Obat Sakit Gigi Anak Berlubang, Aman untuk Dikonsumsi Sendiri di Rumah

"simak yuk"

Life | 06 January 2023, 07:36
Obat Sakit Gigi Anak Berlubang, Aman untuk Dikonsumsi Sendiri di Rumah

Sakit gigi yang dialami oleh orang-orang dewasa juga sama dengan yang dialami oleh anak-anak. Dan sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya, termasuk anak-anak yang dalam taha aktif-aktifnya berkegiatan. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita, yang dalam hal ini mereka yang masih berusia anak-anak. Oleh karenanya kebanyakan orang tua melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.

Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi patah, gusi bengkak, atau infeksi pada gigi atau gusi. Sering kali, sakit gigi dibarengi dengan gejala lain, seperti sakit kepala atau demam. Selain minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol, maka dari itu, orangtua biasanya akan mencari tahu apa saja obat sakit gigi anak yang bisa digunakan untuk meredakan gejala. Selain memperhatikan kandungan dan keefektivannya, ibu juga harus memperhatikan sisi keamanan dalam memilih obat sakit gigi untuk anak.

Sakit gigi pada anak sebenarnya umum dan bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari pembusukan gigi, penumpukan plak, gigi berlubang, gigi tumbuh, atau makanan yang terperangkap di antara gigi. Selain mengeluhkan gejala, sakit gigi pada anak juga bisa diketahui dengan cara mengecek apakah ada tanda perubahan warna gigi atau melihat gigi yang patah ataupun longgar.

Sakit Gigi Berlubang

Salah satu keluhan yang sering dialami anak-anak adalah sakit akibat gigi berlubang. Karena sering minum atau makan-makanan yang manis, juga terjadi akibat sisa makanan yang tertinggal di gigi mereka.

Setelah mengetahui keluhan sakit gigi yang dialami si anak, orang tua bisa mencoba menemukan perawatan dan obat apa saja yang dibutuhkan. Ada beberapa jenis obat dan perawatan yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada anak yang mudah ditemukan atau bisa dibeli di Apotek terdekat, yuk simak di bawah ini lebih lanjut:
Daun.id

pixabay

1. Paracetamol
Paracetamol biasa digunakan untuk obat penurun panas saat demam. Karena obat ini juga memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit, maka juga cocok digunakan sebagai pilihan obat sakit gigi anak.

Biasanya untuk usia 5 tahun ke bawah akan diberi yang berbentuk sirup.

Paracetamol termasuk obat yang tergolong ringan dan aman, banyak merek obat paracetamol seperti sanmol, mirasic, dan lain sebagainya.

Harga Paracetamol yang sirup, yang biasa diminumkan ke anak-anak, cukup terjangkau, yaitu Rp49.900.

2. Ibuprofen
Ibuprofen menjadi salah satu obat demam yang aman untuk anak, juga bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit dan menjadi obat sakit gigi anak. Obat ini memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mengatasi peradangan pada gusi bengkak.

Obat ibuprofen juga mudah dijangkau karena tersedia di apotek dalam bentuk tablet dan sirup, sehingga dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Ada banyak merek obat yang mengandung ibuprofen seperti Hufagripp, Tempra, Panadol, dan sebagainya. Obat ini dapat diminum setelah makan.

Rentang Harga: Rp3.000 – Rp 30.000 (10 tablet)

3. Cataflam Drops
Cataflam memiliki 2 jenis, yaitu berbentuk tablet untuk orang dewasa dan tetes atau drops yang bisa digunakan pada anak-anak. Obat ini banyak tersedia di apotek.

Zat aktif yang ada di dalam obat ini adalah kalium diklofenac 15 mg di setiap 1 ml nya.

Tapi, Cataflam Drops hanya boleh diberi pada anak yang berusia 6 tahun ke atas, dengan dosis 1 mg/kg BB 2 kali sehari.

Harga untuk Cataflam Drops 15 ml. berkisar antara Rp39.600 - Rp63.600  Per Botol.

4. Dentasol
Jika anak mengalami sakit gigi, obat ini juga bisa diberikan. Penggunaannya dengan cara dioles atau diteteskan pada bagian gigi atau gusi yang sakit karena Dentasol berbentuk gel atau cairan kental yang memiliki zat patirasa, antiseptik, dan sebagainya.

Obat ini tidak untuk diminum atau ditelan, karena harus dikeluarkan. Disarankan untuk memberikannya pada anak yang sudah mengerti cara membuang ludah dan mengerti jika diminta tidak menelannya.

Rentang Harga: Rp7.774 – Rp25.000 (10 mL)

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya