6 Obat Panas Dalam dan Radang Tenggorokan yang Ampuh Redakan Gejala

"Kamu dapat mengetahui obat panas dalam yang ampuh."

Life | 02 January 2023, 20:00
6 Obat Panas Dalam dan Radang Tenggorokan yang Ampuh Redakan Gejala

Radang tenggorokan adalah salah satu jenis gangguan yang terjadi di saluran pernapasan atas. Radang tenggorokan biasanya bukan keadaan serius dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa hari. Apabila dibutuhkan, dokter umumnya akan memberi rekomendasi obat radang tenggorokan. Adapun beberapa di antaranya mampu dijumpai dengan mudah di apotek tanpa perlu resep dari dokter.

Selain radang tenggorokan, panas dalam juga menjadi salah satu hal yang perlu dihindari oleh kita. Sebab panas dalam juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah jika kamu ingin mengatasi radang tenggorokan dan panas dalam dapat mencoba beberapa obat berikut ini, yakni:

1. Soda kue
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Obat panas dalam dan radang tenggorokan yang pertama adalah soda kue. Sehingga, kamu dapat menggunakan soda kue sebagai obat yang dapat mengatasi kedua penyakit itu. Larutan soda kue juga dapat menjadi obat panas yang ampuh dalam membunuh bakteri dan menekan pertumbuhan bakteri dan jamur.

The National Cancer Institute menyarankan berkumur dengan mengoleskan secara lembut kombinasi satu cangkir air hangat. Kamu juga dapat masukan 1/4 sendok teh soda kue, 1/8 sendok teh garam agar dapat dicampurkan dengan air hangat. Larutan ini dapat disarankan sebagai kumur-kumur setiap tiga jam sekali sesuai dengan kebutuhan.

2. Konsumsi sayur dan buah

Konsumsi sayur dan buah adalah salah obat untuk meredakan panas dalam dan radang tenggorokan selanjutnya. Jika kamu mengonsumsi sayur dan buah itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah jatuh sakit. Kamu dapat memilih buah dengan warna terang dan pekat. Umumnya warna yang seperti itu menandakan sayur dan buah tersebut mempunyai kandungan nutrisi terbaik. Misalnya: terong, brokoli, kangkung, wortel, dan sayur bayam.

3. Madu

Madu juga pernah dapat menjadi salah satu obat untuk mengatasi panas dalam dan radang tenggorokan. Kamu dapat mencampur teh, air putih atau meminumnya guna mengatasi tidak nyaman terhadap tenggorokan.

Manfaat madu juga dikenal pada jurnal berjudul, Effect of Honey, Dextromethorphan, and No Treatment on Nocturnal Cough and Sleep Quality for Coughing Children and Their Parents. Pada jurnal tersebut menjelaskan bahwa madu dapat lebih efektif dalam mengatasi batuk di malam hari apabila dibandingkan dengan obat batuk biasa.

4. Air garam

Air garam juga dikenal cukup baik dalam membunuh bakteri yang muncul di tenggorokan. Dalam membuatnya, kamu hanya cukup mencampurkan air hangat dengan setengah sendok teh garam.

5. Minum air putih
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Rasa panas yang terjadi pada tenggorokan memang membuatnya tidak nyaman. Cara sederhana yang mampu menjadi obat panas dalam dan radang tenggorokan ialah dengan minum air putih yang cukup.

6. Teh chamomile

Melansir Kids Health, teh chamomile mampu membantu mengatasi panas dalam dan radang tenggorokan. Chamomile merupakan jenis tumbuhan bunga aster yang umumnya disajikan dalam bentuk teh. Hal tersebut dapat terjadi sebab teh chamomile mempunyai sifat antiinflamasi, antioksidan, astringent yang bisa membantu melawan infeksi sehingga menimbulkan keadaan tersebut.

Teh chamomile mampu diperoleh dengan menyeduh bunga chamomile dengan air hangat agar sari-sarinya keluar. Usai sari bunga menyatu dengan air, kamu dapat minum larutan itu guna menyembuhkan panas dalam.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya