Harley Davidson: Dari Motor Gahar ke Sepeda Elektrik yang Keren! Temukan 5 Fakta Seru di Balik Perubahan Ini!

"Harley Davidson, motor yang dianggap simbol kesuksesan oleh pecinta motor gede. Naikin level sosial dengan gaya karena dianggap motor mewah dan bergengsi. #HarleyDavidson #motorbesar #kesuksesan"

Life | 13 January 2024, 00:22
Harley Davidson: Dari Motor Gahar ke Sepeda Elektrik yang Keren! Temukan 5 Fakta Seru di Balik Perubahan Ini!

Suara knalpot yang menggelegar adalah ciri khas dari motor gede yang satu ini. Harley Davidson, dianggap sebagai simbol kesuksesan bagi para pecinta motor besar. Mengendarainya memberikan status sosial yang tinggi karena dianggap sebagai motor mewah dan bergengsi.

Sejak pertama kali dibuat, Harley Davidson telah mengalami banyak perubahan besar. Inovasi dan kualitas mesin yang konsisten membuat perusahaan ini menjadi salah satu yang terbesar di industri motor dunia.

Ada banyak sejarah unik yang terkait dengan merek ini. Bahkan saat ini, perusahaan sedang mengembangkan sepeda elektrik yang akan diluncurkan pada tahun 2020 mendatang.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Harley Davidson:

1. Dibangun dari Bengkel Papan Kayu

Mahakarya bernama Harley Davidson bermula dari kota Milwaukee, Amerika Serikat pada tahun 1903. Pada saat itu, Bill Harley dan Arthur Walter Davidson sedang mengembangkan sepeda motor dengan satu silinder. Pada tahun 1905, motor hasil karya mereka dibeli oleh seseorang yang menyukainya. Pada tahun 1908, Bill dan Arthur berhasil menjual sekitar 154 motor. Karena semakin banyak peminat, mereka akhirnya memiliki sebuah pabrik yang hanya terbuat dari papan kayu. Pabrik ini dimiliki oleh ayah Arthur. Dalam perkembangannya, William, yang juga keluarga dari Arthur Davidson, bergabung dengan mereka. Pada tahun 1909, Bill menciptakan proyek bernama V-Twin 1000cc. Mesin ini menjadi awal dari mesin V-Twin 45 derajat yang digunakan oleh Harley saat ini. Pada tahun 1912, Harley Davidson mulai berkembang pesat. Pada tahun itu saja, sudah ada 200 dealer di Amerika dan motor Harley mulai diekspor ke Jepang.

2. Motor Perang Dunia

Selama Perang Dunia I dan II, Harley Davidson memberikan kontribusi bagi Amerika Serikat. Kontribusi pertamanya adalah motor dengan senapan mesin untuk tentara AS. Motor ini digunakan dalam pertempuran melawan revolusioner Pancho Villa dari Meksiko di perbatasan AS-Meksiko. Mereka menyebutnya dengan Harley-Davidson J dan JD series. Selama Perang Dunia I, Harley-Davidson juga meningkatkan produksi motor perangnya. Bahkan sepertiga dari motor yang diproduksi oleh HD pada tahun 1917 hingga 1918 digunakan oleh militer Amerika Serikat. Selama Perang Dunia II, HD memproduksi lebih dari 90.000 seri WLA. Produksi ini merupakan tugas dari pemerintah Amerika Serikat karena kekurangan motor militer saat itu. Untuk menjawab panggilan tugas ini, Harley menciptakan WLA, motor yang diperkenalkan pada tahun 1940 ini dibangun dari model WL yang populer.

3. Masuk Indonesia Tahun 1920

Motor Harley-Davidson mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1920. Pada saat itu, Harley-Davidson yang masuk ke Indonesia adalah jenis Harley-Davidson WLA Army yang dibawa oleh Belanda. Awalnya, hanya kepala kebun orang Belanda yang boleh mengendarai motor ini. Saat Perang Dunia II, Jepang merebut motor ini dari Belanda. Setelah Jepang menyerah kepada sekutu, motor Harley-Davidson digunakan sebagai kendaraan operasional oleh militer Indonesia. Populasinya mulai meningkat pada tahun 1950-an. Pada tahun 1965, Harley-Davidson jenis WLA ini ditetapkan sebagai kendaraan operasional untuk POMAL, PATWAL, dan PM.

4. Harley Termahal Seharga Rp 488 Miliar

Harley dengan sebutan Harley Jutaan Dolar diklaim sebagai Harley termahal sepanjang sejarah. Motor ini dimiliki oleh seniman Jack Armstrong dan menggunakan basis V-Rod tahun 2002 yang telah dilukis dengan gaya Cosmic Extensionalism. Cosmic Starship telah ditawarkan kembali ke pasar dengan harga antara US$ 15 juta hingga US$ 30 juta. Sebelumnya, motor ini telah terjual seharga US$ 3 juta, menjadikannya motor kelima termahal di dunia.

5. Harley Davidson Produksi Sepeda Elektrik

Harley-Davidson telah mengembangkan sepeda elektrik selama lebih dari dua tahun. Merek sepeda listrik mereka dikenal sebagai Serial 1 Cycle Company, yang merupakan penghormatan kepada sepeda motor pertama yang dibuat oleh Harley-Davidson pada tahun 1903. Serial 1 akan meluncurkan model sepeda listrik pertamanya pada Maret 2021.

Dengan sejarah yang kaya dan inovasi terus-menerus, Harley Davidson tetap menjadi merek motor yang ikonik dan dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 15 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya