15  Cara Mengatasi Perut Mual yang Cepat dan Aman, Ketahui Penyebabnya

"Perut mual merupakan akibat dari gangguan kesehatan pada organ pencernaan"

Life | 25 January 2022, 12:50
15  Cara Mengatasi Perut Mual yang Cepat dan Aman, Ketahui Penyebabnya

Mual umumnya disebabkan karena beberapa hal yang umum dan mendasar, seperti mabuk darat dan laut, minum saat perut kosong atau mengonsumsi alkohol terlalu banyak.

Saat perut mual, Anda pasti merasakan sesuatu yang tidak enak pada perut. Kondisi ini sebenarnya adalah mekanisme pertahanan diri ketika terjadi hal-hal yang tidak tepat pada perut. Itulah yang menyebabkan orang mengalami muntah saat perut mual.

Perut mual ini muncul disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari sebab-sebab yang umum seperti mabuk laut atau gejala awal kehamilan hingga sebab yang berat seperti infeksi saluran pencernaan, maag hingga radang usus buntu.

Rasa tidak nyaman akibat mual dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Berikut adalah kondisi-kondisi penyebab mual, antara lain:

- Mabuk laut atau perjalanan jauh.
- Sindrom dispepsia (sakit maag).
- Gejala awal kehamilan.
- Penggunaan obat-obatan tertentu dan menyebabkan mual sebagai efek samping.
- Sedang merasa gugup atau stres.
- Penyakit kantung empedu atau saluran empedu.
- Keracunan makanan atau minuman.
- Infeksi saluran cerna.
- Gastroparesis, umumnya terjadi pada pengidap diabetes.
- Mengalami radang usus buntu.
- Konsumsi alkohol yang terlalu banyak.
- Mencium aroma yang tidak sedap atau menyengat.
- Terlalu banyak makan (kekenyangan)
- Gejala gastritis
- Penyakit sistemik lainnya.

Saat perut mual, Anda akan merasakan beberapa gejala, seperti menurunya nafsu makan, kepala pusing, badan lemas dan perut kembung.

Ada beberapa cara untuk mengatasi perut mual. Namun cara-cara yang digunakan perlu disesuaikan dengan gejala yang muncul, hal ini agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya:

- Mabuk perjalanan harus Anda ditangani dengan obat antihistamin jenis H1.
- Sindrom dispepsia dapat ditangani dengan antasida, antihistamin H2 serta obat-obatan jenis  proton pump inhibitor.

Berikut ini adalah cara mengatasi perut mual yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, sebelum melakukan pemeriksaan lebih lanjut di dokter ahli.

Cara-cara mengatasi perut mual antara lain:

1. Duduk Tegak dan Hindari Berbaring saat Kambuh
Berbaring setelah makan bisa memicu asam lambung naik yang jadi penyebab mual, terutama kalau penyakit asam lambung.

Posisi berbaring akan menekan perut yang dapat memperburuk rasa mual yang dialami. Untuk itu, saat mual disarankan berada dalam posisi duduk tegak, hal itu dapat membantu perut atau pencernaan lebih nyaman dan menghilangkan mual.

2. Mengatur Napas dan Kurangi Banyak Bergerak
Saat mengalami mual, coba ambil waktu sejenak untuk mengatur pernapasan. Menurut penelitian, mengatur napas dengan kecepatan lambat dan stabil terbukti membantu meredakan mual.

Selain itu, saat mengalami mual Anda disarankan untuk tidak terlalu banyak beraktifitas.

3. Hirup Udara Segar
Cara mengatasi mual dapat dilakukan dengan cara membuka jendela untuk mendapatkan angin segar. Seperti saat mengalami mual perjalanan, Anda dapat menghirup udara segar untuk merelaksasi perut Anda.

4. Jahe

Daun.id

pixabay.com

Berdasarkan pada jurnal yang diterbitkan dalam PubMed Central, jahe merupakan bahan alami yang sudah lama digunakan untuk mengatasi mual ataupun muntah.

Jahe diyakini aman dan efektif meredakan mual yang dialami. Cara mengonsumsi jahe untuk obat mual, dapat di makan langsung dengan potongan kecil atau meminum air rebusan atau teh jahe.

5. Minum Teh Chamomile
Teh chamomile adalah bahan herbal alami yang efektif untuk mengatasi rasa mual. Teh ini memiliki kandungan sedatif di dalamnya akan membantu tubuh untuk lebih rileks saat mual menyerang.

6. Minum Air Lemon

Daun.id

pexels.com

Lemon juga merupakan pilihan sebagai cara untuk mengatasi mual dengan mudah. Lemon mengandung asam sitrat, yaitu senyawa alami yang membantu untuk menenangkan perut.

Selain itu, dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa menghirup minyak esensial lemon bisa meredakan mual ibu hamil.

7. Konsumsi Makanan Hambar
Saat mengalami mual, hindari untuk mengonsumsi makanan pedas, minuman bersoda dan jus, hal ini karena makanan dan minuman tersebut dapat memperparah rasa mual.

Anda dapat mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan pilih makanan dengan rasa cenderung hambar atau tidak berasa, dapat mengurangi frekuensi mual. Contohnya, sup, pisang, roti, daging ayam hambar dan lain sebagainya.

8. Tetap Terhidrasi
Saat mengalami mual, Anda akan kehilangan nafsu makan dan minum, namun Anda disarankan agar tetap menjaga tubuh Anda agar tidak kekurangan cairan.

Air putih menjadi penting untuk dikonsumsi saat mual, Anda dapat mengonsumsi air putih 8-12 gelas per hari untuk menjaga cairan dalam tubuh. Selain air putih, minuman seperti teh dan infused water buah-buahan juga bisa menjadi sumber hidrasi saat mual.

9. Praktikkan Akupresur
Akupresur atau praktek pengobatan dengan menekan titik-titik tertentu pada tubuh dapat disebut dengan meridian. Dengan menekan titik meridian, dipercaya dapat merangsang tubuh untuk mengaktifkan mekanisme penyembuhan diri dan mengurangi sakit yang dirasakan.

10. Kompres Dingin
Saat mengalami demam biasanya tubuh akan mengalami mual, jika hal ini terjadi Anda dapat melakukan kompres dingin untuk menenangkan mual yang dirasakan.

Untuk membantu menurunkan suhu tubuh saat mual, Anda dapat melakukan kompres bagian belakang leher selama beberapa menit.

11. Alihkan Perhatian
Saat mengalami mual, Anda tidak perlu terlalu memimikirkan mual yang Anda alami. Anda dapat mengalihkan perhatian ketika mengalami mual pada perut. Seperti bermain HP ataupun tidur.

12. Gunakan Aromaterapi
Salah satu yang paling direkomendasikan saat mengalami mual adalah dengan menghirup bau-bauan yang menyengat, seperti aroma papermint dan minyak kayu putih.

13. Antihistamin

Daun.id

pixabay.com

Dimenhydrinate adalah golongan antihistamin generasi pertama. Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi dan kerja histamin yang diproduksi tubuh, sehingga mencegah stimulasi saraf di otak dan telinga bagian dalam yang bisa menyebabkan mual, muntah, dan pusing.

14. Vitamin B6

Daun.id

pixabay.com

Vitamin B6 merupakan cara efektif untuk mengatasi mual, khusus pada mual yang dialami oleh ibu hamil atau mornis sickness.

Cara-cara di atas adalah rekomendasi pertama untuk mengatasi mual. Jika mual yang dialami tidak kunjung sembuh dalam beberapa waktu, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan pada dokter terdekat di rumah Anda atau pergi ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

15. Obat antiemetik
Obat antiemetik merupakan kelompok obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan mual, umumnya obat ini digunakan pasca operasi. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya