perlu diiringi dengan tata cara pelaksanaan yang benar agar mencapai kesempurnaan ibadah.
 
Tata cara pengerjaan sholat dhuha 4 rakaat sendiri tidak jauh berbeda dengan pengerjaan sholat lainnya. Hanya saja, perbedaannya terletak pada pengerjaan 1 salam pada tiap 2 rakaatnya.
 
Dengan kata lain, sholat dhuha 4 rakaat dilakukan dengan membagi 2 rakaat-2 rakaat yang diakhiri dengan 1 salam pada tiap 2 rakaat tersebut. Hal ini juga yang menyebabkan sholat dhuha dikerjakan dalam rakaat bilangan genap.
 
Mengutip buku The Ultimate Power of Shalat Dhuha karya Zezen Zainal Alim, Rasulullah SAW sendiri telah memberi contoh tata cara pengerjaan sholat dhuha dengan membaginya menjadi 2 rakaat-2 rakaat.

Cara mengerjakannya sama seperti mengerjakan sholat sunnah dua rakaat, hanya saja niatnya berbeda.
 
 Bacaan sholat dhuha 2 rakaat


Daun.id

sumber: pixabay

أصلي سنة الضحى ركعتين لله تعالى الله أكبر

 Ushallii sunnatadh dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar.

 Artinya: "Aku niat mengerjakan sholat sunah Dhuha dua rakaat karena Allah Ta'ala. Allah Mahabesar."
 
 Jumlah rakaat shalat dhuha minimal 2 rakaat hingga 12 rakaat. Pengerjaannya dilakukan dalam bentuk masing-masing 2 rakaat. Adapun tata cara pengerjaan salat duha adalah sebagai berikut:
 
 - Berdiri tegak menghadap kiblat
 - Melafalkan niat shalat dhuha
 - Mengucap takbir ketika takbiratul ihram sambil membaca niat di dalam hati
 - Membaca doa iftitah
 - Membaca surat Al-Fatihah Dilanjutkan membaca salah satu surat dalam Al-Qur'an
 - Rukuk
 - Iktidal
 - Sujud pertama
 - Duduk di antara dua sujud
 - Sujud kedua
 - Duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua
 - Bangkit dari duduk, lalu mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan seperti di rakaat pertama (tapi tanpa baca niat)
 - Setelah bangkit dari sujud kedua di rakaat kedua, duduk tasyahud, lalu salam
 

 Tentu saja hal ini dapat menjadi amalan bagi diri sendiri. Bagi yang hendak mengamalkan doa setelah shalat Dhuha dapat menyimak penjelasan dari hadis berikut ini tentang anjuran melakukan doa setelah shalat Dhuha, yakni:
Daun.id
sumber: pixabay

Doa Sesudah Shalat Dhuha


اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal 'ishmatta 'ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu'assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba'iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita 'ibaadakash shalihiin
.

Artinya: "Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

Keutamaan sholat Dhuha

Bagi yang ingin mengetahui keutamaan sholat Dhuha ialah berikut ini:

1. Sholat Dhuha dapat adalah waktu yang tepat dalam memohon ampuna
n

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan.” (HR. Tirmidzi)

2. Memiliki pahala seperti haji dan umrah


Dari Anas ra, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi, No 586)

3. Membuat seseorang tercukupi rezekinya


sumber: pexels

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (sholat dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” (HR Daud, Ahmad, Tirmidz)

4. Sholat Dhuha merupakan sedekah terbaik


"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat." (HR Muslim)

5. Ladang dalam memperoleh berbagai keutungan

Rasullulah SAW
bersabda yang artinya:

“Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!. Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).

Lalu Rasulullah saw bersabda; “Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuanpaling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah(keuntungan)nya dan cepat kembalinya?
 
Mereka menjawab: “Ya! Rasul berkata lagi: “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.”

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya