Obat Sakit Gigi Bengkak di Pipi dan Cara Mengatasinya, Dijamin Ampuh

"Berikut ini adalah daftar obat untuk untuk mengobati sakit gigi bengkak di pipi dan cara mengatasinya secara ampuh."

Life | 06 January 2023, 07:07
Obat Sakit Gigi Bengkak di Pipi dan Cara Mengatasinya, Dijamin Ampuh

Sakit gigi merupakan kondisi gigi ketika terasa nyeri dan berdenyut-denyut yang membuat rasa tidak nyaman. Pada kondisi tertentu, sakit gigi bahkan dapat menimbulkan kondisi bengkak pada pipi.

Sakit gigi bengkak di pipi ini merupakan salah satu gejala dari suatu kondisi yang disebut abses gigi. Abses gigi merupakan kondisi terjadinya penumpukan nanah di sekitar gigi dan gusi akibat infeksi bakteri. Jika tidak diobati, abses gigi dapat mengakibatkan gigi tanggal dan infeksi yang menyebar ke organ lain.

Ketika kamu mengalami kondisi ini, terdapat beberapa obat dan cara yang bisa kamu praktikan untuk mengatasinya. Pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan lengkapnya untuk kamu.

Obat Sakit Gigi Bengkak di Pipi

Beberapa obat ini dapat kamu temukan di apotek terdekat kamu. Berikut ini adalah daftar obat untuk mengatasi sakit gigi bengkak di pipi:

1. Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua
Daun.id

istimewa

Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua adalah salah satu obat sakit gigi berlubang produksi lokal. Merek obat sakit gigi yang satu ini mengandung creosote yang seringkali dikaitkan dengan pengobatan sakit gigi, seperti gusi bengkak.

Kandungan minyak cengkeh di dalam produk ini juga dapat membantu meringankan rasa nyeri yang seringkali timbul saat sakit gigi. Untuk menggunakan obat sakit gigi ini, kamu bisa langsung menuangkannya pada kapas lalu menempelkan pada area gigi yang sakit, atau dengan cara dikumur.

2. Dentova Pro Mouthwash
Mouthwash atau obat kumur juga bisa kamu gunakan menjadi obat ketika mengalami sakit gigi. Dentova Pro Mouthwash patut adalah pilihan sebagai merek obat kumur saat sakit gigi. Produk ini merupakan obat kumur antiseptik yang mampu mengurangi mikroorganisme jahat. Obat kumur Dentova Pro Mouthwash ini mengandung peppermint dan eucalyptus mint, serta bebas alkohol, sehingga aman untuk gigi Anda yang sedang sakit. Gunakan Dentova Pro Mouthwash sebanyak dua kali sehari dengan cara berkumur selama satu menit. Produk ini bisa kamu gunakan untuk mengurangi rasa nyeri gigi, seperti:

  • gigi sensitif dan berlubang,
  • mencegah pertumbuhan plak bakteri, serta
  • mencegah kerusakan jaringan penyangga gigi.


3. Ibuprofen
Daun.id

istimewa

Ibuprofen termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau NSAID. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop. Ibuprofen bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan dan nyeri yang disebabkan oleh peradangan pada tubuh. Oleh karenanya, ibuprofen merupakan jenis obat yang umum digunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Meski termasuk obat sakit gigi paling ampuh, ibuprofen tidak boleh diminum berlebihan dan dalam jangka panjang. Konsumsi jangka panjang dapat meningkatkan risiko iritasi atau tukak lambung, serta kerusakan pada ginjal dan hati. Ibuprofen juga tidak boleh diminum bersamaan dengan aspirin, kortikosteroid, pengencer darah, diuretik, dan ACE inhibitor.

4. Paracetamol
Paracetamol tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop. Berbeda dengan ibuprofen yang dapat mengurangi peradangan, paracetamol bekerja dengan cara mengurangi produksi prostaglandin di otak. Prostaglandin adalah senyawa kimia yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

Jika diminum dalam dosis besar dan jangka panjang, paracetamol dapat menyebabkan kerusakan hati. Karena efek sampingnya yang besar ini, hindari minum alkohol saat mengonsumsi obat sakit gigi yang satu ini.

5. Benzocaine
Benzocaine berperan sebagai anestesi lokal (obat mati rasa). Obat sakit gigi dengan kandungan benzocaine umumnya tersedia dalam bentuk gel, salep, atau semprot. Obat ini meredakan sakit gigi dengan cara memblokir sinyal saraf, sehingga nyeri di bagian yang dioleskan obat dapat berkurang.

Benzocaine tidak boleh digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada balita dan anak berusia kurang dari 2 tahun. Penggunaan berlebihan menyebabkan efek samping yang fatal, yang disebut methemoglobinemia, di mana jumlah oksigen di dalam darah berkurang. Selalu perhatikan dosis dan peringatan pada kemasan obat sebelum mengonsumsinya untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

6. Bufect Forte
Obat sediaan sirup ini juga memiliki kandungan ibuprofen yang terkenal efektif meredakan rasa sakit. Obat ini bisa dikonsumsi 3-4 kali sehari sesudah makan. Ibu hamil, menyusui, dan anak di bawah 1 tahun tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini.

7. Sumagesic
Sumagesic juga dapat kamu jadikan alternatif untuk mengobati sakit gigi. Obat pereda sakit gigi ini tersedia dalam bentuk tablet dengan kandungan bahan aktif paracetamol yang bermanfaat meredakan nyeri termasuk nyeri akibat sakit gigi yang sudah tidak tertahan. Aturan pakai obat sumagesic disesuaikan dengan usia. Untuk anak-anak cukup berikan 1/4-1/2 tablet sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Sedangkan untuk dewasa bisa konsumsi 1 tablet sebanyak 3-4 kali sehari.

8. Minosep Gargle Hijau
Daun.id

istimewa

Minosep Gargle Hijau merupakan obat kumur yang dapat digunakan untuk mencegah ginggivitis. Kandungan utama dalam obat kumur ini adalah chlorhexidine gluconate yang dapat membantu mengurangi radang dan pembengkakan gusi.

9. Hexadol Gargle
Hexadol Gargle adalah merupakan jenis obat yang berbeda dari Minosep Gargle, kandungan utama dari obat kumur ini adalah hexetidine. Hexetidine sendiri adalah bahan antibakteri dan antifungal.

Jika dibandingkan dengan chlorhexidine, chlorhexidine memiliki efek antibakteri dan antifungal yang lebih efektif. Akan tetapi, jika Anda mengincar obat gusi bengkak disertai nyeri yang lebih murah, Hexadol dengan kandungan hexetidine bisa menjadi solusinya.


Cara Mengatasi Sakit Gigi Bengkak di Pipi 

Berikut ini adalah beberapa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gigi bengkak di pipi secara alami.

1. Air garam
Mengtasi masalah gigi ngilu dengan garam sudah menjadi cara yang umum, dan sudah digunakan sejak zaman dulu. Garam ini memiliki sifat antiseptik yang bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan peradangan dan sensasi ngilu.

Caranya, Anda cukup melarutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

2. Air madu
Daun.id

pexels.com

Selain garam, madu juga bersifat antiseptik dan antibakteri, yang berguna sebagai obat alami untuk mengatasi gigi ngilu terus menerus. Larutkan satu sendok madu dalam segelas air hangat dan aduk rata. Gunakan air madu tersebut sebagai obat kumur selama 30 detik. Kemudian bilas dengan air putih.

3. Kunyit
Kandungan curcumin pada kunyit, secara efektif berguna untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangannya. Anda dapat menghaluskan kunyit setengah ruas dan letakan pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit.

4. Daun jambu
Daun.id

unplash.com

Daun jambu kaya akan zat antioksidan flavonoid yang salah satu manfaatnya adalah efektif untuk meredakan gigi ngilu terus menerus. Sifat antiradang dan antimikroba pada daun jambu efektif untuk membantu penyembuhan sakit gigi.

Anda dapat mengunyah daun jambu segar yang sudah dicuci bersih dan oleskan pada bagian gigi yang terasa ngilu.

5. Bawang putih
Bawang putih untuk mengobati berbagai masalah gigi dan mulut ternyata sudah dikenal sejak lama. Senyawa allicin dalam bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antimikroba. Kombinasi keduanya dapat membantu melawan kuman penyebab sakit gigi sekaligus meredakan rasa nyerinya.

Cara mengobati gigi ngilu dengan bawang putih adalah dengan mengunyahnya di sisi mulut yang nyut-nyutan. Bila Anda tidak bisa mengunyah bawang putih, Anda bisa mengirisnya tipis-tipis dan letakkan di bagian gigi yang sakit.

6. Selalu jaga kebersihan gigi
Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menggosok gigi secara rutin 2 kali sehari. Gunakan pasta gigi sensitif untuk melindungi lapisan dentin yang terbuka, sehingga mengurangi rasa nyeri dan ngilu pada gigi.

7. Kompres es batu
Es batu dapat mengurangi rasa nyeri saat sakit gigi berlangsung. Cara adalah dengan memasukkan es batu pada kain atau handuk, kemudian tempelkan pipi atau bagian sakit gigi. Lakukan pengompresan selama 15 sampai 20 menit.

8. Menggunakan teh peppermint
Daun.id

istimewa

Senyawa mentol yang ada dalam peppermint berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan alami. Mentol akan memberikan efek dingin dan sejuk, sehingga dapat mengurangi rasa sakit gigi.  Caranya bisa menggunakan kantong teh peppermint yang sudah dimasukkan ke dalam freezer.

9. Memanfaatkan minyak cengkeh
Cengkeh dimanfaatkan dalam bentuk minyak. Kandungan eugenol yang ada di dalam minyak rempah ini bisa berperan sebagai antiseptik, sehingga bisa meminimalisir risiko peradangan yang ada di area mulut karena sakit gigi.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya