7 Cara Mengatasi Sinusitis, Kenali Jenisnya

"Sinus merupakan rongga kecil yang terdapat pada belakang tulang wajah, sinus dapat mengalami peradangan dan menimbulkan rasa nyeri."

Life | 25 January 2022, 04:44
7 Cara Mengatasi Sinusitis, Kenali Jenisnya

Dalam istilah medis gangguan pada sinus disebut dengan sinusitis. Sinusitis pada umumnya ditandai dengan gejala hidung tersumbat, dan pilek serta sembuh dalam waktu yang lama. Sinusitis juga dapat terjadi pada siapa saja.

Orang yang memiliki riwayat alergi dan sistem kekebalan tubuh yang lemah, biasanya lebih rentan mengalami sinusitis. Hal ini juga dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.

Sinus memiliki fungsi memproduksi lendir guna menjaga kelembapan saluran hidung, dan mencegah masuknya kotoran. Sedangkan sinusitis merupakan kondisi jaringan sinus sedang mengalami pembengkakan dan peradangan.

Kondisi pada umumnya dapat menimbulkan rasa nyeri karena adanya tekanan pada rongga sinus. Ketika sedang terjadi peradangan, selaput lendir rongga sinus dapat membengkak dan menyebabkan cairan di dalam sinus tidak bisa keluar dan menumpuk menekan rongga sinus.

Macam-macam jenis sinusitis

Menurut gejalanya sinusitis dapat terjadi dengan berbagai variasi, hal ini dilihat sesuai dengan waktu terjadinya sinusitis. Sinusitis dapat terbagi menjadi dua variasi, sebagai berikut :

Daun.id

sumber; pexels

- Sinusitis akut

Jika sedang mengalami sinusitis akut, sebaiknya langsung periksakan ke dokter, meski pada umumnya bisa sembuh. Sinusitis akut dapat terjadi selama 4 hingga 12 minggu, dengan beragam gejalanya. Beberapa gejala sinusitis, di antaranya: nyeri hingga di wajah, indera penciuman menurun, hidung tersumbat, keluar lendir berwarna hijau.

- Sinusitis kronis

Jenis sinusitis ini merupakan jenis yang berat, dan dapat terjadi lebih dari 12 minggu. Kondisi ini dapat terjadi lantaran disebabkan oleh penyakit atau infeksi. Sebaiknya lakukan pengecekan ke dokter untuk mendapat resep penyembuhan. Sinusitis kronis dapat menimbulkan gejala sebagai berikut; sakit gigi, kelelahan, bau mulut tak sedap, demam, bengkak, wajah terasa nyeri, dan lain-lain.

Itulah beragam jenis sinusitis yang dapat terjadi dengan beberapa penyebab serta gejalanya. Beberapa informasi di atas dapat dijadikan suatu pemahaman sehingga dapat mengenali sinusitis.

Mengenal gejala sinusitis

Sinusitis yang terjadi dapat menimbulkan beberapa gejala, gejalanya yang ditimbulkannya juga beragam. Hal ini sesuai dengan jenis sinusitis, yaitu gejala sinusitis akut dan kronis.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini gejala sinusitis akut :

- Keluarnya cairan kental kuning kehijauan dari hidung atau dari dalam belakang tenggorokan.

- Tidak pada hidung saja, kondisi ini juga dapat menimbulkan tekanan pada telinga.

- Batuk berdahak yang cukup mengganggu penderitanya.

- Kepala juga dapat terasa sakit, akibat sinusitis.

- Hidung terasa mampet dan dapat menyebabkan penderitanya susah bernapas.

- Nyeri pada wajah yang sangat mengganggu, terutama pada saat menunduk.

- Penderitanya dapat mengalami kelelahan.

- Demam juga menjadi gejala sinusitis.

- Bau napas terasa sangat kurang sedap.

Demikian beberapa gejala yang terjadi pada sinusitis akut.

Sedangkan, berikut ini gejala sinusitis kronis yang dapat terjadi :

Daun.id

sumber; pexels

- Hidung dapat terasa mampet bagi penderita sinusitis akut.

- Mengalami gejala kesulitan menghirup udara.

- Gigi dan rahang atas dapat terasa nyeri.

- Tenggorokan dapat terasa sangat nyeri.

- Penderita dapat mengalami kelelahan.

- Sensasi mual juga menjadi gejala sinusitis kronis.

- Bau mulut dan napas terasa tak sedap.

- Nyeri pada bagian telinga.

- Batuk juga dapat dialami penderita sinusitis kronis.

- Wajah dapat terasa sangat nyeri.

- Hidung dan belakang tenggorokan dapat mengeluarkan cairan kental yang berwarna kuning kehijauan.

Demikian beberapa gejala yang dapat timbul ketika seseorang sedang mengalami sinusitis kronis.

Mengenal penyebab sinusitis

Sinusitis yang terjadi juga dapat dikarenakan berbagai penyebab, salah satunya orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah memiliki risiko yang besar terkena sinusitis. Berikut ini penyebab sinusitis :

- Rhitnis alergi, terjadinya iritasi atau peradangan pada selaput hidung.

- Terjadinya pergeseran rongga hidung, atau terjadi kelainan pada kedua rongga hidung.

- Tumbuhnya polip pada hidung dapat menyebabkan sinusitis.

- Pilek bisa juga dapat menjadi pemicu terjadinya sinusitis.

Itulah beberapa kondisi yang menjadi pemicu terjadinya sinusitis. Kenali beberapa penyebabnya, sehingga dapat memudahkan untuk mengatasi sinusitis yang terjadi.

Cara mengatasi sinusitis

Sinusitis yang terjadi tentunya dapat diatasi dengan beberapa cara. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinusitis yang terjadi. Bahkan sinusitis juga dapat dilakukan dengan cara yang mandiri di rumah.

Berikut ini cara mengatasi sinusitis :

1. Membilas hidung

Daun.id

sumber; pexels

Lendir dan kotoran yang terdapat pada hidung dapat menyebabkan iritasi hingga peradangan pada sinus. Cara mengatasi sinusitis dapat dilakukan dengan irigasi nasal, yaitu memasukkan air ke rongga hidung setelah itu di keluarkan lagi.

2. Menghirup uap hangat

Cara ini merupakan cara sederhana, menghirup uap hangat dapat meredakan sinusitis. Akan tetapi jangan melakukan penghirupan pada air yang masih dimasak secara langsung di atas kompor. Gunakanlah baskom yang berisi air hangat dan hirup uapnya, sehingga dapat mengatasi sinusitis. sinusitis.

3. Hindari asap rokok

Daun.id

sumber; pexels

Asap rokok dapat menyebabkan beberapa hal yang negatif bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, asap rokok mengandung zat yang dapat menyebabkan sinusitis bagi pengisapnya. Hindari asap rokok dapat mengatasi sinusitis.

4. Membuka jendela atau ventilasi rumah

Rumah yang terlalu rapat dapat menyebabkan udara tidak bisa berganti dan menjadi pengap, sehingga udara terasa kurang segar. Kondisi ini dapat memperburuk penderita sinusitis. Maka membuka ventilasi dan jendela rumah dapat mengatasi sinusitis.

5. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Mengonsumsi makanan yang bergizi juga dapat mengatasi sinusitis, seperti halnya mengonsumsi sup yang masih hangat. Protein dan uap hangat sup dapat mengatasi sinusitis, selain itu juga dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan bergizi lainnya.

6. Gunakan humidifier

Daun.id

sumber; pexels

Udara yang pengap dapat menjadi salah satu penyebab atau memperparah sinusitis. Hal ini karena menghirup udara pengap dapat menyebabkan iritasi atau peradangan. Gunakan humidifier sebagai pelembab ruangan dapat mengatasi sinusitis.

7. Meningkatkan minum air putih

Memperbanyak minum air putih atau dengan meminum beberapa jenis minuman yang bernutrisi juga dapat mengatasi sinusitis. Air putih dapat digunakan sebagai cairan yang membantu untuk mengencerkan cairan pada sinus, sehingga memudahkan untuk dikeluarkan.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sinusitis. Lakukan beberapa cara di atas, sehingga dapat mengatasi sinusitis. Jika masih kesulitan untuk mengatasi, sebaiknya meminta bantuan dokter untuk mengatasi sinusitis.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 21 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya