8 Obat Penghilang Rasa Sakit Gigi yang Ampuh di Apotek

"Hilangkan rasa sakit gigi memakai obat yang efektif."

Life | 09 January 2023, 13:40
8 Obat Penghilang Rasa Sakit Gigi yang Ampuh di Apotek

Rasa sakit gigi tentu menjadi salah satu hal yang mengganggu bagi banyak orang. Sakit gigi yang menyerang menjadi hal yang tidak enak ketika makan dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Maka kamu perlu mengetahui cara mengatasi rasa sakit gigi yang ampuh agar tidak membuat aktivitas terganggu.

The National Institute of Dental and Craniofacial Research menjelaskan, sekitar 42% anak-anak usia 2 - 11 tahun mempunyai karies gigi yang mampu berpengaruh terhadap gigi primer. Dengan demikian, kamu perlu menghindari atau mengurangi makanan atau hal-hal lainnya yang mampu menimbulkan terjadinya sakit gigi.

Penyebab sakit gigi

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan sakit gigi, yakni:

- Abses gigi
- Enamel Retak
- Penyakit Gusi
- Kerusakan gigi
- Makanan yang Tertinggal

Adapun beberapa obat penghilang sakit gigi yang ampuh di Apotek yang dapat kamu gunakan, yakni:

1. Cooling 5 Plus
Daun.id

Sumber: Istimewa

Cooling 5 Plus merupakan salah satu obat penghilang sakit gigi. Selain itu, obat ini juga dapat dipakai untuk meredakanmenjadi alternatif praktis untuk meredakan sakit gigi, sakit karena pertumbuhan gigi, radang gusi, dan seriawan. Obat sakit gigi tersebut memiliki kandungan benzocaine dan phenol yang efektif dalam mengatasi nyeri. Tidak hanya itu, pemakaiannya hanya perlu dengan menyemprotkannya di daerah yang sakit.

Harga: Rp. 45.332 per botol.

2. Obat Kumur Betadine
 
Obat Kumur Betadine
menjadi obat kumur selanjutnya yang dapat digunakan dalam mengatasi rasa sakit gigi. Tidak hanya dipercaya guna mengatasi luka, namun Betadine juga mempunyai produk obat kumur terbaik. Kandungan Povidone Iodine mengakibatkan obat kumur yang satu ini bisa mengatasi berbagai masalah penyakit mulut.

Kandungan Povidone Iodine merupakan sejenis obat yang dipakai guna melenyapkan bakteri dan kuman penyakit di berbagai daerah mulut khususnya mulut. Dengan pemakaian obat kumur ini dipercaya kamu bisa terhindar dari masalah mulut.

Efek samping: Reaksi hipersensitif, syok, hipotensi, detak jantung semakin cepat, demam, asidosis metabolik, sakit perut, mual dan muntah sampai kerusakan ginjal.

Harga: Rp. 27.500 - Rp. 45.500

3. Ibuprofen

Ibuprofen juga disebut sebagai obat penghilang sakit gigi yang paling ampuh. Ibuprofen adalah jenis obat yang dapat meredakan rasa sakit dan mengatasi inflamasi atau peradangan. Pada kondisi ini, ibuprofen bisa menghambat enzim yang memproduksi senyawa Prostaglandin di mana ini menimbulkan peradangan dan rasa sakit. Ibuprofen juga mampu menjadi obat sakit gusi terlebih saat bengkak.

Ibuprofen tidak dapat langsung dikonsumsi ketika kondisi perut kosong sebab bisa melukai lambung. Kamu juga dapat mengingat, senantiasa konsumsi obat tersebut dengan dosis dan saran dari dokter.

Efek samping: Perut kembung, mual dan muntah, pusing, diare, maag, sampai sakit kepala.

Harga: Rp. 362 per tablet.

4. Dentova Pro Mouthwash

Obat selanjutnya ialah Dentova Pro Mouthwash dengan kandungan antiseptik yang mampu menghilangkan mikroorganisme jahat. Adapun kandungannya seperti allantoin, peppermint, chlorhexidine digluconate 0,2%, dan eucalyptus mint.

Obat ini dapat mengurangi masalah gigi sensitif dan berlubang, mengatasi pertumbuhan plak bakteri, serta mengurangi kerusakan jaringan penyangga gigi. Pakai Dentova Pro Mouthwash kurang lebih sebanyak dua kali sehari, caranya dengan berkumur selama satu menit.

Efek samping: Hipersensitif, peradangan pada mulut sampai mulut kering.

Harga: Rp. 24.925 per botol.

5. Cataflam
Daun.id

Sumber: Istimewa

Cataflam juga termasuk obat penghilang sakit gigi paling efektif yang mampu dibeli di apotek. Obat anti-inflamasi nonsteroid tersebut memiliki kandung diclofenac potassium. Kandungan itu bermanfaat dalam menghambat enzim yang mencegah munculnya rasa nyeri di daerah yang rusak. Hal tersebut seperti gusi bengkak, gigi berlubang, dan lainnya.

Harga: Rp. 9.957 per tablet.

6. Obat sakit gigi Cap Burung Kakak Tua

Tidak hanya obat yang dibuat dari bahan kimia, terdapat juga obat penghilang sakit gigi yang ampuh dari bahan herbal. Obat sakit gigi Cap Burung Kakak Tua ini memiliki kandung senyawa gliserin, creosote, ethanol, dan oleum caryophylli.

Kandungan itu bermanfaat dalam mengatasi sakit gigi, gusi bengkak, dan membersihkan gigi dari kuman yang menempel. Dalam memakai obat sakit gigi dapat langsung ditempelkan dengan kapas atau dengan cara dikumur.

Efek samping: Mampu menimbulkan sensasi tidak nyaman dan rasa panas pada mulut jika melebihi dosis yang disarankan.

Harga: Rp. 14.925 per botol.

7. Ponstan

Ponstan biasanya dipakai dalam mengobati rasa sakit mulai dari sakit gigi hingga cedera otot bahkan sakit usai melahirkan. Kandungan asam mefenamat pada ponstan bisa menimbulkan obat ini bekerja mengobati sakit dan peradangan yang terjadi. Akan tetapi, kamu perlu tahu bahwa obat ini tidak dapat sepenuhnya mengatasi rasa sakit.

Efek samping: Reaksi hipersensitif, konstipasi, pusing, nyeri perut, diare, mual, sampai muntah.

Harga: Rp. 3.628 per tablet.

8. Dentasol

Tidak hanya ponstan dan ibuprofen, dentasol juga bisa digunakan sebagai alternatif menghilangkan rasa sakit gigi. Obat sakit gigi ini memiliki dua bentuk, yakni kaplet dan obat tetes.

Pada obat ini ada zat anestesi topikal dengan antiseptik yang bisa diaplikasikan secara langsung di gigi yang sakit. Kandungan zat itu dapat menghilangkan rasa nyeri karena sakit gigi dan dapat mengobati infeksi jamur dan bakteri.

Efek samping: Sensasi terbakar dan menyengat, dermatitis kontak, gatal biduran, ruam, sampai nyeri tekan.

Harga: Rp. 14.925 per botol.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya